Home / Hortikultura

Minggu, 18 Desember 2022 - 07:32 WIB

Begini Cara Menanam Mangga Di Pot Tanpa Repot

Tanaman mangga dalam pot (Shutterstock)

Tanaman mangga dalam pot (Shutterstock)

Cara menanam mangga di pot ternyata tidak sulit. Mangga menjadi salah satu buah bernilai jual tinggi dan banyak peminatnya. Hal itu membuat tanaman mangga banyak ditanam. Varietas mangga yang umum dibudidaya antara lain mangga harum manis, manalagi, mangga nan dork mai, dan lainnya.

Nah, bagi Anda yang tidak punya lahan luas untuk menanam mangga tidak perlu khawatir. Tabulampot atau tanam buah dalam pot yang sudah trend sejak 1979 merupakan alternatif bertanam di lahan sempit. Lantas, bagaimana cara budidaya mangga di dalam pot? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Pahami Syarat Tumbuhnya

Langkah awal yang perlu dilakukan sebelum menanam mangga di dalam pot yaitu mengetahui syarat tumbuh tanaman ini. Berikut beberapa syarat tumbuh tanaman mangga.

  • Ketinggian tempat yang ideal 0-400 mdpl.
  • Suhu yang ideal untuk tanaman mangga dalam pot berkisar 28-30°C.
  • Kelembapan udara rendah supaya terhindar penyakit jamur

2. Pemilihan Bibit

Anda harus cermat dalam memilih bibit mangga yang tepat dan berkuallitas. Pilih bibit yang memiliki ciri seperti; batang kokoh, percabangan kuat, berdaun hijau, kulit batang halus, dan bebas hama penyakit. Jenis bibit dapat berupa bibit hasil cangkokan, okulasi maupun dari biji induk. Namun, disarankan memilih bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif karena lebih cepat berbuah.

3. Tentukan Jenis dan Ukuran Pot

Pilih pot yang cukup ringan dan tidak mudah pecah. Jenis pot yang biasa dipakai yakni pot plastik, pot drum, dan pot kayu dengan diamater 50 cm atau lebih (sesuai ukuran bibit). Untuk menghindari lapuk atau karat maka lakukan pengecatan pada bagian luar pot. Beri lubang pada alas pot untuk drainase air.

Baca Juga  Cara Menanam Mangga Manalagi Mudah dan Cepat Berbuah

4. Siapkan Media Tanam

Gunakan media tanam tanah yang gembur seperti tanah kebun berhumus atau tanah liat. Campurkan dengan pupuk kompos atau pupuk kandang serta serbuk gergaji dengan perbandingan 2:1:1. Jika pemilihan media tanam kurang tepat dapat menghambat penyerapan unsur hara dan air.

budidaya mangga
Tanaman mangga yang dibudidayakan (PIXABAY/doungtepro)

5. Menanam bibit mangga

Cara menanam mangga di pot yaitu dengan memasukkan bibit mangga yang masih terbungkus polybag ke dalam pot berisi media tanam seperempat volume pot. Jarak minimum antara tinggi tanaman dengan permukaan bibir pot sekitar 5-10 cm.

Jika ketinggian batang mangga sudah di tengah dan tegak, maka keluarkan bibit dari polybag. Tambahkan media tanam hingga pot terisi penuh. Siram dengan air bersih hingga cukup lembap.

Letakkan tanaman mangga dalam pot di area yang teduh. Bibit akan muncul tunas baru setelah 3-5 minggu dan pada waktu itu pindahkan pot ke tempat terbuka untuk mendapat cahaya matahari.

6. Perawatan

Perawatan tanaman mangga dalam pot meliputi penyiraman, pemupukan susulan, dan pemangkasan. Lakukan penyiraman secara rutin karena tanaman mangga membutuhkan air yang cukup selama pertumbuhannya.

Pemupukan bisa menggunakan pupuk organik maupun anorganik seperti urea, ZA, SP-36, dan lain sebagainya sesuai anjuran dosis. Pemangkasan bertujuan untuk mempercepat pembentukan buah. Caranya dengan membuang cabang atau ranting yang rusak dan kurang sehat menggunakan gunting atau alat sejenisnya.

Baca Juga  8 Buah Mangga yang Rasanya Manis

7. Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama yang sering menyerang tanaman mangga yaitu lalat buah, mango hopper, dan penggerek. Pengendalian lalat buah dapat dengan membungkus buah mangga menggunakan kertas semen atau sejenisnya hingga siap panen. Cara lain yakni dengan penyemprotan insektisida dan pestisida lainnya.

Sementara itu, beberapa penyakit tanaman mangga yang umum menyerang antara lain penyakit karat daun dan penyakit scab. Lakukan pengendalian dengan penyemprotan fungisida dan mengeliminasi buah yang terjangkit.

8. Pemanenan mangga

Waktu pemanenan mangga beragam tergantung varietasnya. Sebaiknya panen saat sudah tua namun belum terlalu matang. Ciri-ciri tanaman mangga yang siap panen yakni jika kulit berwarna hijau olive atau kekuningan (varietas tertentu), buah masih agak keras tetapi tua, serta bahu buah lebih tinggi daripada titik temu tangkai dengan dasar buah.

Cara panen yang baik ialah memetik tangkai buah mangga dengan gunting potong sekitar 1-2 cm dari pangkal buah dan usahakan getah tidak mengenai kulit buah. Lakukan pada pagi atau sore hari supaya mengurangi kerusakan fisiologis pohon.

Itulah cara menanam mangga di pot tanpa repot yang bisa Anda praktekan sendiri di rumah.Budidaya mangga dalam pot memiliki banyak keuntungan yakni selain memiliki nilai hias juga mendatangkan untung asal perawatannya intensif.

Referensi

Ashari, S. 2017. Mangga (Dulu, Kini dan Esok). Malang: UB Press

Redaksi Agromedia. 2007. Menanam & Membuahkan Mangga Dalam Pot. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

Redaksi Agromedia. 2011. Bertanam Mangga Di Dalam Pot & Di Kebun. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

.

Share :

Baca Juga

Cara Menanam Melon Organik

Hortikultura

Ternyata Mudah! Seperti ini Cara Menanam Melon Organik
cara menanam tomat di polybag

Hortikultura

Cara Menanam Tomat dalam Polybag Supaya Untung Melimpah
cara menanam labu siam

Hortikultura

Cara Menanam Labu Siam Di Lahan, Mudah dan Menguntungkan
cara menanam kol

Hortikultura

Cara Menanam Kol untuk Meningkatkan Pendapatan
cabai layu

Hortikultura

Mengapa Cabai Layu? Penyebab dan Cara Mengatasinya
Cara Menanam Kentang Atlantik

Hortikultura

Seperti ini Cara Menanam Kentang Atlantik untuk Kebutuhan Industri
menanam pisang

Hortikultura

Teknik Menanam Pisang Cavendish yang Benar
budidaya bawang merah di lahan kering

Hortikultura

Budidaya Bawang Merah di Lahan Kering