Home / Urban Farming

Sabtu, 1 Oktober 2022 - 07:33 WIB

7 Media Tanam Hidroponik, Apa Saja?

Ilustrasi media tanam hidroponik (PIXABAY/iamareri)

Ilustrasi media tanam hidroponik (PIXABAY/iamareri)

Media tanam hidroponik adalah media tanam yang terbuat dari material atau bahan selain tanah yang digunakan sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya akar tanaman. Jika selama ini Anda berpikir bahwa media tanam itu berupa tanah saja, maka hal tersebut tersebut masih kurang tepat. 

Pasalnya, saat ini ada hidroponik yang tidak menggunakan media tanah. Lantas, apa saja media tanam yang digunakan untuk menanam tanaman hidroponik? 

Pada artikel ini akan dibahas mengenai jenis-jenis media untuk menanam tanaman hidroponik yang dapat digunakan sebagai media tanam dalam menanam tanaman dengan menggunakan sistem hidroponik.

Kriteria media tanaman hidroponik

Media tanam pada budidaya sistem hidroponik harus mempunyai kriteria khusus. Beberapa kriteria yang harus dimiliki agar tanaman hidroponik dapat tumbuh dengan baik, yaitu :

  1. Mampu menyimpan kandungan air.
  2. Memiliki struktur yang gembur.
  3. Memiliki kandungan garam yang rendah.
  4. Tidak mudah berubah bentuk.
  5. Tidak memiliki hama.
  6. Memiliki kandungan kapur atau kalsium.

Macam-macam media untuk hidroponik 

Sebelum menanam tanaman secara hidroponik, langkah awal yang perlu dilakukan yaitu menentukan media tumbuh hidroponik yang akan digunakan. Berikut ini beberapa media tanam yang bisa Anda pilih. 

media tanam hidroponik
Arang sekam sebagai media tanam hidroponik (PIXABAY/cepris)

1. Media arang sekam

Arang sekam bakar adalah media tanam yang mudah ditemui, ekonomis dan cukup populer digunakan oleh para petani hidroponik. Arang sekam termasuk media tanam organik sehingga ramah lingkungan, pH netral, memiliki daya ikat air yang cukup bagus serta aerasi yang baik, steril dari bakteri dan cendawan.

2. Media cocopeat

Media untuk pertumbuhan tanaman yang satu ini tergolong sebagai media tanam organik. Sabut kelapa yang pada umumnya dijumpai sebagai alat pencuci panci, dijadikan sapu, dan keset. Namun sekarang penggunaanya mulai berkembang menjadi media tanam hidroponik yang ditemukan pada tahun 80-an oleh Dutch Plantin.

3. Media batang dan akar pakis

Media tanam organik selain cocopeat dan arang sekam adalah batang dan akar pakis. Batang pakis secara umum terbagi dua yakni batang pakis warna hitam dan batang pakis warna coklat. 

Namun, yang sering digunakan yaitu batang pakis berwarna hitam. Seperti namanya, batang pakis berasal dari tanaman pakis yang sudah tua. Umumnya media tanam ini biasa digunakan untuk menanam tanaman anggrek.

4. Media kerikil

Kerikil adalah media tanam yang cukup baik dan biasanya ada di dalam pot atau vas bunga. Bentuknya yang kecil-kecil akan membuat ruang tamu menjadi unik dan segar, terutama jika menggunakan vas bunga yang transparan maka akan menambah keunikan dalam ruangan. 

spons sebagai media tanam hidroponik
spons sebagai media tanam hidroponik (PIXABAY)

5. Media Spons

Spons merupakan media tanam hidroponik yang banyak mempunyai pori yang cukup besar sebagai sarana mengalirkan air nutrisi ke akar tanaman. Media spon mempunyai bobot sangat ringan sehingga mudah untuk dipindahkan dan ditempatkan di mana saja.

6. Media gabus/styrofoam

Pada awalnya media tanam ini hanya digunakan sebagai aklimatisasi bagian tanaman sebelum ditanam di lahan luas. Saat ini di beberapa nursery menggunakan gabus sebagai salah satu campuran untuk meningkatkan porositas pada media tanam

7. Media Rockwool

Rockwool merupakan salah satu mineral fiber atau mineral wool yang sering digunakan sebagai media hidroponik. Rockwool berasal dari batu (umumnya batu kapur, basalt atau batubara), kaca, atau keramik yang dilelehkan dengan suhu tinggi kemudian ‘dipintal’ membentuk serat-serat mirip seperti membuat gula kapas arum manis.

Itu dia beberapa macam media tanaman hidroponik yang dapat digunakan sebagai media pengganti tanah.

Referensi

Susilawati. 2019 Dasar-dasar Bertanam Secara Hidroponik. Palembang. UNSRI Press.

Share :

Baca Juga

sejarah hidroponik di Indonesia

Urban Farming

Sejarah Hidroponik di Indonesia, Sudah Ada Sejak 1970an
cara menanam terong di pot

Urban Farming

Cara Menanam Terong di Pot, Mudah untuk Pemula
cara menanam cabai merah hidroponik

Urban Farming

Cara Menanam Cabai Merah Hidroponik, Bisa Pakai Botol Bekas
Cara Merawat Tanaman Hdroponik

Urban Farming

Cara Merawat Tanaman Hidroponik Mudah dan Efektif
tanaman hidroponik

Urban Farming

Tanaman Hidroponik yang Bisa Ditanam dengan Mudah
Cara Menanam Tomat Hidroponik

Urban Farming

Cara Menanam Tomat Hidroponik yang Menguntungkan
Hidroponik Sistem Wick

Urban Farming

Hidroponik Sistem Wick Sederhana dan Efektif
jenis-jenis tanaman hidroponik

Urban Farming

Jenis-Jenis Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomi Tinggi