Home / Urban Farming

Jumat, 26 Januari 2024 - 13:36 WIB

Cara Menanam Terong di Pot, Mudah untuk Pemula

Benih Terong Terbaik (Source/Dokumentasi Pribadi Siti Nur Aeni)

Benih Terong Terbaik (Source/Dokumentasi Pribadi Siti Nur Aeni)

Cara menanam terong di pot semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Terong adalah sayuran yang kaya nutrisi dan dapat tumbuh dengan baik dalam wadah terbatas seperti pot.

Sama halnya dengan sayuran lain, penanaman terong cukup mudah. Jika ingin menanam terong di rumah, berikut ini langkah untuk menanam terong di pot, khususnya bagi para pemula.

Pemilihan Pot yang Tepat

Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan pot yang tepat. Pastikan pot memiliki lubang drainase untuk mencegah genangan air yang dapat merusak akar tanaman. Pot yang cukup besar dengan kedalaman minimal 30 cm adalah pilihan yang baik untuk pertumbuhan terong yang optimal.

Pemilihan Varietas Terong

Ada berbagai varietas terong yang dapat ditanam, seperti terong ungu, terong panjang, atau terong bulat. Pilih varietas yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Pastikan untuk membaca informasi yang tertera pada kemasan benih terong untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang karakteristiknya.

Media Tanam yang Baik

Pilihlah media tanam yang kaya nutrisi dan memiliki struktur yang baik untuk pertumbuhan akar. Campuran potting soil yang tersedia di toko-toko pertanian dapat menjadi pilihan yang baik. Anda juga dapat menambahkan kompos atau pupuk organik untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Baca Juga  Tanaman Hidroponik yang Bisa Ditanam dengan Mudah

Cara Menanam Terong di Pot

Buat lubang di media tanam dengan kedalaman sekitar 1 cm, lalu tanam benih terong dengan jarak minimal 30 cm antar tanaman. Pastikan untuk menyiram tanah setelah menanam bibit. Penanaman sebaiknya dilakukan di tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh, minimal enam hingga delapan jam sehari.

Penyiraman yang Tepat

Terong menyukai tanah yang lembab, tetapi tidak tergenang air. Siram tanaman secara teratur, terutama pada pagi atau sore hari. Hindari penyiraman langsung ke daun tanaman, karena ini dapat menyebabkan penyakit jamur. Gunakan air pada suhu ruangan untuk menghindari stres termal pada tanaman.

Pemupukan Rutin

Pemupukan adalah kunci untuk pertumbuhan terong yang subur. Gunakan pupuk dengan kandungan nitrogen, fosfor, dan kalium yang seimbang. Pemupukan sebaiknya dilakukan setiap dua minggu sekali atau sesuai petunjuk kemasan pupuk yang Anda gunakan.

Perlindungan dari Hama dan Penyakit

Perhatikan tanaman secara rutin untuk mendeteksi adanya hama atau penyakit. Terong rentan terhadap serangan kutu daun, ulat, dan penyakit seperti busuk buah. Aplikasikan pestisida organik atau ramuan tradisional untuk mengatasi masalah ini tanpa merusak tanaman atau meninggalkan residu berbahaya.

Baca Juga  Cara Menanam Cabai Merah Hidroponik, Bisa Pakai Botol Bekas

Pasang Ajir untuk Tanaman

Beberapa varietas terong dapat membutuhkan dukungan karena berat buah yang cukup besar. Pasang ajir dari bilah bambu atau kawat penyangga sejak awal untuk menopang tanaman saat buah-buahnya mulai berkembang.

Panen dan Perawatan Lanjutan

Terong biasanya dapat dipanen setelah 60-80 hari penanaman. Panenlah terong ketika warnanya sudah cerah dan kulitnya kemerahan. Gunakan pisau tajam atau gunting taman untuk memotong tangkai tanaman tanpa merusak buah.

Setelah panen, tanaman tetap perlu perawatan. Bersihkan tanaman dari daun kering atau mati, dan lanjutkan pemupukan secara berkala. Jika musim hujan tiba, pertimbangkan untuk memindahkan pot ke tempat yang lebih hangat atau memasang mulsa untuk melindungi akar tanaman.

Kesimpulan

Cara menanam terong di pot tidak sulit, bahkan untuk pemula sekalipun. Menerapkan praktik budidaya dengan benar akan menghasilkan tanaman terong yang sehat dan berbuah banyak.

Share :

Baca Juga

Cara menanam pare secara hidroponik

Urban Farming

Mudah! Cara Menanam Pare Secara Hidroponik Sampai Panen
Cara Menanam Semangka Hidroponik

Urban Farming

Cara Menanam Semangka Hidroponik untuk Hasil Lebih Optimal
cara menanam caisim hidroponik

Urban Farming

Mudah, Ini Cara Menanam Caisim Hidroponik di Lahan
jenis melon hidroponik

Urban Farming

Jenis Melon Hidroponik yang Memiliki Sifat Unggul
Cara Menanam Tomat Hidroponik

Urban Farming

Cara Menanam Tomat Hidroponik yang Menguntungkan
Cara Merawat Tanaman Hdroponik

Urban Farming

Cara Merawat Tanaman Hidroponik Mudah dan Efektif
jenis-jenis tanaman hidroponik

Urban Farming

Jenis-Jenis Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomi Tinggi
sejarah hidroponik di Indonesia

Urban Farming

Sejarah Hidroponik di Indonesia, Sudah Ada Sejak 1970an