Home / Hortikultura

Selasa, 11 Juli 2023 - 22:30 WIB

5 Tanaman Pembersih Udara yang Membuat Ruangan Lebih Segar

Ilustrasi tanaman pembersih udara (Pexels)

Ilustrasi tanaman pembersih udara (Pexels)

Tanaman pembersih udara menjadi salah satu jenis tanaman hias yang dapat dibudidayakan di rumah. Bahkan, jenis tanaman ini bisa ditanam di dalam ruangan.

Dengan meletakkan tanaman ini di dalam ruangan, harapannya udara di ruangan tersebut menjadi lebih sehat. Pasalnya, kualitas udara ternyata sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh.

Dalam humifuri.com, menyebutkan bahwa kualitas udara yang buruk bisa menyebabkan dampak serius bagi kesehatan. Polusi udara bisa menyebabkan masalah pernapasan, alergi, hingga gangguan tidur.

Maka dari itu, tak ada salahnya untuk meletakkan tanaman pembersih udara di dalam ruangan. Lantas, apa saja jenis tanaman yang mampu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan? Simak penjelasannya berikut ini.

Tanaman Pembersih Udara di dalam Ruangan

Ada banyak pilihan tanaman hias yang mampu membersihkan udara dalam ruangan. Berikut beberapa rekomendasinya khusus untuk Anda.

1. Sirih gading

Sirih gading merupakan tanaman pembersih udara yang daunnya berwarna hijay dan kuning. Daun tanaman hias ini memiliki lapisan lilin sehingga terlihat berkulai.

Tanaman ini bisa tumbuh di dalam pot dengan media air. Tak hanya membersihkan udara, sirih gading juga cocok untuk mengisi dekorasi ruangan sehingga terlihat lebih indah dan asri.

2. Lidah mertua

Selain sirih gading, jenis tanaman lain yang bisa membantu membersihkan udara yaitu lidah mertua. Tanaman ini memiliki daun memanjang dengan bagian ujungnya runcing. Sama halnya dengan sirih daging, lidah mertua juga bisa tumbuh dalam pot dengan media air.

3. Aglonema

Di masa pandemi, aglonema sangatlah populer. Selain bentuk, warna, dan coraknya yang unik, tanaman hias ini juga memiliki manfaat untuk menyaring udara kotor. Selain itu, aglonema juga bisa membuat udara dalam rumah lebih sejuk.

4. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang sering menjadi bahan baku produk kecantikan. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kemampuan membersihkan udara.

Namun, tanaman ini lebih baik diletakkan di dekat jendela karena lidah buaya menyukai penyinaran matahari.

5. Gerbera daisy

Tanaman bunga ini memiliki warna yang cantik, sehingga bisa membuat ruangan lebih terlihat cantik. Selain bernilai seni tinggi, bunga ini juga mampu menyaring senyawa berbahaya yang ada di udara dan membuat udaranya segar. 

Share :

Baca Juga

Cara Menanam Semangka Varietas Amara

Hortikultura

Panduan Lengkap Cara Menanam Semangka Varietas Amara
cara menanam kucai

Hortikultura

Cara Menanam Kucai, Mudah dan Cepat Panen
budidaya jagung manis di lahan kering

Hortikultura

Panduan Lengkap Budidaya Jagung Manis di Lahan Kering
Jenis kapur pertanian

Hortikultura

Jenis Kapur Pertanian untuk Memperbaiki pH Tanah
cabai panen

Hortikultura

Tips agar Cabai yang Ditanam Rasanya Lebih Pedas
cabai panen

Hortikultura

Cara Panen Cabai dengan Tepat yang Perlu Diketahui
budidaya jahe emprit

Hortikultura

Budidaya Jahe Emprit, Mudah dan Menguntungkan
Cara menanam nanas

Hortikultura

Cara Menanam Nanas Subang Supaya Menjadi Besar