Home / Tanaman Pangan

Rabu, 19 Juli 2023 - 18:05 WIB

Cara Menanam Sorgum dengan Mudah Lengkap Sampai Panen

Cara Menanam Sorgum (Source/Pixabay)

Cara Menanam Sorgum (Source/Pixabay)

Apa itu sorgum? Sorgum adalah tanaman sereal yang tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis. Dalam beberapa tahun terakhir, minat terhadap sorgum sebagai tanaman pertanian telah meningkat karena manfaatnya yang beragam. Sorgum digunakan sebagai pakan ternak, bahan baku industri pangan, dan bahan bakar nabati. Menanam sorgum dapat menjadi pilihan yang menarik baik untuk petani maupun individu yang ingin menanam tanaman serbaguna di halaman rumah mereka. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menanam sorgum dengan sukses.

Manfaat menanam sorgum

Menanam sorgum memiliki banyak manfaat yang signifikan. Pertama, sorgum merupakan pakan ternak yang sangat baik. Dedak sorgum, yang dihasilkan dari biji sorgum, dapat diberikan kepada unggas dan ternak sebagai sumber energi dan nutrisi. Kandungan serat dan protein yang tinggi membuat sorgum menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan pakan hewan.

Selain itu, sorgum juga memiliki manfaat sebagai bahan baku industri pangan. Biji sorgum dapat digiling menjadi tepung sorgum yang digunakan dalam pembuatan roti, mie, dan berbagai produk makanan lainnya. Tepung sorgum ini cocok bagi individu yang memiliki intoleransi gluten atau sedang menjalani diet bebas gluten.

Selanjutnya, sorgum juga memiliki potensi sebagai bahan baku bioenergi. Sorgum dapat diolah menjadi bioetanol, yang merupakan bahan bakar nabati yang ramah lingkungan dan berpotensi mengurangi ketergantungan terhadap sumber daya fosil.

Persiapan sebelum menanam sorgum

Sebelum memulai proses menanam sorgum, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk memastikan kesuksesan tanaman.

1. Pemilihan varietas sorgum

Pilih varietas sorgum yang sesuai dengan iklim dan kondisi tanah di daerah Anda. Ada berbagai jenis sorgum yang tersedia, termasuk sorgum kacang, sorgum biji, dan sorgum gula. Konsultasikan dengan ahli pertanian atau petani setempat untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik tentang varietas yang cocok untuk daerah Anda.

Baca Juga  Cara Membuat Bakteri Fotosintesa (PSB) untuk Lingkungan Berkelanjutan

2. Persiapan lahan dan kondisi tanah

Persiapkan lahan dengan baik sebelum menanam sorgum. Bersihkan lahan dari gulma dan bebatuan yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Pastikan lahan terkena sinar matahari penuh dan memiliki drainase yang baik. Lakukan pengolahan tanah dengan melakukan penggemburan agar tanah menjadi gembur dan subur.

3. Penyediaan benih sorgum

Beli benih sorgum berkualitas dari penjual atau toko pertanian yang terpercaya. Pastikan benih yang Anda beli dalam kondisi baik dan bebas dari hama atau penyakit. Pilih benih yang unggul dan sesuai dengan varietas yang Anda pilih.

4. Penyiraman dan pemupukan awal

Persiapan sebelum menanam meliputi penyiraman lahan dengan cukup air sehingga tanah menjadi lembab. Lakukan pemupukan awal menggunakan pupuk organik atau pupuk buatan yang mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium. Pemupukan awal ini akan memberikan nutrisi yang diperlukan bagi bibit sorgum untuk tumbuh dengan baik.

Proses menanam sorgum

Langkah-langkah cara menanam sorgum adalah sebagai berikut:

1. Penanaman benih sorgum

Tanam benih sorgum pada lahan. Buat lubang tanam dengan kedalaman sekitar 2 hingga 3 cm dan jarak antara lubang sekitar 30 hingga 40 cm. Letakkan benih sorgum di dalam lubang tanam dan tutup dengan tanah. Tekan perlahan untuk memadatkan tanah di sekitar benih.

2. Perawatan dan pemeliharaan tanaman

Selama pertumbuhan tanaman, perhatikan kebutuhan air dan nutrisi sorgum. Pastikan tanah tetap lembab dengan melakukan penyiraman secara teratur. Hindari genangan air yang berlebihan karena dapat merusak akar sorgum. Lakukan pemupukan tambahan sesuai dengan petunjuk pada kemasan pupuk. Penggunaan pupuk yang tepat akan membantu tanaman tumbuh dengan baik.

3. Pengendalian hama dan penyakit

Baca Juga  Sudah Jarang Di Temukan, Ternyata Seperti ini Cara Budidaya Uwi

Pantau tanaman secara berkala untuk mendeteksi adanya serangan hama atau penyakit. Lakukan penceghan dan pengendalian jika terserang hama penyakit. Penggunaan insektisida organik atau metode pengendalian hama alami dapat menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan.

4. Pemangkasan dan pemeliharaan

Selama pertumbuhan tanaman, lakukan pemangkasan yang tepat untuk memastikan sorgum tumbuh dengan baik. Pemangkasan dapat membantu menjaga struktur tanaman dan memastikan penyebaran sinar matahari yang optimal.

Panen dan pengolahan sorgum

Setelah periode pertumbuhan yang tepat, sorgum akan siap untuk dipanen. Berikut adalah langkah-langkah untuk panen dan pengolahan sorgum:

1. Tanda-tanda sorgum siap panen

   Perhatikan tanda-tanda bahwa sorgum telah siap untuk dipanen. Biasanya, tanda-tanda ini termasuk biji sorgum yang telah matang dan berubah warna menjadi kuning atau cokelat terang. Juga, perhatikan daun-daun yang mulai mengering.

2. Cara memanen sorgum

   Potong tangkai sorgum dengan menggunakan sabit atau gunting tajam. Kumpulkan tangkai sorgum yang dipanen dalam tumpukan. Lakukan penyimpan tangkai sorgum dengan baik, untuk digunakan apabila dibutuhkan.

3. Pengolahan sorgum menjadi bahan pangan

   Setelah dipanen, biji sorgum dapat di olah menjadi berbagai produk pangan. Biji sorgum dapat digiling menjadi tepung sorgum yang dapat digunakan dalam pembuatan roti, mie, kue, atau makanan ringan. Anda juga dapat mengolah sorgum menjadi bahan pangan yang lebih kompleks, seperti sereal atau bubur.

Kesimpulan

Cara menanam sorgum adalah kegiatan yang menarik dan bermanfaat. Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda dapat menanam sorgum sendiri dan memanfaatkan manfaatnya yang beragam. Sorgum tidak hanya bermanfaat sebagai pakan ternak, tetapi juga sebagai bahan baku industri pangan dan bioenergi. Jadi, jangan ragu untuk mencoba menanam sorgum dan nikmati hasilnya!

Share :

Baca Juga

cara mengendalikan kutu beras

Tanaman Pangan

Bagaimana Cara Mengendalikan Kutu Beras?
Cara Menanam Kentang Median

Hortikultura

Cara Menanam Kentang Median untuk kebutuhan Industri
Cara Menanam Tanpa Olah Tanah

Hidroponik

Hemat Biaya! Cara Menanam Tanpa Olah Tanah
Varietas talas

Tanaman Pangan

Varietas Talas di Indonesia
Cara Budidaya Uwi

Tanaman Pangan

Sudah Jarang Di Temukan, Ternyata Seperti ini Cara Budidaya Uwi
cara menanam padi gogo

Tanaman Pangan

Mudah! Cara Menanam Padi Gogo di Ladang Tadah Hujan atau Tegalan
cara menanam singkong

Tanaman Pangan

Cara Menanam Singkong Dengan Mudah Di Pekarangan Rumah
Cara Menanam Kacang Hijau Tanpa Olah Tanah

Tanaman Pangan

Mudah! Cara Menanam Kacang Hijau Tanpa Olah Tanah