Home / Hortikultura

Jumat, 27 Oktober 2023 - 08:15 WIB

Cara Menanam Cabai Jawa Lengkap sampai Panen

Tanaman cabai jawa (shutterstock)

Tanaman cabai jawa (shutterstock)

Cabai jawa atau cabai jamu merupakan salah satu jenis rempah yang masih berkerabat dekat dengan suku Piperaceae atau sirih-sirihan. Tanaman ini tumbuh merambat seperti tanaman sirih. Cara menanam cabai jamu tidak sulit, asalkan syarat tumbuhnya terpenuhi.

Biasanya, tanaman ini tumbuh di tanah yang tidak lembap dan berpasir pada ketinggian hingga 600 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini dapat tumbuh dengan maksimal pada tanah gembur dengan pH sekitar 5,5 sampai 6,5.

Persiapan tanam

Tanaman cabai jamu bisa diperbanyak secara generatif menggunakan biji atau vegetatif menggunakan stek tunas. Namun, pertani banyak memperbanyak cabai jamur dengan cara vegetatif.

Cara stek cabai jawa cukup ambil dua ruas batang tanaman cabai jawa yang produktivitasnya tinggi dan sudah memiliki 2 tunas akar di substrat tanaman inangnya. Pastikan ruas batang tersebut tidak terlalu tua dan cukup muda agar lebih cepat tumbuh.

Baca Juga  Kiat Sukses Budidaya Mangga di Kebun Menggunakan Biji

Kemudian, siram dengan air dan simpan di tempat sejuk semalaman. Keesokan harinya, tanam bibit stek dalam polybag berisi media semai.

Penanaman di lahan

Lahan yang akan digunakan untuk menanam cabai jawa perlu dibersihkan terlebih dahulu. Lahan tersebut sebaiknya memiliki pohon perlindung seperti pohon randu atau lamtoro agar bisa menjadi tiang panjatan.

Kemudian, buat lubang tanam di bawah pohon tersebut dengan ukuran 20 x 20 cm persegi. Selanjutnya, berikan pupuk kandang sebagai pupuk dasar.

Baca Juga  Cara Menghitung Kebutuhan Mulsa Per Hektare

Cara menanam cabai jawa cukup letakkan bibit yang sudah disemai dalam lubang tanam. Lalu, timbun akarnya dengan tanah dan lakukan penyiraman sampai tanahnya lembap.

Perawatan tanaman cabai jamu

Apabila ada bibit yang mati, maka sebaiknya ganti dengan bibit baru. Kemudian, lakukan juga pemupukan sebanyak 2 kali di awal dan akhir musim hujan. Selain itu, berikan juga pupuk kimia NPK saat tanaman berumur 3 bulan.

Pemanenan

Tanaman cabai jawa bisa mulai dipanen setelah warna buahnya kemerahan. Cukup petik buah cabai yang mulai masak dan letakkan dalam wadah bersih. 

Share :

Baca Juga

tanaman kencur

Hortikultura

Tanaman Kencur Sebagai Bumbu dan Pengobatan Tradisional
Cara Menanam Kentang Median

Hortikultura

Cara Menanam Kentang Median untuk kebutuhan Industri
Cara menanam rumput gajah

Hortikultura

Cara Menanam Rumput Gajah untuk Pakan Ternak
mulsa plastik terbaik

Hortikultura

Catat, Ini Cara Memasang Mulsa yang Benar
mulsa plastik terbaik

Hortikultura

Jenis-Jenis Mulsa yang Sering Digunakan
cara tanam bayam merah

Hortikultura

Cara Tanam Bayam Merah, Mudah dan Anti Gagal
cara menanam bawang putih

Hortikultura

Catat, Cara Menanam Bawang Putih yang Benar
Hama dan penyakit cabai

Hortikultura

Mengatasi Hama dan Penyakit Cabai yang Sering Menyerang