Home / Hortikultura

Minggu, 20 November 2022 - 10:06 WIB

Praktis! Cara Menanam Cabai Merah Di Pot

Ilustrasi menanam cabai merah di rumah (Pixabay/JillWellington)

Ilustrasi menanam cabai merah di rumah (Pixabay/JillWellington)

Cara menanam cabai merah di pot ternyata sangat mudah. Kegiatan ini bisa menjadi solusi saat harga cabai sedang meroket. Dengan menanam cabai sendiri, maka Anda tak perlu membeli cabai di pasar. Bahkan, jika dilakukan dengan optimal, maka budidaya cabai bisa menjadi prospek yang menjanjikan.

Cabai merah tumbuh dengan baik di tanah kaya humus, subur, tidak tergenang air, dan meiliki pH ideal 5-6. Kelebihan menanam cabai merah di pot yaitu tidak memerlukan lahan luas, pot bisa ditaruh di teras atau halaman rumah, perawatan dan pemantauan lebih mudah, dapat bernilai seni sebagai tanaman penghias rumah apabila ditata sedemikian rupa.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar tata cara menanam cabai di pot atau polybag. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara menanam cabai merah di pot

1. Persiapan media tanam

Siapkan pot berukuran sedang atau besar, minimal diameter 10 cm. Jika ingin menjadikan tanaman cabai sebagai hiasan, pilih pot yang bagus dan menarik. Isi dasar pot dengan kerikil, pecahan genting, atau pecahan bata merah. Atur ketebalan sekitar 2-5 cm jika menggunakan pot besar. Kemudian, isi dengan tanah dan pupuk kendang perbandingan 1:1.

2. Persiapan benih cabai merah

Benih dapat diperoleh dari cabai merah di dapur atau tanaman cabai. Pilih cabai merah yang masih segar, sudah matang, tidak ada tanda terserang penyakit, dan bentuknya tidak cacat. Iris cabai bentuk memanjang lalu keluarkan bijinya secara hati-hati. Cuci bersih biji kemudian keringkan dengan cara dianginkan atau dijemur.

cara menanam cabai merah
Ilustrasi menanam cabai merah (Pixabay)

Seleksi biji cabai merah dengan memilih biji yang bentuk dan ukurannya seragam, permukaan kulit bersih dan tidak keriput, warnanya cerah dan bentuknya tidak cacat. Selain itu, Anda juga dapat membeli benih siap pakai di toko pertanian.

Baca Juga  Mengapa Cabai Layu? Penyebab dan Cara Mengatasinya

3. Penyiraman

Penyiraman air dilakukan setiap 2-3 hari sekali, tergantung dari kondisi kelembaban tanaman. Apabila cuaca panas maka diperbanyak frekuensi penyiraman supaya tanaman cabai merah tidak layu.

4. Pemupukan lanjutan

Setelah tanaman berumur satu bulan, beri pupuk 10 gram TSP, 7 gram ZK atau KCl. Pada minggu ke-6 beri pupuk 7 gram urea.  Pada minggu ke-8 atau minggu ke-10 pupuklah dengan campuran urea, ZK atau KCl, dan TSP perbandingan 1:1:1 dengan dosis 7 gram per tanaman. Cara pemberian pupuk dengan dibenamkan ke media tanam di pinggiran atau dinding pot bagian dalam.

5. Perawatan

Lakukan pemangkasan cabang dan tunas di keiak daun hingga tumbuh bunga dan mekar. Hal ini bertujuan untuk pembentukan tanaman sehingga pertumbuhan dan produksi tanaman cabai merah maksimal.

Baca Juga  8 Varietas Cabai Rawit dengan Potensi Panen yang Melimpah

6. Pemberantasan hama dan penyakit

Jika tanaman terserang hama dan penyakit masih dalam batas ambang toleransi maka cukup berantas secara mekanis atau dengan pestisida alami. Namun, jika sudah parah dapat menggunakan insektisida, pestisida, atau herbisida kimia.

7. Pemanenan

Cabai merah dapat dipanen ketika sudah berumur 2-3 bulan pasca tanam. Saat panen, jangan merusak ranting tanaman cabai yang masih muda, usahakan tangkai buah tidak tertinggal di cabang tanaman karena dapat mengundang pathogen penyakit.

Itulah step by step cara menanam cabai merah di pot. Bagaimana, praktis bukan? Kegiatan bercocok tanam cabai merah di pot dapat menjadi hobi yang menguntungkan. Tidak menutup kemungkinan, hasil panen cabai merah melimpah sehingga dapat menjadi bisnis yang menguntungkan.

Referensi

Abidin, Z., Jafar, M. I., Syamsir, Sudiarta, I Made. 2021. Hilirisasi Produk Pertanian Budidaya Cabai. Pekalongan: PT Nasya Expading Management.

Cybext Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Mulyani, Sri. 2021. Praktis dan Mudah Menanam Cabai Merah di Rumah. Jakarta: Penerbit Bhuana Ilmu Populer.

Redaksi Trubus. 2010. Bertanam Cabai dalam Pot (Ed. Revisi). Jakarta: Penebar SwadayaMulyani, Sri. 2021. Praktis dan Mudah Menanam Cabai Merah di Rumah. Jakarta: Penerbit Bhuana Ilmu Populer.

Setiadi. 2011. Bertanam Cabai di Lahan Pot. Jakarta: Penebar Swadaya.

Share :

Baca Juga

Jamur Jakaba

Hortikultura

Pemanfaatan Limbah Cucian Beras untuk Membuat Jamur Jakaba
Cara Menanam Kacang Polong

Hortikultura

Memilik Rasa yang Enak Begini Cara Menanam Kacang Polong
cara pemupukan bawang merah

Hortikultura

Cara Pemupukan Bawang Merah dengan Benar
hal yang harus dihindari saat menanam cabai

Hortikultura

10 Hal yang Harus Dihindari Saat Menanam Cabai
cara menanam kangkung darat organik

Hortikultura

Cara Menanam Kangkung Darat Organik Lengkap Sampai Panen
Tanam Benih Langsung

Hortikultura

Tanpa Olah Tanah! Metode Tanam Benih Langsung
cara menanam strawberry

Hortikultura

Cara Menanam Strawberry, Bisa Dilakukan di Rumah
budidaya bawang merah di lahan kering

Hortikultura

Budidaya Bawang Merah di Lahan Kering