Home / Hortikultura

Rabu, 4 Oktober 2023 - 11:00 WIB

Cara Menanam Bawang Putih Tunggal Sampai Panen

cara menanam bawang putih tunggal (Source/Pixabay)

cara menanam bawang putih tunggal (Source/Pixabay)

Menanam bawang putih tunggal merupakan kegiatan yang menarik dan bermanfaat. Tanaman ini biasanya tumbuh subur di daerah pegunungan yang memiliki iklim sejuk, udara dingin, dan kondisi kering. Namun, bagi para petani dan hobiis pertanian di dataran rendah, menanam bawang putih tunggal juga bisa menjadi tantangan yang mengasyikkan. Artikel ini akan membahas secara rinci langkah-langkah penting dalam cara menanam bawang putih tunggal, mulai dari pemilihan bibit hingga proses panen.

Pemilihan Bibit yang Berkualitas

Langkah pertama yang kritis dalam menanam bawang putih tunggal adalah memilih bibit yang berkualitas. Tingkat pertumbuhan tanaman ini sangat dipengaruhi oleh kualitas bibitnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin, bibit yang digunakan harus benar-benar dalam kondisi yang sehat dan bebas dari hama. Bibit yang baik biasanya dapat diperoleh di balai pertanian atau tempat penjualan bibit terpercaya.

Persiapan Lahan yang Tepat

Setelah Anda memiliki bibit yang berkualitas, langkah berikutnya adalah persiapan lahan yang tepat. Proses ini dimulai dengan membajak dan mencangkul lahan dengan kedalaman sekitar 30-40 cm. Jangan lupa untuk membersihkan sampah, gulma, dan sisa-sisa tanaman lain yang ada di lahan tersebut. Struktur tanah yang gembur akan memudahkan akar bawang putih tunggal untuk tumbuh dengan baik. Setelah itu, Anda bisa menaburkan pupuk kandang sebanyak 10-15 ton per hektar untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Pembuatan Bedengan yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah membuat bedengan yang akan menjadi tempat tumbuhnya bawang putih tunggal. Bedengan biasanya memiliki lebar sekitar 60 cm, tinggi 30 cm, dan panjang yang disesuaikan dengan bentuk lahan. Pembuatan bedengan yang baik akan memberikan ruang yang cukup bagi tanaman untuk berkembang dengan optimal.

Cara Menanam Bawang Putih Tunggal yang Benar

Penanaman bibit bawang putih tunggal dilakukan dengan teknik khusus. Yang perlu diingat adalah bahwa tanaman ini berkembang biak melalui bagian umbinya. Sebelum ditanamkan, umbi-umbi tersebut perlu dikeringkan terlebih dahulu di ruangan yang sejuk. Ini akan membantu mengurangi kadar air dalam umbi dan memicu pertumbuhan tunasnya. Jarak penanaman yang ideal adalah sekitar 20 x 20 cm, yang berarti dalam setiap hektar lahan, Anda dapat menanam sekitar 200.000 bibit bawang putih tunggal.

Baca Juga  Cara Stek Anggur agar Cepat Tumbuh dan Berbuah Lebat

Perawatan Tanaman yang Tepat

Selama masa pertumbuhan tanaman, perawatan yang tepat sangat penting. Ini mencakup aspek-aspek seperti penyiraman, pemupukan, dan tindakan pencegahan terhadap hama dan penyakit.

Penyiraman yang Efisien

Penyiraman tanaman bawang putih tunggal perlu dilakukan dengan efisien. Selama masa awal pertumbuhan, penyiraman dapat dilakukan setiap hari. Namun, seiring dengan perkembangan tanaman, frekuensi penyiraman dapat dikurangi hingga menjadi sekali seminggu. Pada saat mendekati masa panen, penyiraman dapat dihentikan sepenuhnya, yaitu sekitar 3 bulan setelah penanaman.

Pemilihan Pupuk yang Tepat

Tanaman bawang putih tunggal membutuhkan pupuk yang mengandung sulfur tinggi untuk menjaga rasa dan aroma khasnya. Anda dapat memanfaatkan pupuk KCI sebagai sumber kalium dan pupuk ZA sebagai sumber nitrogen. Jika Anda menggunakan pupuk Urea, Anda bisa menyeimbangkan nutrisi yang didapatkan oleh bawang putih ini dengan menambahkan pupuk ZK.

Penyulaman dan Penjarangan

Meskipun sudah dirawat dengan baik, kadang-kadang ada beberapa tanaman bawang putih tunggal yang tidak tumbuh sempurna. Oleh karena itu, diperlukan adanya upaya penyulaman untuk menambal tanaman-tanaman yang telah mati. Proses ini biasanya dilakukan seminggu setelah penanaman bibit. Sedangkan penjarangan adalah upaya mengurangi jumlah tanaman di suatu lahan akibat populasinya terlalu padat.

Penyiangan yang Berkala

Penyiangan lahan bisa dilakukan sebanyak 2 kali per periode penanaman. Ini biasanya dilakukan 2-3 minggu setelah tanam dan 4-5 minggu setelah tanam. Proses ini dilaksanakan dengan membersihkan semua gulma yang tumbuh di lahan hingga tuntas. Namun, jika tanaman pengganggu masih tumbuh cukup rimbun, Anda tetap harus menyianginya sekali lagi.

Baca Juga  8 Varietas Cabai Rawit dengan Potensi Panen yang Melimpah

Pembubunan yang Diperlukan

Proses ini bertujuan memperbaiki bedengan sebagai tempat pertumbuhan tanaman budidaya. Pembubunan dilakukan terutama pada bagian tepi bedengan yang telah longsor akibat aliran air. Tanah yang dipakai untuk memperbaiki bedengan sebaiknya diambil dari parit yang terletak di pinggirannya sehingga Anda pun bisa sekalian menggali parit tersebut.

Proses Panen yang Memuaskan

Proses panen adalah tahap akhir dalam menanam bawang putih tunggal dan merupakan momen yang dinanti-nanti oleh para petani. Bawang putih tunggal biasanya dipanen setelah usianya menginjak 90-120 hari. Tanda-tanda bahwa tanaman sudah siap untuk dipanen adalah warna daun yang menguning dan tangkai daun yang terasa keras.

Teknik Panen yang Tepat

Penggunaan teknik panen yang benar sangat penting untuk menghindari kerusakan pada umbi bawang putih tunggal. Salah satu teknik yang umum digunakan adalah dengan mencabut tanaman secara langsung. Namun, jika tekstur media tanamnya terlalu keras, pemanenan harus dikerjakan dengan teknik pencungkilan agar tidak merusak umbi.

Proses Pengeringan yang Diperlukan

Hasil panen bawang putih tunggal kemudian diikat per 30 tangkai tanaman dan dijemur selama 1-2 minggu. Proses pengeringan ini penting untuk mengurangi kadar air dalam umbi sehingga memiliki daya simpan yang lebih lama.

Kesimpulan

Cara menanam bawang putih tunggal adalah kegiatan yang membutuhkan perhatian dan perawatan yang teliti. Dengan mengikuti langkah-langkah dalam panduan ini, Anda dapat berhasil menanam bawang putih tunggal yang berkualitas tinggi dan mendapatkan hasil panen yang memuaskan.

Share :

Baca Juga

Penyakit layu fusarium bawang merah

Hortikultura

Pengendalian Penyakit Layu Fusarium Bawang Merah
Cara Menanam Kentang Merah

Hortikultura

Memiliki Warna Unik, Berikut Cara Menanam Kentang Merah
Perbedaan Semangka Biji Dan Non Biji

Hortikultura

Perbedaan Semangka Biji dan Non Biji, Mana yang Lebih Unggul?
cara pemupukan tomat sistem kocor

Hortikultura

Cara Pemupukan pada Tanaman Tomat
apa saja jenis-jenis melon

Hortikultura

Apa Saja Jenis-jenis Melon? Ini Uraian Lengkapnya
Layu Fusarium pada Tanaman Cabai

Hortikultura

Layu Fusarium pada Tanaman Cabai Begini Cara Mengatasinya!
Manfaat buah bit

Hortikultura

Mengenal dan Mengetahuai Manfaat Buah Bit yang Beragam
Jambu Air dalam Pot

Hortikultura

Membudidayakan Jambu Air dalam Pot Supaya Cepat Berbuah