Home / Hortikultura

Sabtu, 9 September 2023 - 11:17 WIB

Petunjuk Lengkap Budidaya Labu Kabocha

Labu kabocha (Source/Pixabay)

Labu kabocha (Source/Pixabay)

Kabocha (Cucurbita maxima) adalah salah satu jenis labu musim dingin yang berasal dari Selatan Amerika dan telah dibudidayakan sejak awal tahun 1980-an. Di Jepang, terutama di Hokkaido, kabocha menjadi spesies labu utama yang dibudidayakan untuk makanan. Mari kita jelajahi lebih dalam mengenai tanaman ini mulai dari ciri-ciri hingga cara budidaya labu kabocha.

Ciri-Ciri Labu Kabocha

1. Batang Kuat dan Daun Bergigi

Kabocha memiliki batang bundar yang kuat dengan daun lebar bundar yang hampir menyerupai ginjal dengan ujung yang agak bergigi. Tanaman ini juga memiliki sulur yang menjalar, memberikan kesan tumbuh subur dan rimbun.

2. Buah Bulat Kecil Pipih dengan Kulit Khas

Buah kabocha biasanya berukuran kecil hingga sedang dengan kulit hijau gelap yang khas, dihiasi oleh garis-garis hijau muda yang membuatnya mudah dikenali. Ukuran buah rata-rata berkisar antara 1,2 hingga 2,0 kg, dan waktu jatuh tempo pemanenan berkisar antara 13 hingga 17 minggu setelah penanaman.

3. Daging Buah Kuning yang Kaya Karoten

Daging buah kabocha memiliki warna yang khas, yaitu kuning atau oranye yang intens. Warna ini disebabkan oleh tingginya kandungan senyawa karoten dalam buah kabocha. Selain lezat, kabocha juga kaya akan nutrisi.

4. Biji Padat dengan Lapisan Pelindung

Biji dalam buah kabocha padat dan bisa berwarna kecoklatan atau putih lembut. Mereka biasanya diselimuti oleh lapisan pelindung yang disebut hull.

Baca Juga  Panduan Lengkap untuk Pemula Cara Menanam Jamur Tiram

Cara Budidaya Labu Kabocha

1. Menyiapkan Bibit yang Berkualitas

Pertama-tama, Anda perlu mencari bibit kabocha yang berkualitas dan tidak rusak. Pastikan biji tidak kisut. Sebelum menanam, rendam biji kabocha dalam larutan air yang telah dicampur dengan 1 tutup hormonik dalam 2 liter air. Rendam biji selama 2-3 jam dan pilih biji yang tenggelam, karena itu menandakan biji yang baik.

2. Menyiapkan Lahan Tanam

Lahan tanam untuk labu kabocha harus disiapkan dengan baik. Gemburkan tanah terlebih dahulu menggunakan bajak atau cangkul. Setelah itu, bentuklah bedengan dengan lebar sekitar 80 cm-120 cm dan ketinggian sekitar 40cm. Taburkan pupuk kandang sebanyak 6-10 ton per hektar secara merata. Jika ada jerami sisa panen padi, Anda juga dapat menaburkannya di atas tegalan. Penggunaan plastik mulsa juga dapat membantu mengurangi pertumbuhan rumput liar di area tanam. Biarkan lahan selama seminggu sebelum menanam bibit.

3. Menanam Biji Kabocha

Biji labu kabocha ditanam dengan bantuan tugal (kayu yang di runcingkan). Buatlah lubang dengan cara menghujamkan tugal ke tanah dengan jarak sekitar 40 cm x 40 cm antar lubang tanam. Sebelum menanam, tambahkan 300 kg dolomit ke lahan Anda. Jika Anda menggunakan plastik mulsa, buatlah lubang pada plastik dengan besi bulat yang dipanaskan. Isilah 2 biji labu kabocha pada setiap lubang tanam yang telah dibuat, lalu tutup dengan tanah secara perlahan.

Baca Juga  Panduan Lengkap Cara Menanam Semangka Varietas Amara

4. Perawatan

Untuk merawat tanaman labu kabocha, lakukan penyulaman jika biji yang ditanam tidak tumbuh. Bersihkan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman. Lakukan pemupukan dengan menyemprotkan campuran 3 tutup Poc nasa dan 1 tutup Hormonik dalam 12-15 liter air setelah tanaman berdaun 3-4. Semprotkan campuran ini secara berkala. Pupuk dengan dosis yang sama sebanyak 2 minggu sekali hingga usia tanaman kabocha mencapai 1,5 bulan. Setelah mencapai usia tersebut, gantilah pupuk dengan Powernutrision dengan dosis yang sama, yaitu 3 kg per hektar.

5. Pemanenan

Tanaman kabocha biasanya siap untuk dipanen dalam waktu 3 bulan setelah penanaman. Untuk memanennya, potonglah tangkai buah dengan pisau atau gunting. Buah kabocha memiliki daya tahan yang baik dan tidak mudah busuk. Dengan perawatan yang baik, buah ini dapat bertahan hingga 1 tahun setelah dipanen, terutama jika tangkai buahnya dibiarkan melekat pada labunya saat pemanenan.

Kabocha adalah salah satu tanaman yang menggoda selera dan dapat tumbuh dengan relatif mudah. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat melakukan budidaya labu kabocha yang lezat dan sehat di halaman atau lahan Anda sendiri. Selamat mencoba dan nikmati hasil panen labu kabocha yang lezat!

Share :

Baca Juga

cara tanam bayam merah

Hortikultura

Cara Tanam Bayam Merah, Mudah dan Anti Gagal
Teknologi pertanian tepat guna

Hidroponik

Inilah Teknologi Pertanian Tepat Guna untuk Petani
cara menanam buah tin

Hortikultura

Cara Menanam Buah Tin dengan Mudah
Cara Menanam Kentang Merah

Hortikultura

Memiliki Warna Unik, Berikut Cara Menanam Kentang Merah
Penyakit bercak ungu bawang merah

Hortikultura

Pengenalan Penyakit Bercak Ungu Bawang Merah
rempah-rempah

Hortikultura

Rempah-Rempah Indonesia yang Bisa Ditanam di Rumah
Pengendalian Tikus Sawah

Hortikultura

Sangat Efektif! Inilah Cara Pengendalian Tikus Sawah
Cara menanam nanas madu pemalang

Hortikultura

Cara Menanam Nanas Madu Pemalang