Home / Hortikultura / Produk Pertanian

Senin, 31 Juli 2023 - 20:22 WIB

Cara Pemupukan pada Tanaman Tomat

Buah Tomat (Source/pixabay)

Buah Tomat (Source/pixabay)

Tanaman tomat merupakan salah satu tanaman sayuran yang populer di masyarakat. Keberhasilan dalam bercocok tanam tomat tidak hanya bergantung pada perawatan dan penyiraman yang baik, tetapi juga memerlukan pemupukan yang tepat. Pemupukan menjadi kunci penting dalam memastikan pertumbuhan dan perkembangan tanaman tomat berlangsung dengan optimal. Dalam pemupukan pada tanaman tomat, terdapat dua fase utama yang harus diperhatikan, yaitu pemupukan dasar dan pemupukan susulan.

Fase Pemupukan pada Tanaman Tomat

1. Pemupukan Dasar

Pemupukan dasar dilakukan pada saat awal pengolahan dan persiapan lahan sebelum penanaman benih atau bibit tomat. Tahap ini penting karena tanah harus dipersiapkan dengan baik agar nutrisi dapat terserap dengan optimal oleh akar tanaman tomat. Pemupukan dasar bertujuan untuk memberikan nutrisi dasar yang dibutuhkan oleh tanaman pada tahap awal pertumbuhannya.

2. Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan adalah pemupukan yang dilakukan setelah tanaman tomat ditanam di lahan. Pada tahap ini, tanaman telah memasuki fase pertumbuhan dan memerlukan suplai nutrisi tambahan untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan dan perkembangannya. Pemupukan ini penting untuk memastikan tanaman tumbuh dengan baik, menghasilkan buah yang berkualitas, dan meningkatkan hasil panen.

Pemupukan Susulan Pertama pada Tanaman Tomat

Pemupukan pada tanaman tomat setelah tanaman tumbuh yaitu pupuk susulan pertama. Biasanya dilakukan sekitar 10 hari setelah proses penanaman. Fase pemupukan ini adalah fase vegetatif, di mana tanaman sedang dalam tahap pertumbuhan awal dan fokus pada perkembangan daun dan akar. Pada fase ini, pemupukan yang tepat dapat meningkatkan pertumbuhan vegetatif tanaman tomat.

Jenis Pupuk dan Dosisnya

Pada pemupukan susulan pertama ini, terdapat beberapa jenis pupuk yang direkomendasikan untuk digunakan:

1. Pupuk NPK Phonska Plus

Pupuk NPK Phonska Plus penting untuk pertumbuhan awal tanaman tomat. Mengandung nitrogen (N) untuk pertumbuhan daun, fosfor (P) untuk akar yang kuat, dan kalium (K) untuk menjaga keseimbangan air. Pupuk ini meningkatkan pertumbuhan tanaman tomat yang sehat dan tahan penyakit. Dengan dosis yang tepat, tanaman dapat tumbuh kuat dan siap menghadapi fase generatif. Pemilihan pupuk yang benar merupakan kunci kesuksesan pertanian dengan hasil produksi yang lebih baik. Dosis yang dianjurkan adalah 25 gram pupuk NPK Phonska Plus per liter air.

Baca Juga  Teknik Penyambungan untuk Menghasilkan Varietas Unggul

2. Pupuk KNO3 Merah

Pupuk KNO3 Merah mengandung unsur nitrogen dan oksida kalium yang bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dan meningkatkan produksi bunga. Dosis yang direkomendasikan adalah 2-5 gram pupuk KNO3 Merah per liter air.

3. Pupuk Ultradap

Pupuk Ultradap mengandung unsur hara makro dan mikro yang lengkap, membantu tanaman dalam fase pertumbuhan awal. Dosis yang dianjurkan adalah 5-10 gram pupuk Ultradap per liter air.

Jika penanaman tomat dilakukan pada musim hujan, disarankan untuk menambahkan pupuk kalsium dengan dosis 1 gram per liter air. Pupuk kalsium membantu menjaga tanaman dari serangan hama dan patogen yang umumnya lebih aktif pada musim hujan.

Sistem Pemupukan dengan Sistem Kocor

Pemupukan susulan pertama pada tanaman tomat dilakukan dengan menggunakan sistem kocor. Berikut langkah-langkah pemupukan menggunakan sistem kocor:

1. Campurkan Pupuk dengan Air

Campurkan pupuk NPK Phonska Plus, pupuk KNO3 Merah, dan pupuk Ultradap ke dalam air, lalu aduk hingga benar-benar larut. Pastikan takaran pupuk sesuai dengan dosis yang telah disarankan sebelumnya.

2. Buat Lubang Pemupukan

Sebelum larutan pupuk diaplikasikan, buatlah lubang menggunakan tugal di samping tanaman tomat dengan jarak 10-15 cm dan kedalaman 10-15 cm untuk memasukkan larutan pupuk.

3. Aplikasikan Pupuk

Aplikasikan larutan pupuk ke dalam lubang yang telah dibuat sebelumnya. Pastikan pemupukan dilakukan dengan hati-hati agar tidak sampai mengenai daun tanaman.

4. Tutup Kembali Lubang

Setelah larutan pupuk dimasukkan ke dalam lubang, tutup kembali lubang dengan tanah agar pupuk meresap ke dalam tanah dengan baik.

Rekomendasi Penggunaan Pupuk Berdasarkan Tahap Pertumbuhan Tanaman

1. Pemupukan di Fase Vegetatif

Pada fase pertumbuhan vegetatif, fokus pemupukan adalah untuk meningkatkan pertumbuhan daun dan akar. Penggunaan pupuk NPK Phonska Plus dan pupuk Ultradap pada dosis yang sesuai dapat membantu tanaman tumbuh dengan baik.

Baca Juga  Kapan Waktu Terbaik untuk Menyiram Sayuran? Ini Penjelasannya

2. Pemupukan di Fase Generatif

Pada fase generatif, tanaman membutuhkan dukungan nutrisi yang cukup untuk pembentukan bunga dan pembuahan. Penggunaan pupuk KNO3 Merah pada dosis yang tepat membantu meningkatkan produksi bunga pada tanaman tomat.

3. Pemupukan di Fase Pembesaran atau Pematangan Buah

Pada fase ini, tanaman sedang membesarkan buah dan memerlukan nutrisi tambahan untuk memastikan buah berkembang dengan baik. Menggunakan dosis yang tepat dari pupuk NPK Phonska Plus dan pupuk Ultradap akan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi pada fase ini.

Pentingnya Pemupukan Pada Tanaman Tomat yang Tepat

Pemupukan yang tepat pada tanaman tomat sangat penting untuk mencapai hasil panen yang optimal. Dengan memberikan nutrisi yang cukup dan seimbang, tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik, menghasilkan buah yang berkualitas, dan meningkatkan produktivitas pertanian secara keseluruhan. Namun, perlu diingat bahwa pemupukan yang berlebihan juga dapat berdampak buruk pada tanaman, sehingga diperlukan pemahaman yang baik mengenai dosis dan cara aplikasi pupuk yang benar.

Peran Pupuk dalam Meningkatkan Ketahanan Tanaman

Selain berperan dalam memberikan nutrisi, pupuk juga berperan dalam meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan hama dan patogen. Tanaman yang mendapatkan nutrisi yang cukup akan memiliki sistem pertahanan yang lebih kuat, sehingga lebih tahan terhadap gangguan hama dan patogen penyakit. Dengan begitu, tanaman tomat dapat tumbuh dengan lebih sehat dan produktif.

Penutup

Pemupukan pada tanaman tomat memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Dengan melakukan pemupukan dasar dan pemupukan susulan dengan tepat, tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang berkualitas. Pemilihan jenis pupuk dan dosisnya perlu diperhatikan agar sesuai dengan kebutuhan tanaman pada masing-masing fase pertumbuhan. Dengan demikian, pemupukan yang tepat akan memberikan dampak positif bagi hasil panen dan meningkatkan produktivitas pertanian secara keseluruhan.

Share :

Baca Juga

bagaimana cara menanam daun mint

Hortikultura

Bagaimana Cara Menanam Daun Mint?
pupuk organik

Hortikultura

Pupuk Organik Solusi Alami untuk Pertanian Berkelanjutan
tips memilih melon manis

Hortikultura

5 Cara Agar Buah Melon Manis
cara menanam bawang daun

Hortikultura

Cara Menanam Bawang Daun dari Awal Sampai Panen
mulsa plastik terbaik

Hortikultura

Jenis-Jenis Mulsa yang Sering Digunakan
Jenis kapur pertanian

Hortikultura

Jenis Kapur Pertanian untuk Memperbaiki pH Tanah
cabai panen

Hortikultura

Cara Panen Cabai dengan Tepat yang Perlu Diketahui
Melon Yubari King

Hortikultura

Kelezatan dan Keunikan Melon Yubari King, Buah Melon Termahal