Home / Hortikultura

Senin, 9 Oktober 2023 - 15:02 WIB

Tanaman yang Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tanaman lavender (pixabau)

Tanaman lavender (pixabau)

Tidur yang nyenyak dan berkualitas adalah elemen penting bagi kesehatan dan kesejahteraan kita. Namun, banyak orang mengalami kesulitan tidur yang baik karena berbagai alasan, seperti stres, kecemasan, atau gangguan tidur.

Salah satu solusi alami untuk meningkatkan kualitas tidur adalah dengan membawa tanaman hias ke dalam kamar tidur Anda. Berikut beberapa tanaman yang bisa membuat tidur lebih nyanyak.

1. Lavender (Lavandula angustifolia)

Lavender adalah salah satu tanaman yang paling terkenal untuk membantu tidur yang nyenyak. Aromanya yang harum memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Anda bisa meletakkan pot lavender di meja samping tempat tidur atau menggunakannya dalam bentuk minyak esensial untuk difuskan. Baunya yang lembut akan membantu Anda merasa lebih rileks dan siap untuk tidur.

2. Aloe Vera (Aloe barbadensis miller)

Aloe vera bukan hanya tanaman yang bagus untuk kulit dan rambut, tetapi juga dapat membantu membersihkan udara di dalam kamar tidur Anda. Selama proses fotosintesis, aloe vera mengeluarkan oksigen dan menyerap karbon dioksida, sehingga membantu meningkatkan kualitas udara. Udara yang lebih bersih dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan merasa lebih segar saat bangun.

Baca Juga  8 Varietas Cabai Rawit dengan Potensi Panen yang Melimpah

3. Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata)

Tanaman snake plant adalah pilihan bagus untuk mereka yang memiliki tangan ‘hitam’ atau tidak punya banyak waktu untuk merawat tanaman. Selain itu, snake plant juga membantu meningkatkan kualitas udara dengan menghilangkan beberapa polutan seperti formaldehida dan benzena. Udara yang lebih bersih dapat membuat tidur Anda lebih nyaman.

4. Valerian (Valeriana officinalis)

Valerian adalah tanaman herbal yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi masalah tidur. Ekstrak valerian dapat membantu meredakan kecemasan dan meningkatkan tidur yang nyenyak. Namun, sebelum menggunakan tanaman ini, konsultasikan dengan dokter Anda, terutama jika Anda sedang minum obat lain.

Baca Juga  Sejarah Hidroponik di Dunia yang Wajib Diketahui

5. Lemon Balm (Melissa officinalis)

Lemon balm adalah tanaman lain yang memiliki sifat menenangkan dan dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Anda bisa minum teh lemon balm sebelum tidur atau mencoba minyak esensialnya untuk menciptakan lingkungan yang santai di kamar tidur.

6. Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Spider plant adalah tanaman hias lain yang membantu membersihkan udara di dalam rumah Anda. Ini adalah salah satu tanaman yang paling efisien dalam menghilangkan formaldehida dan xylene dari udara. Udara yang lebih bersih dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak

Share :

Baca Juga

Cara Membuat bakteri fotosintesa PSB

Hortikultura

Cara Membuat Bakteri Fotosintesa (PSB) untuk Lingkungan Berkelanjutan
tanaman kencur

Hortikultura

Tanaman Kencur Sebagai Bumbu dan Pengobatan Tradisional
Pengendalian Tikus Sawah

Hortikultura

Sangat Efektif! Inilah Cara Pengendalian Tikus Sawah
Cara Menanam Semangka Varietas Amara

Hortikultura

Panduan Lengkap Cara Menanam Semangka Varietas Amara
Cara menanam rumput gajah

Hortikultura

Cara Menanam Rumput Gajah untuk Pakan Ternak
cara menanam wortel

Hortikultura

Cara Menanam Wortel dari Persiapan Lahan sampai Panen
Teknologi pertanian tepat guna

Hidroponik

Inilah Teknologi Pertanian Tepat Guna untuk Petani
cara menanam cabai jawa

Hortikultura

Cara Menanam Cabai Jawa Lengkap sampai Panen