Home / Produk Pertanian

Minggu, 21 Mei 2023 - 21:40 WIB

3 Pupuk Bawang Merah Terbaik Agar Panennya Maksimal

Ilustrasi pemberian pupuk pada bawang merah (pexels.com)

Ilustrasi pemberian pupuk pada bawang merah (pexels.com)

Pemberian pupuk bawang merah terbaik menjadi salah satu kunci kesuksesan budidaya tanaman ini. Pemilihan pupuk yang tepat dapat membantu meningkatkan pertumbuhan, kualitas, dan jumlah umbi.

Di Indonesia, terdapat banyak merk pupuk bawang merah yang beredar di pasaran. Namun, tidak semua merk pupuk tersebut berkualitas dan efektif dalam meningkatkan hasil panen.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis nutrisi yang tepat untuk tanaman bawang merah. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pentingnya Memilih Pupuk Bawang Merah yang Tepat

Pemilihan nutrisi untuk bawang merah yang tepat sangat penting dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen. Tanaman bawang merah membutuhkan nutrisi yang tepat agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Jika nutrisi tidak terpenuhi, maka tanaman bawang merah akan mengalami gangguan pertumbuhan dan hasil panen yang tidak optimal.

Dalam pertanian, pupuk merupakan salah satu sumber nutrisi penting bagi tanaman. Pupuk bawang merah yang tepat akan membantu pertumbuhan dan produktivitas tanaman ini.

Nutrisi yang paling penting untuk pertumbuhan bawang merah adalah nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). Selain itu, tanaman bawang merah juga membutuhkan nutrisi tambahan seperti magnesium (Mg), sulfur (S), dan mikronutrien seperti zat besi (Fe), mangan (Mn), dan boron (B).

Dalam pemilihan nutrisiuntuk bawang merah, perlu diperhatikan juga dampak penggunaan nutrisi yang tidak tepat. Pemakaian pupuk yang berlebihan atau tidak tepat dapat mengakibatkan masalah lingkungan seperti pencemaran air dan tanah.

Selain itu, penggunaan pupuk yang tidak tepat juga dapat merusak keseimbangan ekosistem di lingkungan sekitar dan mempengaruhi kesehatan manusia dan hewan. Oleh karena itu, pemilihan pupuk bawang merah yang tepat sangat penting untuk mendapatkan hasil panen yang berkualitas dan mengurangi dampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan.

Rekomendasi Pupuk Bawang Merah Terbaik

Berikut ini rekomendasi nutrisi untuk tanaman bawang merah terbaik yang bisa dicoba:

1. NPK Mutiara

Pupuk NPK Mutiara (16:16:16) adalah salah satu jenis nutris yang sangat dianjurkan untuk digunakan pada tanaman bawang merah. Pupuk ini memiliki kandungan nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K) yang seimbang, yakni 16-16-16.

Dalam pemakaiannya, NPK Mutiara (16:16:16) sebaiknya cukup 500 kg per hektar untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Jika Anda memutuskan untuk menambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang, maka dosis pupuk NPK Mutiara (16:16:16) dapat dikurangi menjadi 250 kg/ha.

2. SP 36

SP 36 juga merupakan jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tanaman bawang merah. Pupuk ini memiliki kandungan fosfor (P) yang tinggi, yaitu 36%. Setelah berumur 7 hari, akar tanaman bawang merah mulai tumbuh dan memerlukan unsur fosfor (P) untuk pertumbuhannya.

Oleh karena itu, SP 36 sangat penting untuk diberikan pada tanaman bawang merah. Dalam penggunaannya, pupuk SP 36 sebaiknya cukup 50-100 kg per hektar.

3. KCL

Pupuk KCl adalah jenis pupuk yang mengandung kalium klorida, yaitu unsur kalium (K) dan klorin (Cl). Kandungan unsur kalium (K) pada pupuk KCl sangat penting untuk pertumbuhan tanaman bawang merah karena tanaman ini membutuhkan kalium untuk membentuk bunga dan buah.

Aplikasi KCL cukup 30-60 kg per hektar. Pemberian KCl pada tanaman bawang merah juga dapat membantu tanaman dalam menghadapi kondisi lingkungan yang ekstrem, seperti kekeringan atau serangan hama dan penyakit.

Share :

Baca Juga

tips mengaplikasikan pestisida

Produk Pertanian

Tips Mengaplikasikan Pestisida dengan Benar
Jamur Jakaba

Hortikultura

Pemanfaatan Limbah Cucian Beras untuk Membuat Jamur Jakaba
Cara Menanam Tomat Hidroponik

Hortikultura

Benih Tanaman Tomat Terbaik untuk Hasil Panen yang Melimpah
Tips Memilih Benih Terbaik

Produk Pertanian

Tips Memilih Benih Terbaik
Varietas Semangka Unggul

Produk Pertanian

9 Rekomendasi Varietas Semangka Unggul yang Besar dan Manis
cara pemupukan bawang merah

Produk Pertanian

Cara Aplikasi Pupuk Dolomit, Bisa Menyuburkan Tanaman
pupuk kimia terbaik

Produk Pertanian

Nutrisi Bawang Merah yang Tepat untuk Meningkatkan Hasil Panen
Benih Bawang merah True Shallot Seed (TSS)

Hortikultura

Penggunaan Benih Bawang Merah True Shallot Seed (TSS)