Home / Hortikultura

Minggu, 6 Agustus 2023 - 18:58 WIB

Cara Menanam Kangkung Darat Sebagai Usaha Sampingan

Kangkung darat (Source/Dokumentasi Pribadi)

Kangkung darat (Source/Dokumentasi Pribadi)

Kangkung, sayuran hijau yang sering menghiasi hidangan kita, memiliki banyak manfaat dan potensi dalam budidaya. Di tengah kesibukan kita dalam menghadapi tantangan sehari-hari, budidaya kangkung darat bisa menjadi pilihan yang cerdas untuk menjaga kesehatan dan mendapatkan keuntungan dari hasil panen sendiri. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi manfaat dan langkah-langkah cara menanam kangkung darat secara mendalam.

Manfaat Kangkung Darat

Selain kelezatannya yang telah dikenal luas, kangkung memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa. Kangkung dipercaya memiliki sifat antiracun yang bisa membantu dalam mengobati berbagai gangguan kesehatan. Kandungan fitonutrien, vitamin, dan mineral dalam kangkung membuatnya menjadi pilihan makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi. Selain itu, kangkung juga memiliki sifat penenang (sedatif) dan mampu membawa zat-zat berkhasiat ke dalam saluran pencernaan, membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan kita.

Cara Menanam Kangkung Darat

Budidaya kangkung darat dapat menjadi kegiatan yang menarik dan bermanfaat bagi kita. Berikut adalah langkah-langkah dalam budidaya kangkung darat yang bisa diikuti:

1. Persiapan Lahan

Sebelum menanam kangkung darat, persiapkan lahan dengan baik. Buat lubang tanam di bedengan dengan kedalaman sekitar 5 cm dan jarak antar lubang sekitar 15-20 cm. Pastikan lahan sudah memiliki drainase yang baik untuk mencegah genangan air.

Baca Juga  Cara Menanam Florikultura Sebagai Penyerap Polutan

2. Penanaman Biji

Masukkan 3 hingga 5 biji kangkung ke dalam setiap lubang tanam. Tutup dengan tanah tipis yang sudah dicampur dengan pupuk NPK dan pupuk kandang. Pastikan biji-biji tersebut ditanam pada kedalaman yang tepat untuk memastikan pertumbuhan yang optimal.

3. Pola Tanam Zig-Zag

Lakukan penanaman dengan pola zig-zag untuk mengoptimalkan ruang dan pertumbuhan tanaman. Pola tanam ini membantu dalam memaksimalkan pemanfaatan lahan serta penyinaran matahari.

4. Pemupukan yang Tepat:

Pemupukan yang tepat adalah kunci dalam budidaya kangkung darat. Gunakan pupuk kandang sebagai sumber nutrisi utama tanaman. Pupuk kandang lebih praktis karena tidak memerlukan persiapan yang intensif. Pilih kotoran ayam sebagai pupuk kandang, karena kotoran ayam lebih cepat terurai dan cocok dengan siklus panen cepat kangkung.

5. Perawatan dan Pemeliharaan

Lakukan perawatan yang baik untuk menjaga pertumbuhan tanaman. Pembersihan gulma secara teratur sangat penting untuk menghindari persaingan nutrisi dan ruang. Selain itu, pastikan tanaman mendapatkan pasokan air yang cukup, terutama saat musim kemarau.

6. Pemanenan yang Bijak

Kangkung darat dapat dipanen saat berumur 30-45 hari sejak masa tanam benih. Cara memanennya adalah dengan mencabut kangkung beserta akarnya. Pastikan untuk mencuci akar kangkung hingga bersih sebelum dipasarkan. Meskipun harganya relatif murah di pasaran, manfaat kesehatannya sangat berharga.

Baca Juga  Cara Menanam Anggrek di Halaman Rumah

Keberhasilan Budidaya Kangkung

Untuk mencapai hasil panen yang optimal, budidaya kangkung darat sebaiknya dilakukan pada musim penghujan, khususnya antara bulan November hingga Desember. Kangkung sangat membutuhkan air, terutama ketika ditanam selama musim kemarau. Pastikan lahan memiliki drainase yang baik untuk menghindari genangan air yang berlebihan.

Manfaat Ekonomi dan Lingkungan dari Budidaya Kangkung Darat

Selain manfaat kesehatan, budidaya kangkung darat juga memiliki potensi ekonomi yang cukup menguntungkan. Anda bisa menghasilkan sayuran segar yang bisa dijual atau dikonsumsi sendiri. Selain itu, budidaya kangkung darat juga memiliki dampak positif pada lingkungan. Penggunaan pupuk yang efisien dan pengendalian hama yang tepat dapat mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya, sehingga lingkungan tetap terjaga.

Kesimpulan

Dalam era modern ini, cara menanam kangkung darat dapat menjadi alternatif yang baik untuk mendapatkan sayuran sehat dan berkualitas tinggi. Dengan langkah-langkah yang sederhana dan perawatan yang tepat, kita bisa menikmati manfaat kesehatan dan ekonomi dari hasil panen kangkung sendiri. Jadi, ayo mulai budidaya kangkung darat di kebun belakang Anda dan nikmati segarnya hasil panen yang Anda tanam sendiri

Share :

Baca Juga

pupuk untuk bawang merah

Hortikultura

Cara Menanam Bawang Merah di Rumah dengan Mudah
cara menanam kubis

Hortikultura

Panduan Lengkap Cara Menanam Kubis
menanam pisang

Hortikultura

Teknik Menanam Pisang Cavendish yang Benar
Pengendalian Tikus Sawah

Hortikultura

Sangat Efektif! Inilah Cara Pengendalian Tikus Sawah
Varietas Cabai Rawit

Hortikultura

8 Varietas Cabai Rawit dengan Potensi Panen yang Melimpah
cara menanam wortel

Hortikultura

Cara Menanam Wortel dari Persiapan Lahan sampai Panen
budidaya jagung manis di lahan kering

Hortikultura

Panduan Lengkap Budidaya Jagung Manis di Lahan Kering
Cara menanam nanas

Hortikultura

Cara Menanam Nanas Subang Supaya Menjadi Besar