Home / Hortikultura

Rabu, 9 November 2022 - 09:49 WIB

Cara Menanam Buah Bit, Mudah untuk Pemula

Ilustrasi tanaman bit (PIXABAY/villemononen)

Ilustrasi tanaman bit (PIXABAY/villemononen)

Cara menanam buah bit terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Buah bit merupakan salah satu tanaman semusim yang berbentuk rumput, akar tanaman bit merupakan akar tunggang yang kemudian tumbuh menjadi buah atau umbi.

Umbi inilah yang biasanya disebut dengan bit. Umbi bit mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat, seperti serat, folat, vitamin C, dan beberapa mineral penting lainnya.

Apakah Anda sedang berencana menanam buah bit? Jika iya, berikut tata cara menanam buah bit untuk pemula, mudah, dan dijamin hasil berlimpah.

Apa Itu Buah Bit?

cara menanam buah bit
Buah bit (PIXABAY/PhotoMIX-Company)

Buah bit adalah salah satu tanaman hortikultura serbaguna yang menarik untuk ditanam di rumah. Semua bagian tanaman ini, mulai dari daun hingga akar, lezat dikonsumsi dan kaya akan manfaat.

Beet root atau buah bit adalah sayuran akar yang bentuknya mirip seperti umbi. Bagian atasnya terdapat daun menyempul yang dapat dilihat dari atas tanah. Sekilas bentuk bit mirip seperti lobak tapi keduanya merupakan tanaman yang berbeda.

Buah bit terdiri atas dua jenis yaitu bit putih dan bit merah. Buah bit putih memiliki warna umbi yang cenderung merah keputih-putihan. Sedangkan bit merah mempunyai umbi yang berwarna merah pekat, rasa manis seperti gula, serta aroma bit seperti bau tanah.

Baca Juga  Panduan Lengkap Cara Menanam Kubis

Cara Menanam Buah Bit

Kebutuhan buah bit terus meningkat akibat pertumbuhan jumlah penduduk, dan juga akibat perubahan pola konsumsi masyarakat. Jika Anda merupakan salah satu konsumen buah bit, tak ada salahnya mencoba untuk menanam buah bit di rumah.

Cara menanam buah bit cukup mudah dan sederhana. Berikut langkah yang dapat Anda lakukan :

1. Mempersiapkan media tanam

Menyiapkan media tanam merupakan hal yang utama. Anda perlu menyiapkan  tanah dan juga pupuk organik (pupuk kompos atau kandang). Kemudian campurkan keduanya dan diamkan selama beberapa hari sebelum digunakan untuk menanam bibit buah bit.

2. Pembibitan

Karena Buah bit atau tanaman bit di Indonesia susah berbunga, maka cara memperoleh bibit harus membelinya di Luar negeri.

Biji atau benih buah atau tanaman bit bisa di tanam langsung pada lahan tanam, bisa juga dengan cara stek atau penyambungan. Namun, sebaiknyabenih buah bit disemai pada tempat penyemaian.

3. Penanaman buah bit

Setelah proses pembibitan, benih akan tumbuh menjadi bibit dan memiliki akar serta daun. Memindahkan benih buah bit ke tempat yang sudah tersedia dan berisi media tanam. Lakukan pemindahan dengan hati-hati karena akar pada tanaman buah bit yang akan menghasilkan bakal buah.

Baca Juga  Cara Menanam Tomat di Polybag, Anti Gagal dan Hasil Melimpah
cara menanam buah bit
Ilustrasi buah bit merah (PIXABAY/Alexey_Hulsov)

4. Pemeliharaan buah bit

Di awal penanaman, lakukan penyiraman tanaman buah bit setiap hari yaitu pagi dan sore dengan gembor yang lubangnya halus agar tidak merusak tanaman. Kemudian setelah 3-4 minggu lakukan penjarangan yaitu mencabut tanaman yang tumbuhnya tidak maksimal. Setelah mencabutnya, tanami dengan tanaman baru atau menyulamnya.

Saat usia tanaman 4-5 bulan, akan banyak rumput yang tumbuh. Perawatan tanaman buah bit cukup dengan mencabut rumput yang tumbuh di sekitar tanaman. Selain mencabut rumput liar, pemupukan juga perlu agar tanaman dapat tumbuh maksimal.

5. Pemanenan buah bit

Buah bit dipanen pada umur 2-3 bulan setelah di tanam. Memanen bit yaitu dengan cara mencabut umbi secara hati-hati agar tidak merusak umbi.

Itulah cara menanam buah bit untuk pemula, mudah, dan hasilnya melimpah. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi Anda yang akan memulai menanam buah bit. Selamat menanam!

Daftar Pustaka

MENGENAL SI CANTIK BIT DAN MANFAATNYA. (2021). (n.p.): Ahlimedia Book.

Share :

Baca Juga

Perangkap Lalat Buah

Hidroponik

Membuat Perangkap Lalat Buah Mudah, Murah dan Efektif
Layu Fusarium pada Tanaman Cabai

Hortikultura

Layu Fusarium pada Tanaman Cabai Begini Cara Mengatasinya!
Cara menanam jamur kuping

Hortikultura

Dijelaskan Secara Lengkap Cara Menanam Jamur Kuping
Pengendalian Tikus Sawah

Hortikultura

Sangat Efektif! Inilah Cara Pengendalian Tikus Sawah
cara menanam kucai

Hortikultura

Cara Menanam Kucai, Mudah dan Cepat Panen
tips memilih kapur dolomit berkualitas

Hortikultura

Dosis Pemberian Kapur Dolomit yang Tepat
Cara menanam jamur enoki

Hortikultura

Ternyata Seperti ini Cara Menanam Jamur Enoki
tips memilih melon manis

Hortikultura

Tips Memilih Melon Manis yang Segar dan Lezat