Home / Produk Pertanian

Senin, 17 Juli 2023 - 23:21 WIB

9 Rekomendasi Varietas Semangka Unggul yang Besar dan Manis

Varietas Semangka Unggul (Source/Facebook)

Varietas Semangka Unggul (Source/Facebook)

Dalam mencari varietas semangka yang ideal, konsumen memiliki preferensi terhadap rasa yang manis, kandungan air yang tinggi, serta tampilan yang menyegarkan. Di sisi lain, petani membutuhkan varietas yang disukai oleh konsumen dan juga tahan terhadap serangan penyakit, sehingga proses budidaya semangka dapat berjalan secara optimal. Berikut ini adalah beberapa varietas semangka unggul yang manis dan tahan penyakit yang dapat menjadi pilihan.

1. Campina

Salah satu varietas yang dapat dipertimbangkan adalah Campina. Varian ini telah dirilis pada tahun 2004 dan memiliki citarasa yang manis serta penampilan yang menarik. Buah semangka Campina memiliki bentuk bulat dan warna hijau yang segar, dengan daging buah yang merah ranum. Produktivitas Campina tergolong tinggi, mencapai 70 ton per hektare, dan ukuran buah yang dihasilkan cenderung seragam dengan bobot rata-rata sekitar 12 kg.

Selain memiliki rasa manis yang mencapai 12 briks, semangka Campina juga memiliki keunggulan dalam ketahanan terhadap penyakit hawar daun Bacterial blight dan Fusarium moniliforme. Varietas semangka unggul ini dikembangkan oleh PT Seminis dan dapat menjadi pilihan yang baik untuk petani yang ingin menghasilkan semangka dengan rasa manis dan tahan penyakit.

2. Gonzales F1

Gonzales F1 adalah salah satu varietas semangka unggul yang sangat populer di Indonesia. Buahnya memiliki ukuran yang besar dengan kulit yang tebal dan warna hijau tua. Dagingnya berwarna merah cerah, manis, dan memiliki tekstur yang renyah. Gonzales F1 memiliki biji yang sedikit, sehingga lebih disukai oleh banyak orang.

Varietas Gonzales F1 juga memiliki keistimewaan dalam pertanian. Tanaman ini memiliki daya tahan yang baik terhadap penyakit dan kondisi cuaca ekstrem. Selain itu, Gonzales F1 juga memiliki produktivitas yang tinggi, sehingga cocok untuk dijadikan pilihan bagi petani yang ingin meningkatkan hasil panen mereka.

3. Naza 367

Varietas lain yang bisa dipertimbangkan adalah Naza 367. Semangka Naza 367 merupakan varietas tanpa biji yang memiliki rasa manis dan segar. Kadar kemanisan Naza 367 mencapai 14–16 briks dengan bobot rata-rata 8–9 kg per buah. Kelebihan dari varietas semangka tanpa biji ini adalah tingkat penyerbukan dan pembuahan yang tinggi, sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal. Dengan menggunakan lahan seluas 1 hektare dan populasi 8.000 tanaman, petani bisa mendapatkan produksi sekitar 65 ton semangka Naza 367.

Baca Juga  Cara Merawat Semangka Varietas Gonzales

Tampilan dari semangka Naza 367 juga menarik, dengan kulit buah berwarna hijau gelap bergaris loreng, yang memberikan kesan kesegaran meskipun sudah lama dipetik. Selain itu, kulitnya juga keras dan tahan banting, sehingga dapat memudahkan dalam proses penanganan dan pengiriman.

4. Maduri F1

Maduri F1 adalah varietas semangka unggul lainnya yang banyak ditanam di Indonesia. Buahnya berukuran sedang hingga besar dengan kulit yang tipis dan berwarna hijau terang. Dagingnya berwarna merah, manis, dan memiliki aroma yang khas. Maduri F1 juga memiliki biji yang sedikit, sehingga memberikan kepuasan saat dikonsumsi.

Maduri F1 memiliki beberapa keistimewaan dalam pertanian. Tanaman ini tumbuh dengan baik dalam berbagai kondisi tanah dan iklim. Maduri F1 juga memiliki waktu panen yang relatif singkat, sehingga petani dapat memperoleh hasil lebih cepat. Keunggulan-keunggulan ini membuat Maduri F1 menjadi pilihan yang populer di kalangan petani semangka.

5. Sadewa

Jika Anda mencari varietas semangka dengan bobot yang lebih kecil namun tetap memiliki rasa manis yang baik, Sadewa bisa menjadi pilihan. Meskipun bobotnya hanya sekitar 7–8 kg, semangka Sadewa termasuk dalam grade A dengan kadar kemanisan mencapai 12 briks. Keunggulan lain dari varietas ini adalah kemampuannya untuk bertahan selama 20 hari setelah dipanen, sehingga memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan dan pemasaran.

6. TM Golden F1

TM Golden F1 adalah varietas semangka unggul dengan karakteristik yang menarik. Buahnya berukuran sedang hingga besar dengan kulit berwarna kuning kehijauan yang khas. Dagingnya berwarna merah, manis, dan memiliki tekstur yang lembut. TM Golden F1 juga memiliki biji yang sedikit, membuatnya semakin disukai.

TM Golden F1 memiliki keistimewaan dalam pertanian. Tanaman ini tahan terhadap penyakit dan memiliki daya adaptasi yang baik terhadap perubahan iklim. Selain itu, TM Golden F1 memiliki potensi hasil yang tinggi dan waktu panen yang stabil. Varietas ini cocok untuk petani yang mencari semangka unggul dengan kestabilan dan produktivitas yang tinggi.

7. Potenza

Selanjutnya, ada varietas semangka Potenza yang memiliki produktivitas tinggi. Dalam satu hektare lahan, petani dapat menghasilkan sekitar 85 ton buah dengan bobot rata-rata 12 kg. Keunggulan dari semangka Potenza adalah kemampuannya untuk tumbuh di lahan yang kurang subur, seperti tanah-tanah podsolik merah kuning di daratan Sumatera dan Kalimantan. Waktu produksi yang relatif singkat, yaitu hanya 55 hari, juga menjadi nilai tambah bagi petani yang menginginkan hasil yang cepat.

Baca Juga  Antracol adalah Fungisida Kontak, Ini Keunggulan dan Cara Pakainya

8. Amara F1

Amara F1 adalah varietas semangka unggul dengan karakteristik menarik. Buahnya berukuran sedang hingga besar dengan kulit berwarna hijau tua. Dagingnya berwarna merah, manis, dan memiliki tekstur yang renyah. Amara F1 juga memiliki biji yang sedikit, memberikan pengalaman makan yang lebih baik.

Amara F1 memiliki keistimewaan dalam pertanian. Tanaman ini tumbuh dengan baik dalam berbagai jenis tanah dan memiliki toleransi terhadap kondisi lingkungan yang berbeda. Amara F1 juga memiliki ketahanan yang baik terhadap penyakit dan hama. Varietas ini dapat memberikan hasil yang stabil dan berkualitas tinggi kepada para petani.

9. Amelia F1

Amelia F1 adalah varietas semangka unggul dengan karakteristik yang menonjol. Buahnya berukuran sedang dengan kulit berwarna hijau cerah. Dagingnya berwarna merah, manis, dan memiliki tekstur yang lembut. Amelia F1 juga memiliki biji yang sedikit, membuatnya semakin disukai oleh konsumen.

Amelia F1 juga memiliki keistimewaan dalam pertanian. Tanaman ini tumbuh dengan baik dalam berbagai jenis tanah dan memiliki daya adaptasi yang baik terhadap perubahan iklim. Amelia F1 memiliki produktivitas yang tinggi dan waktu panen yang relatif singkat. Hal ini menjadikannya pilihan yang menarik bagi petani yang mencari varietas semangka unggul yang dapat memberikan hasil yang maksimal.

Dalam memilih varietas semangka yang tepat, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan konsumen dan kemampuan tahan terhadap penyakit agar hasil budidaya semangka menjadi maksimal. Dengan memilih varietas yang manis dan tahan penyakit seperti Campina, Naza 367, Sadewa, Gonzales F1, Maduri F1, TM Golden F1, Amara F1, dan Amelia F1 atau Potenza, petani dapat meningkatkan peluang sukses dalam budidaya semangka dan memuaskan kebutuhan pasar yang semakin meningkat.

Share :

Baca Juga

mulsa plastik terbaik

Produk Pertanian

Rekomendasi Alat Penjepit Mulsa dan Cara Menggunakannya
mulsa plastik terbaik

Produk Pertanian

5 Mulsa Plastik Terbaik yang Bisa Dimiliki, Apa Saja?
manfaat ampas kopi untuk tanaman

Produk Pertanian

Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya
mulsa plastik terbaik

Produk Pertanian

8 Jenis Mulsa Plastik untuk Budidaya Tanaman
Tips Memilih Benih Terbaik

Produk Pertanian

Tips Memilih Benih Terbaik
cara menanam terong di pot

Produk Pertanian

10 Benih Terong Terbaik dengan Produktivitas Tinggi
perbedaan padi inbrida dan hibrida

Produk Pertanian

Inilah Perbedaan Padi Inbrida dan Hibrida
Florikultura sebagai penyerap polutan

Hortikultura

Cara Menanam Florikultura Sebagai Penyerap Polutan