Home / Hortikultura

Sabtu, 15 Juli 2023 - 21:37 WIB

Jenis-jenis Jeruk dan Nama Latinnya, Apa saja?

Pohon jeruk berbuah banyak (PIXABAY)

Pohon jeruk berbuah banyak (PIXABAY)

Jeruk adalah buah yang populer di Indonesia dan memiliki beragam varietas dengan ciri khas dan rasa yang berbeda-beda. Dalam artikel ini, kita akan mengenal jenis-jenis jeruk dan nama latinnya.

Ragam Jenis Jeruk dan Nama Latinnya

Jeruk merupakan salah satu buah yang sangat populer di Indonesia. Buah yang berasal dari keluarga Rutaceae ini memiliki kulit yang tebal dan daging yang segar dengan rasa yang manis atau asam, tergantung pada jenisnya. 

Jeruk juga kaya akan vitamin C dan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa jenis buah jeruk dan nama latinnya. 

1. Jeruk Navel (Citrus sinensis)

Jenis jeruk Navel atau Citrus sinensis, merupakan salah satu varietas jeruk yang paling umum dan populer di Indonesia. Jeruk Navel memiliki kulit tebal yang mudah dikupas, daging yang manis dan segar, serta hampir tidak memiliki biji di dalamnya.

2. Jeruk Mandarin (Citrus reticulata)

Buah jeruk Mandarin atau Citrus reticulata, memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan jeruk jenis lainnya. Jeruk ini memiliki kulit yang mudah dikupas, daging yang manis, dan aroma yang khas. Jeruk Mandarin juga sering dikonsumsi sebagai camilan yang menyegarkan.

Baca Juga  Cara Merawat Semangka Varietas Gonzales

3. Jeruk Manis (Citrus paradisi)

Buah jeruk Manis atau Citrus paradisi, memiliki rasa yang manis dan segar. Jeruk ini biasanya memiliki biji, tetapi banyak orang menyukai rasanya yang manis dan asam. Jeruk Manis juga sering digunakan dalam pembuatan jus jeruk yang menyegarkan.

4. Jeruk Keprok (Citrus reticulata)

Jeruk Keprok memiliki kulit yang tebal dan berwarna oranye cerah. Daging jeruk ini berwarna oranye terang, manis, dan sedikit asam. Jeruk Keprok sering menjadi buah segar, bahan tambahan dalam hidangan, atau menjadi marmalade.

5. Jeruk Kunci (Citrus aurantiifolia)

Jeruk Kunci  atau Citrus aurantiifolia, memiliki ukuran yang lebih kecil dengan kulit yang halus dan hijau. Rasanya asam dan segar, sehingga cocok menjadi bahan tambahan dalam masakan dan minuman, seperti es krim, minuman segar, atau dressing salad.

6. Jeruk Lemon (Citrus limon)

Lemon atau Citrus limon, memiliki kulit yang halus, tebal, dan berwarna kuning cerah. Jeruk ini memiliki rasa yang sangat asam, sangat cocok menjadi bahan pembuatan minuman, saus, dan hidangan penutup. Lemon juga terkenal mengandung vitamin C yang tinggi.

7. Jeruk Limau (Citrus × amblycarpa)

Buah jeruk ini memiliki ukuran yang kecil dengan kulit yang halus dan hijau kekuningan. Jeruk ini memiliki rasa yang asam dan segar, cocok sebagai bahan tambahan dalam hidangan, seperti masakan Asia atau minuman panas.

Baca Juga  Kelezatan dan Keunikan Melon Yubari King, Buah Melon Termahal

8. Jeruk Bali (Citrus maxima)

Jenis jeruk bali memiliki kulit yang tebal dan berwarna oranye kekuningan. Jeruk ini memiliki rasa yang manis dengan sedikit keasaman. Banyak yang mengkonsumsi jeruk Bali sebagai buah segar atau menjadi minuman jus jeruk yang segar.

9. Jeruk Purut (Citrus hystrix) 

Jenis jeruk ini memiliki kulit yang kasar dan berwarna hijau tua. Jeruk ini memiliki rasa yang asam dan aroma yang khas. Jeruk Purut seringkali ada dalam masakan tradisional Indonesia, seperti rendang, soto, atau hidangan ikan

10. Jeruk Sunkist (Citrus sinensis)

Buah jeruk Sunkist atau Citrus sinensis, merupakan varietas jeruk yang berasal dari Amerika Serikat. Jeruk ini memiliki kulit yang tebal, daging yang manis, dan kaya akan vitamin C. Banyak yang menikmati jeruk Sunkist sebagai buah segar atau jus jeruk yang lezat.

Itulah jenis-jenis jeruk dan nama latinnya. Selain 10 jenis jeruk tersebut, terdapat beberapa jenis jeruk lain yang cukup populer.

Share :

Baca Juga

Cara Menanam Kentang Median

Hortikultura

Cara Menanam Kentang Median untuk kebutuhan Industri
Cara menanam jamur kuping

Hortikultura

Dijelaskan Secara Lengkap Cara Menanam Jamur Kuping
Jamur Jakaba

Hortikultura

Pemanfaatan Limbah Cucian Beras untuk Membuat Jamur Jakaba
Bawang lanang

Hortikultura

Manfaat dan Keunikan Bawang Lanang
Cara Menanam Kentang Atlantik

Hortikultura

Seperti ini Cara Menanam Kentang Atlantik untuk Kebutuhan Industri
tips memilih kapur dolomit berkualitas

Hortikultura

Dosis Pemberian Kapur Dolomit yang Tepat
cara menanam buah tin

Hortikultura

Cara Menanam Buah Tin dengan Mudah
cara menanam bawang daun

Hortikultura

Cara Menanam Bawang Daun dari Awal Sampai Panen