Home / Produk Pertanian

Senin, 24 Juli 2023 - 23:51 WIB

5 Mulsa Plastik Terbaik yang Bisa Dimiliki, Apa Saja?

mulsa pada lahan budidaya (TANIUNTUNG.com)

mulsa pada lahan budidaya (TANIUNTUNG.com)

Mulsa plastik adalah bahan yang untuk menutup bedengan tanam. Manfaat mulsa plastik sangat beragam. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan rekomendasi merek mulsa plastik terbaik yang bisa menjadi pertimbangan. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Mulsa Plastik?

Mulsa plastik adalah salah satu jenis bahan untuk menutupi tanah di sekitar tanaman. Material ini biasanya terbuat dari plastik polietilen yang tahan terhadap degradasi. Aplikasi mulsa plastik dapat dengan cara menutupi seluruh permukaan tanah atau hanya pada bagian-bagian tertentu.

Manfaat Mulsa Plastik

1. Mengurangi Erosi Tanah

Salah satu manfaat utama penggunaan mulsa plastik adalah mencegah terjadinya erosi tanah. Tanah yang terbuka rentan terhadap pengikisan akibat hujan dan angin. Dengan menutupi tanah menggunakan mulsa plastik, tingkat erosi dapat berkurang secara signifikan, sehingga kualitas tanah tetap terjaga.

3. Mempertahankan Kelembaban Tanah

Mulsa plastik berfungsi sebagai lapisan penahan kelembaban tanah. Dengan menutupi tanah, penguapan air akibat sinar matahari dapat kurangi. Hal ini membantu menjaga kelembaban tanah pada tingkat yang optimal, terutama pada musim kemarau, sehingga tanaman tetap subur dan tidak mengalami kekeringan.

Baca Juga  Penggunaan Kapur Dolomit untuk Pertanian

4. Mengendalikan Pertumbuhan Gulma

Gulma merupakan masalah umum dalam budidaya pertanian. Pertumbuhan gulma yang tidak terkontrol dapat mengganggu pertumbuhan tanaman budidaya. Mulsa plastik membantu mencegah sinar matahari mencapai gulma dan dengan demikian menghambat pertumbuhannya. Hal ini mengurangi persaingan antara gulma dan tanaman utama.

5. Melindungi Tanaman dari Hama dan Penyakit

Mulsa plastik dapat berperan sebagai penghalang fisik bagi hama dan patogen tanah. Selain itu, penggunaan mulsa plastik juga mengurangi kontak langsung antara tanaman dan tanah, sehingga mengurangi risiko penyebaran penyakit dari tanah ke tanaman.

Rekomendasi Merek Mulsa Plastik Terbaik

Berikut ini adalah 10 merek plastik UV terbaik yang bisa menjadi pilihan untuk Anda:

1. Vatan

Merek vatal adalah salah satu produsen plastik UV terkemuka di Indonesia. Produk mereka memiliki kualitas yang sangat baik dalam menahan efek buruk sinar UV. Mulsa ini bisa menahan cuaca panas dan hujan. Warnanya putih pekat, elastis, kuat, dan antibakteri.

2. Toyotani

Mulsa Toyotani menjadi salah satu jenis mulsa plastik ternama di Indonesia. Mulsa ini memiliki ketebalan 200 micron. Kualitas mulsa ini sudah tidak perlu diragukan lagi dan harganya juga relatif terjangkau.

3. Juara

Merek Juara adalah salah satu merek plastik UV terbaik di Indonesia. Produk mereka sangat populer di kalangan petani. Mulsa ini bisa melindungi paparan sinar matahari langsung, menjaga kelembapan dan struktur tanah, dan menghambat pertumbuhan gulma. Warna mulsa ini ada dua yakni hitam dan perak.

4. Lotus

Mulsa plastik ini memiliki ketebalan 0,35 mm. Manfaatnya untuk melindungi dan menjaga kelembapan tanah. Selain itu, mulsa Lotus juga bisa menahan air hujan, menghambat pertumbuhan gulma, mengurangi serangan hama yang menempel di bawah daun, serta bisa meningkatkan hasil panen.

5. Hercules

Plastik mulsa Hercules memiliki beberapa keunggulan seperti terbuat dari plastik organik dan berkualitas. Mulsa ini berguna untuk memantulkan sinar matahari, sehingga penguapan bisa dan serangan hama tanaman bisa dicegah.

Share :

Baca Juga

Trichoderma

Produk Pertanian

Pengendalian Hama dan Penyakit Menggunakan Agensi Hayati
Tanaman Karet

Perkebunan

Tanaman Karet Sumber Utama Bahan Karet Alam Dunia
Varietas Semangka Unggul

Produk Pertanian

9 Rekomendasi Varietas Semangka Unggul yang Besar dan Manis
Benih Bawang merah True Shallot Seed (TSS)

Hortikultura

Penggunaan Benih Bawang Merah True Shallot Seed (TSS)
pupuk kimia terbaik

Produk Pertanian

Nutrisi Bawang Merah yang Tepat untuk Meningkatkan Hasil Panen
sprayer elektrik terbaik

Produk Pertanian

Tips Memilih Sprayer Elektrik Terbaik
sprayer elektrik tidak keluar air

Produk Pertanian

Penyebab dan Cara Mengatasi Sprayer Elektrik Tidak Keluar Air
Bahan Penyusun Plastik UV

Hidroponik

7 Bahan Penyusun Plastik UV Terbaik untuk Greenhouse