Home / Hortikultura

Minggu, 6 Agustus 2023 - 15:59 WIB

Cara Menanam Bawang Merah Tanpa Olah Tanah (TOT)

Menanam bawang merah  (Source/Dokumentasi Pribadi)

Menanam bawang merah (Source/Dokumentasi Pribadi)

Bercocok tanam adalah kegiatan yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia sejak zaman dahulu. Namun, masih banyak orang yang meragukan kemungkinan sukses dalam bercocok tanam bawang tanpa olah tanah (TOT) di lahan sawah. Pada pandangan awal, mungkin terdengar tidak mungkin, namun kenyataannya, metode ini telah terbukti memberikan hasil yang memuaskan tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk pengolahan tanah yang kompleks dan memakan waktu. Pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai cara menanam bawang merah tanpa olah tanah (TOT). Mari simak penjelasan berikut ini:

Keunggulan Metode Tanpa Olah Tanah (TOT)

Keunggulan cara menanam bawang merah tanpa olah tanah yang membuatnya menarik dan layak dipertimbangkan:

1. Pemilihan Bibit yang Tepat

Tahap awal dalam bercocok tanam bawang TOT adalah memilih bibit yang tepat. Pastikan bibit bawang (merah atau putih) telah memasuki masa dormansi selama 6-8 bulan. Ketika umbi dibelah, calon tunas harus berwarna kehijauan. Pilih bibit yang bebas dari hama atau penyakit, serta pastikan ukuran umbinya setara dengan ukuran ibu jari orang dewasa.

2. Persiapan Lahan yang Minimalis

Vital dalam metode TOT adalah persiapan lahan yang sederhana namun efektif. Kumpulkan sisa jerami yang akan digunakan sebagai mulsa setelah bibit bawang ditanam. Pastikan ada saluran pembuangan yang baik untuk mengalirkan kelebihan air saat pengairan atau penyiraman.

3. Teknik Penanaman yang Mudah

Proses penanaman dalam metode TOT sangatlah mudah dilakukan. Benamkan bibit bawang sekitar setengah dari panjang umbinya dengan jarak tanam 10 cm x 10 cm. Penanaman dilakukan secara berbaris dari arah timur ke barat. Setelah penanaman selesai, tutupi bibit dengan jerami sebagai mulsa untuk memacu pertumbuhan bawang, menghambat pertumbuhan gulma, dan menjaga kelembaban tanah.

Baca Juga  Catat, Ini Cara Memasang Mulsa yang Benar

Langkah-langkah Praktis dalam Bercocok Tanam Bawang Tanpa Olah Tanah (TOT)

Berikut adalah rincian langkah-langkah praktis cara menanam bawang merah tanpa olah tanah:

1. Pemeliharaan Tanaman

  • Pengairan: Lakukan pengairan saat tanah mulai mengering dengan interval 5-7 hari. Celupkan jerami atau mulsa dalam air sampai basah. Hal ini akan membantu menjaga kelembaban tanah.
  • Pemupukan: Pemupukan dasar dilakukan saat penanaman. Gunakan pupuk Urea 300 kg, SP.36 200 kg, dan KCl 300 kg per hektar. Pastikan tanah dalam kondisi lembab saat pemupukan.
  • Pembersihan Gulma: Karena bibit ditutupi dengan mulsa, pertumbuhan gulma akan terhambat. Lakukan pembersihan gulma secara berkala dengan mencabutnya.
  • Pengendalian Hama/Penyakit: Hama seperti ulat atau belalang, serta penyakit seperti penyakit layu, dapat diminimalisir melalui penerapan budidaya yang baik.

2. Proses Panen

Setelah tanaman menunjukkan tanda-tanda daun mulai menguning dan berumur 2,5-3 bulan dengan ukuran umbi yang memadai, tanaman siap untuk dipanen. Panen dilakukan dengan mencabut umbi satu per satu dan mengikatnya. Selanjutnya, umbi dijemur untuk dikeringkan, biasanya di tempat yang telah disiapkan khusus.

Keuntungan Cara Menanam Bawang Merah Tanpa Olah Tanah

Penerapan cara menanam bawang merah tanpa olah tanah di lahan sawah memiliki sejumlah keuntungan yang patut diperhatikan:

Baca Juga  Cara Menanam Bawang Merah di Rumah, Hanya 4 Langkah

1. Penghematan Biaya dan Waktu

Metode TOT memungkinkan Anda untuk menghemat biaya pengolahan tanah yang kompleks serta waktu yang dibutuhkan dalam proses persiapan lahan. Anda tidak perlu menggunakan alat-alat berat atau menghabiskan waktu berhari-hari untuk membajak tanah.

2. Praktis dan Mudah Dilakukan

Langkah-langkah sederhana dalam metode TOT membuatnya sangat praktis dan mudah dilakukan, bahkan bagi pemula sekalipun. Hal ini juga membuatnya menjadi alternatif yang menarik bagi petani dengan keterbatasan tenaga kerja.

3. Ramah Lingkungan

Dengan memanfaatkan jerami sebagai mulsa, metode TOT membantu mengurangi pertumbuhan gulma secara alami, sehingga penggunaan herbisida dapat diminimalisir. Selain itu, penggunaan alat berat untuk pengolahan tanah juga berkurang, memberikan dampak positif pada lingkungan.

4. Potensi Hasil yang Memuaskan

Meskipun terlihat sederhana, metode TOT telah terbukti mampu menghasilkan produksi bawang yang memuaskan. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan hasil panen dan kualitas umbi.

Kesimpulan Cara Menanam Bawang Merah Tanpa Olah Tanah

Cara menanam bawang merah tanpa olah tanah merupakan alternatif menarik bagi para petani di lahan sawah. Dengan langkah-langkah sederhana namun efektif, metode ini membuktikan bahwa hasil panen yang memuaskan dapat dicapai tanpa harus melibatkan pengolahan tanah yang rumit dan mahal. Nikmati hasil bercocok tanam yang sukses dan rasakan kepuasan menghasilkan bawang berkualitas dari lahan sawah Anda sendir

Share :

Baca Juga

cara menanam anggrek

Hortikultura

Cara Menanam Anggrek di Halaman Rumah
cara menanam kacang panjang

Hortikultura

Cara Menanam Kacang Panjang di Pekarangan Rumah
cara pemupukan tomat sistem kocor

Hortikultura

Cara Pemupukan Tomat Sistem Kocor agar Berbuah Maksimal
cara menanam bawang daun

Hortikultura

Cara Menanam Bawang Daun di Rumah, Mudah untuk Pemula
cara menanam belimbing

Hortikultura

Cara Menanam Belimbing di Halaman Rumah
hal yang harus dihindari saat menanam cabai

Hortikultura

10 Hal yang Harus Dihindari Saat Menanam Cabai
Varietas Cabai Rawit Unggul

Hortikultura

Varietas Cabai Rawit Unggul yang Menjadi Primadona
cara menanam kucai

Hortikultura

Cara Menanam Kucai, Mudah dan Cepat Panen