Home / Produk Pertanian

Jumat, 8 September 2023 - 21:32 WIB

6 Merek Plastik UV Terbaik di Indonesia

Ilustrasi greenhouse dengan atap plastik uv terbaik (pixabay)

Ilustrasi greenhouse dengan atap plastik uv terbaik (pixabay)

Plastik UV atau plastik tahan sinar ultraviolet merupakan bahan yang sangat penting dalam berbagai industri di Indonesia. Dalam kondisi cuaca tropis yang cenderung panas dan terpapar sinar matahari secara intensif, penggunaan plastik UV dapat melindungi produk dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet. Berikut adalah 10 merek plastik UV terbaik di Indonesia yang dapat menjadi pilihan Anda.

Apa Itu Plastik UV?

Greenhouse atau rumah kaca menjadi salah satu solusi yang efektif dalam bercocok tanam, terutama di daerah dengan iklim ekstrem seperti di Indonesia. Dalam membangun dan menjaga greenhouse, pemilihan bahan yang tepat sangat penting, termasuk dalam hal penggunaan plastik UV.

Plastik UV untuk greenhouse merupakan bahan yang dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap sinar ultraviolet, mempertahankan kelembaban dan suhu yang optimal, serta memastikan pertumbuhan tanaman yang sehat. Artikel ini akan membahas mengenai plastik UV terbaik yang dapat digunakan dalam greenhouse di Indonesia.

Pentingnya Plastik UV dalam Greenhouse

Penggunaan plastik UV dalam greenhouse memiliki manfaat yang sangat penting. Sinar ultraviolet yang terkandung dalam sinar matahari dapat merusak tanaman dan mengganggu pertumbuhan mereka. Plastik UV hadir sebagai solusi untuk melindungi tanaman dari dampak buruk sinar ultraviolet.

Selain itu, plastik UV juga mampu meredam panas yang berlebihan dan menjaga kelembaban di dalam greenhouse. Hal ini penting untuk menciptakan kondisi optimal yang diperlukan oleh tanaman agar dapat tumbuh dengan baik.

Kriteria Plastik UV Terbaik untuk Greenhouse

Dalam memilih plastik UV untuk greenhouse, terdapat beberapa kriteria yang perlu diperhatikan:

1. Kualitas tahan sinar UV yang tinggi

Plastik UV terbaik harus memiliki kemampuan untuk menahan sinar ultraviolet dalam jangka waktu yang lama. Ini akan memberikan perlindungan maksimal terhadap tanaman di dalam greenhouse.

Baca Juga  Manfaat Garam Dapur untuk Tanaman, Bisa Bikin Tanaman Subur

2. Kemampuan meredam panas dan mempertahankan kelembaban

Plastik UV yang berkualitas baik akan mampu meredam panas yang berlebihan, sehingga suhu di dalam greenhouse tetap stabil. Selain itu, plastik tersebut juga harus mampu mempertahankan kelembaban di dalam greenhouse untuk menjaga tanaman tetap sehat.

3. Daya tahan dan ketahanan terhadap cuaca ekstrem

Plastik UV yang baik harus tahan terhadap cuaca ekstrem, termasuk angin kencang, hujan deras, dan suhu yang fluktuatif. Plastik tersebut harus mampu bertahan dalam kondisi-kondisi tersebut tanpa mengalami kerusakan.

4. Keamanan dan ramah lingkungan

Plastik UV terbaik harus aman terhadap lingkungan pertanian. Artinya, bahan pembuatannya harus ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi tanaman, manusia, dan hewan.

Berbagai Merek Plastik UV Terbaik untuk Greenhouse

Berikut ini beberapa merek plastik UV terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.

1. Vatan

Merek vatal adalah salah satu produsen plastik UV terkemuka di Indonesia. Produk mereka memiliki kualitas yang sangat baik dalam menahan efek buruk sinar UV. Ketebalan plastik ini sekitar 200 mikrob dengan kandungan additive seperti UV, IR, AB, EVA, dan LD. Adapun fungsi additive tersebut, seperti berikut:

  • Ultra violet (UV): melindungi plastik agar tidak mudah rusak akibat sinar matahari.
  • Infra red (IR): mengontrol suhu agar perbedaan suhu siang dan malam tidak ekstrim.
  • Anti bacteria (AB): bersifat anti-bakteri.
  • Light diffuser (LD): menyebarkan cahaya agar merata ke seluruh greenhouse.

2. Toyotani

Plastik UV Toyotani menjadi salah satu jenis plastik UV ternama di Indonesia. Plastik ini memiliki ketebalan 200 micron. Kualitas mulsa ini sudah tidak perlu diragukan lagi dan harganya juga relatif terjangkau.

3. Juara

Merek Juara adalah salah satu merek plastik UV terbaik di Indonesia. Produk mereka sangat populer di kalangan petani. Plastik UV ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain; kuat, ulet, tahan pestisida dan bahan kimia lain, serta bisa membantu mempercepat pertumbuhan tanaman.

4. Lotus

Plastik UV ini memiliki ketebalan 0,20 mm dengan kandungan UV 14%. Merek ini berkualitas karena terbuat dari bahan terbaik, sehingga lebih tahan lama. Plastik UV ini cocok untuk digunakan pada atap greenhouse, naungan tanaman hidroponik, dan bumbungan dalam budidaya jamur.

5. Hercules

Merek plastik UV ini memiliki dua jenis berdasarkan kendungan UV-nya yaitu UV 14% dan UV 6%. UV 14% sangat cocok untuk atap greenhouse, kandang tenak, atau atap kolam ikan. Sedangkan UV 6% cocok untuk menjemur hasil panen, batu bata, kolam ikan, dan lain sebagainya.

6. You-v

Plastik UV ini memiliki kualitas yang unggul dengan shadig net 75%. Fungsinya bisa menyaring cahaya langsung sebanyak 75% dan 25% cahaya diteruskan ke tanaman. Lebar plastik ini sekitae 3 meter.

Kesimpulan

Memilih merek plastik UV terbaik di Indonesia sangat penting untuk melindungi produk dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Dalam kondisi cuaca tropis Indonesia yang terpapar sinar matahari secara intensif, penggunaan plastik UV yang berkualitas menjadi suatu keharusan. Dalam artikel ini, telah memaparkan 6 merek plastik UV terbaik di Indonesia yang dapat menjadi pilihan Anda. Dengan memilih merek plastik UV terbaik, Anda dapat menjaga kualitas dan keawetan produk Anda dalam jangka waktu yang lebih lama.

Share :

Baca Juga

Produk Syngenta Terbaik

Produk Pertanian

7 Produk Syngenta Terbaik untuk Kendalikan OPT
Cara Membuat Sabun Dari Buah Lerak

Produk Pertanian

Cara Membuat Sabun dari Buah Lerak
manfaat garam dapur untuk tanaman

Produk Pertanian

Manfaat Garam Dapur untuk Tanaman, Bisa Bikin Tanaman Subur
Tanaman Karet

Perkebunan

Tanaman Karet Sumber Utama Bahan Karet Alam Dunia
cara pemupukan bawang merah

Produk Pertanian

Cara Aplikasi Pupuk Dolomit, Bisa Menyuburkan Tanaman
tips mengaplikasikan pestisida

Produk Pertanian

Mengenal Perekat Pestisida dan Fungsinya
cara pemupukan bawang merah

Produk Pertanian

5 Manfaat Kapur Dolomit untuk Tanaman, Apa Saja?
Florikultura sebagai penyerap polutan

Hortikultura

Cara Menanam Florikultura Sebagai Penyerap Polutan