Home / Hortikultura

Minggu, 10 September 2023 - 00:03 WIB

Mengenal dan Mengetahuai Manfaat Buah Bit yang Beragam

Buah bit (Pixabay)

Buah bit (Pixabay)

Buah bit, yang seringkali hanya dikonsumsi akarnya saja, ternyata memiliki sejarah panjang dalam penggunaannya sebagai sumber nutrisi dan obat-obatan. Selain sebagai makanan yang lezat, buah bit juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Artikel ini akan mengulas secara mendalam tentang buah bit, dari sejarahnya hingga manfaat buah bit yang mengagumkan.

Sejarah Buah Bit

Buah bit memiliki sejarah yang kaya. Asal-usulnya dapat ditelusuri hingga ribuan tahun yang lalu, ketika buah ini pertama kali dikonsumsi oleh masyarakat di Afrika. Akar buah bit yang manis menjadi favorit, dan kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Eropa. Orang-orang di seluruh dunia mulai membudidayakan dan mengonsumsi buah bit ini.

Dalam perkembangannya, buah bit digunakan dalam berbagai konteks. Dari abad ke-16 hingga abad ke-19, buah bit digunakan sebagai bahan pewarna makanan alami. Jus daging buah bit digunakan untuk memberikan warna pada makanan, sementara kandungan gulanya digunakan sebagai pemanis alami. Bahkan, di sekitar abad ke-19, buah bit mulai digunakan sebagai salah satu bahan untuk mengekstraksi gula dari tebu.

Selain akarnya yang manis, buah bit ini memiliki bentuk dan warna yang unik. Buah bit atau buah bit merah sering dianggap sebagai tanaman umbi dengan bentuk menyerupai kentang. Namun, manfaatnya tidak hanya terbatas pada akar dan tangkainya, tetapi juga terletak pada daging buah dan daunnya.

Kandungan Gizi Buah Bit

Buah bit kaya akan nutrisi yang penting bagi tubuh kita. Di dalam buah bit, Anda akan menemukan berbagai zat bergizi, termasuk:

  1. Asam Folat: Membantu dalam pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan sel.
  2. Kalium: Penting untuk menjaga tekanan darah yang sehat dan fungsi otot yang baik.
  3. Serat: Membantu pencernaan yang sehat dan mencegah sembelit.
  4. Vitamin C: Berperan dalam sistem kekebalan tubuh dan pertumbuhan jaringan.
  5. Magnesium: Penting untuk kesehatan tulang dan otot.
  6. Zat Besi: Diperlukan untuk transportasi oksigen dalam darah.
  7. Fosfor: Mendukung kesehatan tulang dan gigi.
  8. Triptofan: Membantu dalam pembentukan protein.
  9. Caumarin: Berperan sebagai antikoagulan, mencegah pembekuan darah yang berlebihan.
  10. Betasianin: Pigmen yang memberikan warna merah pada buah bit.
Baca Juga  Ketahui Cara Menanam Bawang Putih di Rumah

Semua nutrisi ini menjadikan buah bit makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Meskipun buah bit mengandung karbohidrat, lemak, kalori, dan protein dalam jumlah rendah, hal ini menjadikannya makanan yang sangat cocok untuk mereka yang menjalani program diet atau ingin menjaga berat badan.

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

1. Kaya Antioksidan

Buah bit mengandung banyak antioksidan, seperti betasianin dan betasantin, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini mencegah stres oksidatif dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit serius seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

2. Detoksifikasi Alami

Tubuh manusia memiliki kemampuan alami untuk mengeluarkan racun, terutama melalui ginjal, hati, paru-paru, dan kulit. Buah bit, khususnya jusnya, telah terbukti membantu meningkatkan fungsi ginjal dan hati dalam mengeluarkan racun. Penelitian di Polandia menunjukkan bahwa konsumsi rutin buah bit dapat membantu tubuh membuang racun dengan lebih efisien.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Buah bit mengandung nitrat, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Nitrat ini dapat merelaksasi pembuluh darah dan memperlebarnya, sehingga mengurangi tekanan darah. Studi yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan Peninsula Medical School menunjukkan bahwa minum jus buah bit secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

4. Meningkatkan Stamina

Jika Anda adalah atlet atau ingin meningkatkan stamina tubuh Anda, buah bit dapat menjadi teman yang baik. Studi dari Universitas Exeter di Inggris menemukan bahwa minum jus buah bit dapat meningkatkan daya tahan tubuh hingga 16%. Ini karena nitrat dalam buah bit dapat mengurangi pembakaran oksigen selama olahraga, sehingga Anda merasa lebih kuat dan tidak cepat lelah.

5. Mencegah Anemia

Buah bit sering kali dikaitkan dengan warna darah, dan bukan tanpa alasan. Kandungan zat besi yang tinggi dalam buah bit membantu dalam mengatasi masalah anemia. Zat besi ini membantu dalam regenerasi sel darah merah dan meningkatkan pasokan oksigen ke sel-sel darah merah.

Baca Juga  Manfaat Bayam Duri Tanaman Ajaib dengan Khasiat Luar Biasa

6. Melancarkan Pencernaan

Buah bit mengandung serat yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu makanan bergerak melalui usus dengan lancar dan mencegah sembelit. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa asupan serat dari buah bit dapat melindungi usus dari infeksi, mencegah wasir, dan mengurangi gejala GERD atau asam lambung.

7. Cocok untuk Diet

Buah bit adalah makanan rendah kalori dan tinggi serat. Setiap cangkir buah bit hanya mengandung sekitar 59 kalori dan 3,8gram serat. Ini menjadikannya pilihan makanan yang bagus bagi mereka yang ingin menjalani program diet atau menjaga berat badan. Serat dalam buah bit juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit.

8. Pewarna Makanan Alami

Kandungan betanin dalam buah bit telah lama digunakan sebagai pewarna makanan alami. Pewarna alami ini sering digunakan dalam pembuatan es krim, kue, kue kering, dan jelly.

9. Pewarna Rambut Alami

Jika Anda ingin mewarnai rambut Anda secara alami, campurkan jus akar buah bit merah dengan bubuk henna. Hasilnya adalah rambut yang hitam dengan sentuhan burgundy yang alami dan sehat.

Cara Menikmati Buah Bit

Ada banyak cara untuk menikmati manfaat buah bit. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus, menyajikannya sebagai salad, merebusnya, atau mengolahnya menjadi hidangan yang lebih rumit. Apapun pilihan Anda, pastikan untuk mencoba buah bit dalam makanan sehari-hari Anda.

Kesimpulan

Buah bit adalah salah satu makanan yang penuh dengan manfaat kesehatan dan kecantikan. Kaya akan antioksidan, nutrisi, dan serat. Manfaat buah bit dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit serius dan meningkatkan kualitas hidup Anda. Selain itu, daun buah bit juga memiliki manfaat luar biasa. Mulailah menambahkan buah bit ke dalam diet Anda dan nikmati manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan Anda

Share :

Baca Juga

Cara menanam jamur enoki

Hortikultura

Ternyata Seperti ini Cara Menanam Jamur Enoki
Cara Menanam Semangka Varietas Amara

Hortikultura

Panduan Lengkap Cara Menanam Semangka Varietas Amara
Penyemaian benih

Hortikultura

Cara Penyemaian Benih dari Awal Sampai Siap Tanam
tips memilih kapur dolomit berkualitas

Hortikultura

Dosis Pemberian Kapur Dolomit yang Tepat
cara menanam jamur enoki

Hortikultura

Cara Menanam Jamur Enoki: Panduan Lengkap untuk Pemula
Bahan Penyusun Plastik UV

Hidroponik

7 Bahan Penyusun Plastik UV Terbaik untuk Greenhouse
Cara menanam nanas madu pemalang

Hortikultura

Cara Menanam Nanas Madu Pemalang
Cara Menanam Kacang Polong

Hortikultura

Memilik Rasa yang Enak Begini Cara Menanam Kacang Polong