Home / Produk Pertanian

Jumat, 8 September 2023 - 17:36 WIB

 Jenis-jenis Teh Berdasarkan Cara Pengolahannya

Jenis-jenis teh (Source/pixabay)

Jenis-jenis teh (Source/pixabay)

Teh, minuman yang telah hadir dalam budaya manusia selama berabad-abad, memiliki beragam rasa, aroma, dan karakteristik yang memukau. Ternyata, setiap teh yang diminum dapat berbeda satu sama lainnya, baik dari warna, rasa, maupun harumnya. Perbedaan ini terjadi karena berbeda cara mengolahnya, variasi dari jenis tanaman, lokasi penanaman, cara menyeduh, dan komposisinya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi jenis-jenis teh berdasarkan cara pengolahannya yang perlu kamu ketahui.

Teh Hitam (Black Tea)

Salah satu jenis teh yang mungkin paling sering kamu temui adalah teh hitam. Ini juga merupakan jenis teh yang paling banyak diproduksi dan diekspor dari Indonesia, yang merupakan negara pengekspor teh hitam terbesar ke-5 di dunia. Kita akan mulai perjalanan kita ke dalam dunia teh dengan jenis yang paling akrab ini.

1. Ciri Khasnya

Teh hitam biasanya memiliki daun berwarna hitam dengan aroma khas teh yang kuat. Setelah diseduh, teh ini berwarna merah hingga merah kehitaman dengan rasa yang cenderung asam atau pahit. Rasa pahit ini sering dianggap sebagai salah satu ciri khas teh hitam.

2. Asal Usulnya

Teh hitam pertama kali ditemukan pada abad ke-17 di provinsi Fujian, Tiongkok. Pada awalnya, teh hitam hanya diproduksi untuk memenuhi permintaan pasar asing. Namun, pada abad ke-19, teh hitam mulai populer di seluruh dunia, terutama di Inggris dan negara-negara Eropa lainnya. Saat itu, teh hitam menjadi minuman yang paling populer dan menjadi bagian penting dari budaya Inggris. Dalam banyak hal, teh hitam menjadi minuman nasional Inggris.

3. Perbedaan dengan Teh Hijau

Berbeda dengan teh hijau, teh hitam mengalami proses oksidasi yang lebih lama. Oksidasi adalah proses kimia di mana enzim dalam daun teh bereaksi dengan oksigen udara. Proses ini mengubah warna dan rasa teh. Teh hijau, di sisi lain, tidak mengalami proses oksidasi yang signifikan.

4. Proses Pengolahan

Proses pengolahan teh hitam melibatkan beberapa langkah penting. Daun teh dipetik, dengan langkah ini menjadi sangat penting untuk menghasilkan kualitas teh yang baik. Setelah itu, daun teh mengalami proses oksidasi. Ini adalah langkah yang membedakan teh hitam dari jenis teh lainnya. Proses oksidasi ini membuat teh hitam memiliki warna dan rasa yang berbeda. Oksidasi juga menghasilkan senyawa kimia yang memberikan teh hitam aroma dan rasa khasnya.

Baca Juga  Cara Menanam Florikultura Sebagai Penyerap Polutan

Teh Hijau (Green Tea)

Jenis-jenis teh yang selanjutnya adalah teh hijau, salah satu jenis teh yang sangat populer di seluruh dunia. Teh hijau merupakan jenis teh yang tidak mengalami proses fermentasi seperti teh hitam. Ini adalah minuman populer di daratan Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Timur Tengah, dan Asia Tenggara. Saat ini, teh hijau juga semakin dikenal di negara Barat.

1. Kandungan Katekin

Salah satu hal yang membuat teh hijau begitu istimewa adalah kandungan katekinnya yang tinggi. Katekin adalah jenis senyawa kimia yang ditemukan dalam teh hijau dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Katekin memiliki sifat antioksidan yang kuat dan dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

2. Proses Pengolahan

Proses pengolahan teh hijau berbeda dengan teh hitam. Setelah daun teh dipetik, enzim folase yang ada dalam daun dinonaktifkan dengan cara pemanasan. Pemanasan ini mempertahankan warna hijau segar dan rasa yang khas dari teh hijau. Dalam banyak kasus, pemanasan dilakukan menggunakan uap panas. Proses ini menghasilkan teh hijau dengan warna cerah, rasa yang segar, dan aroma yang ringan.

Teh Putih (White Tea atau Silver Needle)

Kita melangkah lebih jauh dalam eksplorasi teh dengan jenis yang lebih eksklusif, yaitu teh putih. Teh putih adalah salah satu jenis teh premium di Indonesia dan di seluruh dunia. Teh ini dihasilkan dari daun teh yang belum teroksidasi dan belum diawetkan. Daun teh putih berwarna putih kecokelatan dengan aroma teh yang khas.

1. Kandungan Antioksidan Tinggi

Baca Juga  Antracol adalah Fungisida Kontak, Ini Keunggulan dan Cara Pakainya

Salah satu hal yang membuat teh putih begitu istimewa adalah kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan adalah senyawa kimia yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Teh putih mengandung lebih banyak antioksidan daripada jenis teh lainnya karena proses pengolahannya yang singkat.

2. Pengolahan Daun Teh

Daun teh putih dipanen ketika usianya masih muda. Hal ini karena daun muda memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi daripada daun yang lebih tua. Setelah dipetik, daun teh putih dikukus beberapa saat untuk mencegah oksidasi, lalu dikeringkan. Proses ini mempertahankan warna bening teh putih dan rasa yang ringan.

Teh Oolong (Oolong Tea)

Jenis-jenis teh yang terakhir, kita akan menjelajahi dunia teh dengan jenis yang menawarkan rasa yang unik, yaitu teh oolong. Teh oolong adalah sejenis teh Tionghoa yang berwarna antara hijau dan hitam. Teh oolong yang diseduh dengan baik memiliki rasa yang pahit, tetapi meninggalkan rasa sedikit manis setelah diminum.

1. Pembuatan Teh Oolong

Proses pembuatan teh oolong dikategorikan sebagai semi-fermentasi. Ini artinya, teh ini mengalami proses fermentasi, tetapi dihentikan lebih awal daripada teh hitam. Daun teh oolong biasanya berbentuk bulat menggumpal dan memiliki rasa dan aroma lebih ringan dibanding teh hitam, tetapi lebih pekat daripada teh hijau.

2. Varian Teh Oolong

Teh oolong diproduksi di berbagai daerah, tetapi salah satu varian yang terkenal adalah tieguanyin yang berasal dari provinsi Fujian, Tiongkok. Teh ini sering dihidangkan di restoran-restoran Tionghoa yang menyajikan dim sum atau masakan Tionghoa lainnya.

Kini, kamu telah memasuki dunia teh yang lebih dalam dan menyelami kekayaan rasa dan aroma yang dimilikinya. Semua jenis-jenis teh ini memiliki karakteristik uniknya sendiri, dan kisah panjang pengolahannya menambah pesona minuman ini. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi dunia yang menarik ini dengan mencoba berbagai jenis teh yang berbeda. Teruslah menjelajahi keunikan teh dalam setiap cangkir!

Share :

Baca Juga

tsp adalah

Produk Pertanian

TSP Adalah Pupuk Fosfor, Ini Penjelasannya
Benih Bawang merah True Shallot Seed (TSS)

Hortikultura

Penggunaan Benih Bawang Merah True Shallot Seed (TSS)
Pemanfaatan Plant Growth Promoting Rhizobakteri (PGPR)

Hortikultura

Pemanfaatan Plant Growth Promoting Rhizobakteri (PGPR)
Cara Membuat bakteri fotosintesa PSB

Hortikultura

Cara Membuat Bakteri Fotosintesa (PSB) untuk Lingkungan Berkelanjutan
jenis em4

Produk Pertanian

4 Jenis EM4 Lengkap dengan Manfaatnya
mulsa plastik terbaik

Produk Pertanian

Rekomendasi Alat Penjepit Mulsa dan Cara Menggunakannya
antracol

Produk Pertanian

Antracol adalah Fungisida Kontak, Ini Keunggulan dan Cara Pakainya
Perangkap Lalat Buah

Hidroponik

Membuat Perangkap Lalat Buah Mudah, Murah dan Efektif