Home / Hortikultura / Produk Pertanian

Senin, 31 Juli 2023 - 21:23 WIB

Penggunaan Benih Bawang Merah True Shallot Seed (TSS)

Benih Bawang merah True Shallot Seed (TSS) (Source/Dokumentasi Pribadi)

Benih Bawang merah True Shallot Seed (TSS) (Source/Dokumentasi Pribadi)

Pertanian menjadi salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Salah satu tanaman penting dalam budidaya pertanian adalah bawang merah. Namun, permasalahan perbenihan bawang merah sering kali menjadi hambatan dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen. Penggunaan umbi sebagai benih memiliki kelemahan, terutama karena umbi tidak tahan simpan, menyebabkan keterbatasan penyediaan benih setelah musim tanam off-season atau saat musim hujan. Dalam upaya mencari alternatif yang efektif, teknologi benih bawang merah True Shallot Seed (TSS) muncul sebagai opsi yang menjanjikan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Kelebihan Benih Bawang Merah True Shallot Seed (TSS)

Penggunaan True Shallot Seed (TSS) memiliki sejumlah kelebihan yang signifikan. Salah satu manfaatnya adalah dapat meningkatkan hasil umbi bawang merah hingga dua kali lipat dibandingkan dengan penggunaan benih umbi konvensional. Selain itu, TSS bebas dari penyakit dan virus yang seringkali menjadi masalah dalam budidaya pertanian. Keuntungan lainnya adalah kebutuhan benih TSS yang lebih sedikit dibandingkan benih umbi, sehingga memungkinkan pengangkutan yang lebih mudah dan mengurangi biaya produksi.

Manfaat Penggunaan Benih Bawang Merah True Shallot Seed (TSS)

Penggunaan TSS dalam produksi bawang merah membawa manfaat yang lebih luas. Salah satunya adalah daya simpan yang lebih lama dibandingkan umbi. Hal ini menjadikan TSS lebih tahan terhadap kondisi lingkungan yang berbeda, memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam penyimpanan dan penggunaannya. Keunggulan lainnya adalah kemudahan pengangkutan benih TSS, membuka peluang bagi petani untuk mengembangkan budidaya bawang merah di berbagai wilayah. Dengan menggunakan TSS, produksi dan kualitas umbi bawang merah dapat ditingkatkan secara signifikan.

Baca Juga  Cara Menanam Bawang Merah di Rumah, Hanya 4 Langkah

Pengembangan Teknik Produksi TSS di Dataran Tinggi

Pengembangan teknik produksi TSS lebih difokuskan pada agroekosistem lahan kering di dataran tinggi. Dataran tinggi dengan suhu antara 16-18°C menjadi lokasi yang sesuai untuk meningkatkan pembungaan bawang merah, yang merupakan langkah awal dalam produksi TSS yang optimal. Beberapa varietas bawang merah, seperti Bima Brebes, Katumi, Sembrani, dan Trisula, berpotensi sebagai sumber induk TSS. Oleh karena itu, pengembangan teknik produksi TSS di dataran tinggi dapat memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi benih TSS.

Tantangan Penggunaan TSS dalam Produksi Bawang Merah

Meskipun memiliki potensi yang menjanjikan, penggunaan TSS dalam produksi bawang merah juga dihadapkan pada sejumlah tantangan. Salah satunya adalah keterbatasan ketersediaan TSS yang masih terbatas. Diperlukan kerjasama dan koordinasi yang baik antara pemerintah, lembaga riset, dan para petani untuk meningkatkan produksi dan distribusi benih TSS secara luas. Selain itu, belum ditemukannya teknologi pembibitan dan pembudidayaan bawang merah dari TSS yang efisien menjadi hambatan dalam penggunaan TSS secara lebih luas.

Cara Budidaya Benih Bawang Merah True Shallot Seed (TSS)

Penggunaan bawang merah True Shallot Seed (TSS) dapat dilakukan melalui beberapa cara. Pertama, TSS dapat ditanam langsung di lapangan dengan menabur benih TSS di lokasi tanam yang telah disiapkan sebelumnya. Kedua, TSS juga dapat disemai terlebih dahulu untuk mendapatkan bibit sebelum ditanam di lahan utama. Metode ini memungkinkan penggunaan TSS yang lebih hemat, karena bibit yang dihasilkan lebih kuat dan lebih tegar. Ketiga, TSS juga dapat digunakan dalam pembuatan umbi mini (set), yaitu umbi bibit mini dengan berat kurang dari 3 gram yang berasal dari TSS. Pembuatan umbi mini ini memungkinkan masa pertumbuhan lebih pendek dan hasil yang lebih tinggi.

Baca Juga  Cara Menanam Bawang Merah Tanpa Olah Tanah (TOT)

Tahapan Produksi Benih TSS

Tahapan produksi benih TSS melibatkan serangkaian proses yang memerlukan perhatian dan ketelitian. Langkah awal adalah persiapan lahan dan penanaman benih TSS. Lahan harus dipersiapkan dengan baik dan diberi campuran dolomit dan kompos untuk memastikan kondisi tanah yang optimal. Selain itu, pupuk NPK juga diberikan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan tanaman. Perawatan tanaman melibatkan penyemprotan larutan GA3 setiap 15 hari sekali untuk mendorong pertumbuhan dan pembungaan yang baik.

Setelah masa pertumbuhan yang cukup, benih TSS siap untuk dipanen. Benih ini kemudian diproses dan disimpan dengan baik untuk menjaga kualitasnya. Proses produksi benih TSS berlangsung selama kurang lebih 6 bulan, dengan masa persiapan lahan selama satu bulan, fase penanaman benih TSS hingga panen selama 4 bulan, dan prosesing benih dalam satu bulan terakhir.

Penutup

Penggunaan benih bawang merah True Shallot Seed (TSS) menjanjikan peluang besar dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas umbi bawang merah di Indonesia. Dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki TSS, termasuk peningkatan hasil umbi dan daya simpan yang lebih lama, serta pengurangan ketergantungan pada benih umbi konvensional, penggunaan TSS sebagai benih bawang merah dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan mendukung kemandirian petani. Diperlukan kerjasama dari berbagai pihak dalam memperluas penggunaan TSS sebagai benih unggul guna menghadapi tantangan pertanian masa depan.

Share :

Baca Juga

budidaya bayam cabut

Hortikultura

Budidaya Bayam Cabut di Polybag, Mudah untuk Pemula
Menanam selada air

Hortikultura

Panduan Menanam Selada Air dengan Mudah
Jambu Air dalam Pot

Hortikultura

Membudidayakan Jambu Air dalam Pot Supaya Cepat Berbuah
Cara Merawat Semangka Gonzales

Hortikultura

Cara Merawat Semangka Varietas Gonzales
antracol

Produk Pertanian

Antracol adalah Fungisida Kontak, Ini Keunggulan dan Cara Pakainya
plastik uv terbaik

Produk Pertanian

6 Merek Plastik UV Terbaik di Indonesia
tanaman kencur

Hortikultura

Tanaman Kencur Sebagai Bumbu dan Pengobatan Tradisional
Jenis kapur pertanian

Hortikultura

Jenis Kapur Pertanian untuk Memperbaiki pH Tanah