Home / Hortikultura

Selasa, 19 September 2023 - 21:39 WIB

Cara Menanam Kacang Panjang di Pekarangan Rumah

Ilustrasi kacang panjang (Pixabay)

Ilustrasi kacang panjang (Pixabay)

Cara menanam kacang panjang ternyata tidak sulit. Kacang panjang adalah salah satu sayuran yang populer dalam masakan Indonesia. Selain memiliki rasa yang lezat, kacang panjang juga memiliki nilai gizi yang tinggi, sehingga banyak orang tertarik untuk menanamnya di pekarangan rumah.

Menanam kacang panjang tidak hanya memberikan akses mudah ke sayuran segar, tetapi juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mendidik. Dalam artikel ini, kita akan membahas panduan lengkap tentang cara menanam kacang panjang di pekarangan rumah Anda.

Persiapan Lahan

Langkah pertama dalam menanam kacang panjang adalah mempersiapkan lahan yang sesuai. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Pilih Lokasi yang Tepat: Kacang panjang membutuhkan sinar matahari penuh, jadi pilih lokasi yang mendapatkan sinar matahari sepanjang hari atau setidaknya 6-8 jam sehari.
  2. Persiapkan Tanah: Tanah harus gembur dan kaya akan humus. Anda bisa memperbaiki kualitas tanah dengan menambahkan kompos atau pupuk organik.
  3. Buat Bedeng atau Parit: Buat bedeng atau parit dengan jarak antar-baris sekitar 45-60 cm. Ini akan memberikan cukup ruang bagi kacang panjang untuk tumbuh dengan baik.
Baca Juga  Cara Menanam Rumput Gajah untuk Pakan Ternak

Penanaman Benih

Setelah lahan Anda siap, langkah berikutnya adalah menanam benih kacang panjang. Berikut adalah panduan langkah demi langkah:

  1. Pilih Benih yang Berkualitas: Pastikan Anda membeli benih kacang panjang berkualitas dari toko pertanian terpercaya.
  2. Penanaman: Tanam benih kacang panjang ke dalam tanah dengan kedalaman sekitar 2-3 cm. Letakkan benih dengan jarak sekitar 10 cm di antara satu benih dan yang lainnya. Ini memungkinkan kacang panjang tumbuh dengan baik tanpa bersaing satu sama lain.
  3. Penyiraman: Setelah menanam benih, siram tanah secara merata. Pastikan tanah tetap lembab, tetapi tidak terlalu basah.

Perawatan Tanaman

Merawat tanaman kacang panjang adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang baik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Penyiraman: Kacang panjang membutuhkan penyiraman teratur, terutama pada musim kemarau. Siram tanaman secara teratur, tetapi hindari membuat tanah terlalu basah.
  2. Pemupukan: Berikan pupuk organik atau pupuk kandang setiap 3-4 minggu sekali untuk memberikan nutrisi tambahan kepada tanaman.
  3. Pemangkasan: Setelah tanaman mencapai ketinggian sekitar 10-15 cm, potong bagian ujungnya untuk merangsang pertumbuhan cabang samping. Ini akan membuat tanaman lebih berlimpah.
  4. Pengendalian Hama dan Penyakit: Perhatikan tanda-tanda serangan hama atau penyakit seperti kutu daun atau jamur. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, segera lakukan tindakan pengendalian yang sesuai.
Baca Juga  Cara Menanam Nanas Madu Pemalang

Panen dan Pemanenan

Kacang panjang biasanya siap dipanen dalam 50-70 hari setelah penanaman. Tandanya adalah saat kacang panjang mencapai panjang sekitar 15-20 cm dan terasa lembut saat ditekan. Untuk panen, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Gunakan Gunting Taman: Potong kacang panjang dengan hati-hati menggunakan gunting taman atau pisau tajam. Hindari mencabut kacang panjang dengan tangan, karena ini bisa merusak tanaman.
  2. Panen Secara Berkala: Panen kacang panjang secara berkala, setidaknya dua kali seminggu, karena semakin sering Anda memanen, semakin banyak kacang panjang yang akan tumbuh.
  3. Simpan dengan Baik: Simpan kacang panjang yang sudah dipanen di dalam kantong plastik atau wadah kedap udara di dalam lemari es untuk menjaga kesegarannya.

Kesimpulan

Menanam kacang panjang di pekarangan rumah bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat menikmati panen kacang panjang segar yang lezat di dapur Anda sendiri. Selamat menanam!

Share :

Baca Juga

jenis-jenis jeruk dan nama latinnya

Hortikultura

Jenis-jenis Jeruk dan Nama Latinnya, Apa saja?
Perbedaan Semangka Biji Dan Non Biji

Hortikultura

Perbedaan Semangka Biji dan Non Biji, Mana yang Lebih Unggul?
Cara Membuat bakteri fotosintesa PSB

Hortikultura

Cara Membuat Bakteri Fotosintesa (PSB) untuk Lingkungan Berkelanjutan
tips agar tomat yang ditanam rasanya manis

Hortikultura

7 Tips Agar Tomat yang Ditanam Rasanya Manis
Cara menanam nanas madu pemalang

Hortikultura

Cara Menanam Nanas Madu Pemalang
Varietas Cabai Rawit

Hortikultura

8 Varietas Cabai Rawit dengan Potensi Panen yang Melimpah
tanaman hidroponik

Hortikultura

Sejarah Hidroponik di Dunia yang Wajib Diketahui
cara menanam bunga kol

Hortikultura

Cara Menanam Bunga Kol Supaya Besar