Home / Produk Pertanian

Jumat, 1 September 2023 - 21:52 WIB

5 Manfaat Kapur Dolomit untuk Tanaman, Apa Saja?

Ilustrasi pemupukan bawang merah (Source/Facebook Budidaya Bawang Merah)

Ilustrasi pemupukan bawang merah (Source/Facebook Budidaya Bawang Merah)

Kapur dolomit adalah bahan tambahan yang sangat berguna dalam pertanian yang sering digunakan untuk memperbaiki kualitas tanah dan mendukung pertumbuhan tanaman. Kapur dolomit mengandung kalsium dan magnesium yang esensial untuk perkembangan tanaman. Lantas, apa saja manfaat kapur dolomit untuk tanaman? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

1. Mengimbangi Kualitas Tanah

Salah satu manfaat utama kapur dolomit adalah kemampuannya untuk mengimbangi kualitas tanah. Tanah yang terlalu asam (bersifat asam) dapat menghambat penyerapan nutrisi oleh tanaman dan mengganggu pertumbuhan mereka. 

Kapur dolomit berfungsi sebagai penstabil pH tanah dengan meningkatkan tingkat pH tanah yang rendah. Ini membuat lingkungan tanah menjadi lebih netral atau sedikit alkalis, yang lebih sesuai untuk sebagian besar tanaman.

2. Peningkatan Ketersediaan Nutrisi

Kalsium dan magnesium yang terkandung dalam kapur dolomit adalah dua unsur hara penting bagi tanaman. Kalsium membantu dalam pembentukan dinding sel, perkembangan akar, dan penyerapan nutrisi.

Baca Juga  5 Pestisida untuk Cabe yang Ampuh dan Murah

Sementara itu, magnesium merupakan komponen penting klorofil, yang digunakan dalam fotosintesis. Dengan memberikan tanaman akses yang cukup ke kalsium dan magnesium, kapur dolomit dapat meningkatkan ketersediaan nutrisi yang mendukung pertumbuhan yang kuat dan sehat.

3. Meningkatkan Struktur Tanah

Selain memperbaiki kualitas kimia tanah, kapur dolomit juga dapat meningkatkan struktur tanah. Kondisi ini bisa membantu meningkatkan porositas tanah dan drainase, mencegah tanah menjadi terlalu kompak, dan memungkinkan akar tanaman untuk tumbuh dengan lebih baik. 

Tanah yang memiliki struktur yang baik dapat menahan lebih banyak air dan udara, yang merupakan faktor penting untuk pertumbuhan tanaman yang optimal.

Baca Juga  Tips Memilih Sprayer Elektrik Terbaik

4. Pengendalian Toksisitas Aluminium

Pada beberapa lokasi, tanah dapat mengandung tingkat aluminium yang tinggi, yang dapat menjadi toksik bagi tanaman. Kapur dolomit membantu mengikat alumunium yang berlebihan dalam tanah, menjadikannya lebih aman bagi tanaman untuk mengakses nutrisi dan tumbuh dengan baik.

5. Pengendalian Penyakit dan Hama

Kapur dolomit juga dapat membantu mengendalikan beberapa penyakit dan hama tanaman. Tingkat pH tanah yang optimal yang dihasilkan oleh kapur dolomit dapat mengurangi keparahan serangan penyakit tertentu dan hama. Aplikasi kapur dolomit menjadi salah satu cara alami untuk menjaga tanaman tetap sehat dan mengurangi kebutuhan akan pestisida kimia.

Itulah lima manfaat kapur dolomit untuk tanaman yang dapat menunjang pertumbuhan dan produktivitas tanaman.

Share :

Baca Juga

Produk Syngenta Terbaik

Produk Pertanian

7 Produk Syngenta Terbaik untuk Kendalikan OPT
mulsa plastik terbaik

Produk Pertanian

8 Jenis Mulsa Plastik untuk Budidaya Tanaman
Tips Memilih Benih Terbaik

Produk Pertanian

Tips Memilih Benih Terbaik
tanaman kencur

Hortikultura

Tanaman Kencur Sebagai Bumbu dan Pengobatan Tradisional
Tanaman Karet

Perkebunan

Tanaman Karet Sumber Utama Bahan Karet Alam Dunia
Cara Membuat Sabun Dari Buah Lerak

Produk Pertanian

Cara Membuat Sabun dari Buah Lerak
Pupuk Organik Cabai Rawit

Produk Pertanian

Pupuk Organik Cabai Rawit untuk Mempercepat Pertumbuhan
merk mulsa terbaik

Produk Pertanian

Catat, Ini 5 Kekurangan Mulsa yang Penting untuk Diketahui