Home / Hortikultura / Perkebunan / Produk Pertanian / Tanaman Pangan

Jumat, 4 Agustus 2023 - 14:23 WIB

Cara Membuat Bakteri Fotosintesa (PSB) untuk Lingkungan Berkelanjutan

Bakteri fotosintesa PSB (Source/Facebook Belajar Bertanam)

Bakteri fotosintesa PSB (Source/Facebook Belajar Bertanam)

Dalam dunia pertanian dan ilmu pengetahuan lingkungan, eksplorasi terus berlanjut untuk mengidentifikasi cara-cara baru yang dapat meningkatkan hasil panen, mengurangi dampak negatif pertanian terhadap lingkungan, dan menciptakan sistem pertanian yang lebih berkelanjutan. Salah satu area penelitian yang menarik adalah kajian tentang bakteri fotosintesa, juga dikenal sebagai photosynthetic bacteria atau PSB. Bakteri ini memiliki potensi luar biasa untuk meningkatkan kesejahteraan tanaman dan lingkungan secara keseluruhan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci mengenai bakteri fotosintesa, mekanisme fotosintesis pada bakteri ini, manfaatnya dalam pertanian, cara membuat bakteri fotosintesa (PSB) dan mengaplikasikannya, serta dampak positifnya pada pertumbuhan tanaman dan lingkungan berkelanjutan.

Perbandingan antara Bacteriochlorophyll dan Klorofil

Mekanisme fotosintesis pada bakteri fotosintesa memiliki kesamaan dengan yang terjadi pada tanaman, tetapi juga memiliki perbedaan yang menarik. Salah satu perbedaan utama adalah penggunaan pigmen bacteriochlorophyll sebagai pengganti klorofil. Klorofil adalah pigmen hijau pada tanaman yang memainkan peran kunci dalam menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi yang dapat dimanfaatkan oleh tanaman. Bacteriochlorophyll, di sisi lain, hadir dalam berbagai bentuk dan menghasilkan warna merah, hijau, hingga ungu pada bakteri fotosintesa.

Peran Pigmen Bakteriofil dalam Penangkapan Energi Matahari

Pigmen bakteriofil memiliki peran penting dalam fotosintesis pada bakteri fotosintesa. Pigmen ini berperan sebagai penangkap energi matahari, mirip dengan klorofil pada tanaman. Namun, pigmen bakteriofil memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam menyerap berbagai panjang gelombang cahaya matahari, yang memungkinkan bakteri fotosintesa untuk memanfaatkan cahaya matahari dengan lebih efisien.

Manfaat Luar Biasa dari Bakteri Fotosintesa dalam Pertanian

Kehadiran bakteri fotosintesa dalam pertanian memiliki dampak positif yang luas, baik bagi tanaman maupun lingkungan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan PSB dalam pertanian:

1. Pemenuhan Kebutuhan Nitrogen Tanaman dengan Lebih Efektif

2. Mengurangi Hydrogen Sulfida (H2S) dan Meningkatkan Pertumbuhan Akar

3. Peningkatan Penyerapan Pupuk dan Efisiensi Nutrisi Tanaman

4. Kandungan Nutrisi yang Kaya dalam Sel Bakteri Fotosintetik

5. Solusi Ramah Lingkungan untuk Pengurangan Pupuk Kimia

6. Stimulasi Pertumbuhan Akar dan Serat yang Berkualitas Tinggi

7. Penguatan Kekebalan Tanaman terhadap Penyakit dan Hama

8. Pemacu Pertumbuhan Tanaman yang Cepat dan Pengendalian Penyakit

9. Kontribusi terhadap Pengurangan Gas Rumah Kaca dan Limbah

Baca Juga  Mudah! Cara Menanam Padi Gogo di Ladang Tadah Hujan atau Tegalan

10. Peningkatan Nutrisi untuk Ternak dan Ikan melalui Lingkungan yang Seimbang

Cara Membuat Bakteri Fotosintesa (PSB) Sendiri

Memanfaatkan potensi bakteri fotosintesa tidak hanya bermanfaat bagi pertanian konvensional, tetapi juga merupakan tindakan yang dapat dilakukan oleh petani skala kecil maupun individu di rumah. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat dan mengaplikasikan PSB:

A. Alat dan Bahan

Dalam usaha untuk merawat tanaman agar tumbuh subur dan sehat, terdapat metode alami yang dapat kita manfaatkan. Salah satu di antaranya adalah penggunaan Pupuk Organik PSB (Photosynthetic Bacteria) yang dapat dengan mudah dibuat dan digunakan sendiri di rumah. Sebelum kita memahami cara membuat bakteri fotosintesa (PSB) dan mengaplikasikannya, mari simak dulu alat dan bahan yang akan kita butuhkan:

B. Alat yang Diperlukan:

  1. Sendok
  2. Mangkok
  3. Botol kemasan air mineral ukuran 1,5 liter

C. Bahan yang Diperlukan:

  1. Telur ayam (1 butir)
  2. Micin (1 sendok makan)
  3. Air hujan, air kolam, atau air sumur (1,5 liter)

D. Cara Membuat Bakteri Fotosintesa (PSB)PSB

Pupuk Organik PSB dapat dibuat dengan langkah-langkah sederhana berikut:

  1. Campurkan Telur dan Micin: Pecahkan telur ayam ke dalam mangkok dan tambahkan micin. Aduk merata menggunakan sendok makan. Perhatikan agar telur dan micin tercampur dengan baik.
  2. Isi Botol dengan Air: Ambil botol kemasan air mineral yang telah disiapkan. Isi botol tersebut dengan air hujan, air kolam, atau air sumur hingga hampir penuh.
  3. Tambahkan Campuran Telur ke dalam Botol: Setelah telur dan micin tercampur merata, tuang campuran tersebut ke dalam botol yang berisi air. Pastikan porsi campuran telur yang ditambahkan cukup seimbang.
  4. Tambahkan Biang PSB: Tambahkan 1-2 tutup botol biang PSB ke dalam campuran telur dan air di botol. Kemudian, tutup botol dengan rapat.
  5. Kocok dan Jemur: Goyangkan botol dengan lembut untuk mencampurkan semua bahan dengan baik. Setelah itu, tempatkan botol di bawah sinar matahari langsung. Biarkan botol terjemur selama 2-3 minggu.
  6. Perhatikan Perubahan Warna: Selama proses penjemuran, perhatikan perubahan warna campuran di dalam botol. Jika campuran berubah menjadi merah, ungu, atau hijau, itu menandakan bahwa PSB sudah matang. Lakukan pengocokan sehari sekali, terutama saat siang hari, untuk memastikan campuran tetap tercampur dengan baik.
Baca Juga  6 Merek Plastik UV Terbaik di Indonesia

Penting untuk diingat bahwa jika Anda menggunakan air kolam yang sebelumnya sudah terkontaminasi oleh bakteri ini, Anda tidak perlu menambahkan biang PSB lagi. Biasanya, campuran akan mulai berubah warna dalam waktu sekitar 2-4 hari.

E. Cara Aplikasi Pupuk Organik PSB

Setelah Pupuk Organik PSB Anda telah matang, Anda dapat mengaplikasikannya pada tanaman dengan langkah-langkah berikut:

  1. Persiapan Campuran PSB yang Matang: Ambil sebagian dari campuran PSB yang telah matang. Pastikan campuran tersebut memiliki warna merah, ungu, atau hijau yang menandakan kematangannya.
  2. Mencampurkan dengan Air Sumur: Campurkan PSB matang dengan air sumur dalam perbandingan 10-15 ml per liter air. Anda juga bisa menggunakan sekitar satu gelas aqua per tangki ukuran 16 liter.
  3. Aplikasikan pada Tanaman dan Tanah: Tuangkan campuran PSB ke seluruh bagian tanaman dan tanah sekitar akar. Pastikan semua bagian tercakup oleh campuran ini.
  4. Penyiraman Tanaman Hortikultura dan Tanaman Tahunan: Untuk tanaman hortikultura, cukup lakukan penyiraman sekitar ¼ – ½ liter campuran PSB per tanaman. Sedangkan untuk tanaman tahunan, penyiraman bisa ditingkatkan menjadi 1-2 liter per pohon.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda telah menciptakan dan menggunakan Pupuk Organik PSB yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tanaman Anda secara alami. Dengan kandungan nutrisi dan mikroorganisme yang bermanfaat, tanaman Anda akan lebih subur dan sehat, serta lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Jadi, mengapa tidak mencoba cara membuat bakteri fotosintesa (PSB) sendiri di rumah? Dengan langkah-langkah yang sederhana dan bahan yang mudah ditemukan, Anda dapat memberikan dukungan yang lebih baik bagi pertumbuhan tanaman Anda dan menjaga lingkungan tetap sehat. Yuk, mulai kreasikan Pupuk Organik PSB Anda sendiri dan nikmati hasilnya dalam kebun atau tanaman Anda!

Penerapan bakteri fotosintesa tidak hanya memberikan manfaat pada pertanian, tetapi juga membantu mengurangi dampak negatif yang diakibatkan oleh praktik pertanian konvensional terhadap lingkungan. Dengan menggunakan bakteri fotosintesa, petani dapat mencapai hasil panen yang lebih baik, mengurangi penggunaan pupuk kimia, dan membantu menjaga kesuburan tanah. Selain itu, penggunaan bakteri fotosintesa juga dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan limbah pertanian.

Share :

Baca Juga

cara menanam padi

Tanaman Pangan

Cara Menanam Padi Terlengkap Beserta Penjelasannya
Cara Menanam Kentang Granola

Hortikultura

Cara Menanam Kentang Granola dari Awal Sampai Panen
Talas Jepang atau Talas Satoimo

Tanaman Pangan

Cara Budidaya Talas Satoimo atau Talas Jepang Sampai Panen
Penyakit layu fusarium bawang merah

Hortikultura

Pengendalian Penyakit Layu Fusarium Bawang Merah
Menanam selada air

Hortikultura

Panduan Menanam Selada Air dengan Mudah
Varietas Semangka Unggul

Produk Pertanian

9 Rekomendasi Varietas Semangka Unggul yang Besar dan Manis
cara menanam kentang

Hortikultura

Cara Menanam Kentang, Mudah dan Menguntungkan
Kultur jaringan pisang

Perkebunan

Kultur Jaringan Pisang untuk Menghasilkan Bibit yang Berkualitas