Home / Hortikultura

Selasa, 6 Desember 2022 - 16:13 WIB

Catat, Cara Menanam Bawang Putih yang Benar

Tanaman bawang putih (PIXABAY/manfredrichter)

Tanaman bawang putih (PIXABAY/manfredrichter)

Cara menanam bawang putih yang benar adalah sebuah kunci sukses dalam budidaya komoditas ini. Menanam dengan teknik yang tepat maka akan memberikan hasil yang memuaskan pula. Budidaya bawang putih tidak jauh berbeda dengan bawang merah.

Harga bawang putih sering kali mengalami kenaikan yang tak terduga. Cara untuk mengantisipasi hal tersebut salah satunya adalah dengan menanam bawang putih di rumah. Budidaya bawang putih di rumah akan mempermudah ketika Anda membutuhkan bawang putih namun stok persediaan bawang putih di rumah sedang menipis.

Berikut ini cara menanam bawang putih yang benar. Lakukan langkah-langkah di bawah ini, maka hasil yang akan Anda peroleh akan maksimal.

Mengenal Kegunaan Bawang putih

Bawang putih biasa digunakan oleh masyarakat sebagai bumbu dalam masakan. Rasa bawang putih yang gurih akan membuat cita rasa masakan semakin enak. Selain rasanya, bawang putih juga memberikan aroma yang akan menggugah selera makan.

Bawang putih juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Bawang putih memiliki kekuatan alami untuk membersihkan racun dan bakteri berbahaya di dalam perut. Sehingga saat Anda mengonsumsi bawang putih dalam keadaan perut kosong, maka sistem pencernaan akan menjadi sehat.

Bawang putih juga di kenal dapat menurunkan hipertensi. Ahli kesehatan mengatakan bahwa makan bawang putih sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi. Hal tersebut karena bawang putih dapat memperlancar sirkulasi darah.

Cara Menanam Bawang Putih yang Benar

cara menanam bawang putih
Umbi bawang putih (PIXABAY/Couleur)

Melihat banyaknya manfaat dari bawang putih, tak ada salahnya jika Anda mencoba menanam bawang putih sendiri di rumah. Adapun tata cara menanam bawang putih yang benar, seperti berikut.

Baca Juga  Simak, Langkah Mudah Cara Menanam Semangka Lengkap!

1. Memilih jenis bawang yang tepat

Jika kamu ingin membudidayakan bawang putih di rumah, pastikan Anda memilih dengan tepat. Terdapat dua jenis bawang, yaitu bawang putih softneck dan bawang putih hardneck. Bawang putih softneck lebih cocok untuk dikembangkan di daerah yang memiliki cuaca panas. Sedangkan bawang putih hardneck lebih cocok untuk cuaca dingin.

Pilihlah jenis bawang putih yang paling sesuai dengan kondisi lingkungan tempat tanaman tersebut akan dibudidayakan. Dengan demikian, tanaman akan tumbuh dengan baik.

2. Menyediakan tempat dan media tanam

Tempat budidaya bawang putih untuk di tanam di rumah bisa menggunakan pot, polybag, botol bekas atau yang lainnya. Media tanam yang dapat Anda gunakan yaitu tanah berkompos siap pakai. Campurkanlah dengan pasir dari kebun. Perbandingan campurannya 3 bagian tanah dan 1 bagian pasir. Persiapkan kedua hal tersebut sebelum melakukan penanam bawang putih.

3. Menanam bawang putih

Cara menanam bawang putih dimulai dengan memisahkan setiap umbi bawang merah dan tanam ke media tanam. Pastikan sisi bawang putih yang rata menghadap ke bawah dan sisi yang runcing menghadap ke atas. Tekan dalam-dalam, tetapi sisakan sekitar 2,5 cm ruang antara bagian atas siung dan permukaan tanah. Tempatkan pot di bawah sinar matahari langsung. 

4. Pemeliharaan bawang putih

Pemeliharana bawang putih diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Pemupukan merupakan salah satu pemeliharaan tanaman yang harus dilakukan. Pemupukan bertujuan untuk memacu pertumbuhan dan perkembangan tanaman supaya umbi yang dihasilkan banyak.

Pupuk yang dapat digunakan diantaranya adalah phonska, urea, SP35, dan ZA. Selain memberikan pupuk, pemeliharaan bawang putih lainnya, meliputi; pengairan, penyiangan, dan pengendalian hama dan penyakit. 

5. Panen dan pasca panen

Umur panen yang cukup untuk bawang putih adalah 100-120 hari sejak penanaman. Ciri-ciri bawang putih yang sudah siap di panen adalah daun hijau berubah menjadi kekuningan, batang bagian bawah mulai mengeras, dan umbi telah membesar. 

Setelah dipanen bawang putih perlu melewati proses pasca panen yang berguna untuk memperpanjang umur simpannya. Penanganan pasca panen bawang putih adalah menjemur bawang putih.

Nah, itu dia cara menanam bawang putih yang benar. Jangan ragu untuk mencoba menanam bawang putih di rumah. Selamat menanam.

Daftar pustaka

Meraup Untung Budidaya Tanaman Bawang Putih dan Bawang Merah. (2021). (n.p.): PENERBIT KBM INDONESIA.

Share :

Baca Juga

cara menanam buah bit

Hortikultura

Cara Menanam Buah Bit, Mudah untuk Pemula
budidaya mangga

Hortikultura

Kiat Sukses Budidaya Mangga di Kebun Menggunakan Biji
Cara menanam jamur kuping

Hortikultura

Dijelaskan Secara Lengkap Cara Menanam Jamur Kuping
Cara Menanam Melon Japanese Musk

Hortikultura

Cara Menanam Melon Japanese Musk yang Memiliki Harga Mahal
Jenis jamur konsumsi

Hortikultura

Jenis Jamur Konsumsi yang Aman dan Lezat
Cara menanam nanas madu pemalang

Hortikultura

Cara Menanam Nanas Madu Pemalang
cabai panen

Hortikultura

Tips agar Cabai yang Ditanam Rasanya Lebih Pedas
cara tanam bayam merah

Hortikultura

Cara Tanam Bayam Merah, Mudah dan Anti Gagal