Home / Urban Farming

Kamis, 6 Oktober 2022 - 21:41 WIB

Jenis-Jenis Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomi Tinggi

Ilustrasi tanaman hidroponik (FREEPIK/
jcomp)

Ilustrasi tanaman hidroponik (FREEPIK/ jcomp)

TANIUNTUNG.com – Hidroponik adalah cara baru dalam budidaya tanaman yang banyak digemari oleh kaum milenial. Jenis-jenis tanaman hidroponik yang dapat dibudidayakan pun sangat beragam mulai dari sayur, buah, tanaman obat, tanaman bunga, dan lainnya. Tanaman yang dibudidayakan secara hidroponik umumnya memiliki masa panen yang tidak lama.

Jenis-jenis Tanaman Hidroponik

Jika Anda akan memulai budidaya tanaman secara hidroponik sebagai peluang bisnis yang cemerlang, maka perlu mengetahui jenis-jenis tanaman hidroponik yang bernilai ekonomi tinggi. Berikut ini beberapa jenis tanaman hidroponik yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

jenis-jenis tanaman hidroponik
Selada, salah satu contoh tanaman hidroponik (PIXABAY)

1. Selada 

Selada merupakan salah satu makanan sehat yang banyak digemari dan dicari oleh seseorang yang akan memulai pola hidup sehat. Sayuran ini biasanya diolah menjadi salad atau masakan lain rasanya enak. 

Oleh karena itu, selada tergolong jenis tanaman yang bernilai ekonomi tinggi. Selain untuk salad, selada juga memiliki masa panen singkat yakni sekitar 30-45 hari dari penanaman, sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan dengan sistem hidroponik.

2. Paprika

Jenis tanaman hidroponik bernilai ekonomi tinggi kedua yaitu paprika. Paprika merupakan salah satu jenis tanaman yang berkerabat dengan cabai. 

Sayuran ini menghasilkan rasa manis dan sedikit pedas sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan campuran makanan. Paprika berasal dari Amerika Selatan dan di Indonesia biasanya harga paprika cukup tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika paprika tergolong jenis tanaman hidroponik bernilai ekonomi tinggi.

3. Tomat

Selain kedua jenis tanaman di atas, tomat juga termasuk salah satu jenis tanaman hidroponik bernilai ekonomi tinggi. Tomat mengandung vitamin A dan C yang sangat baik bagi tubuh. Kebutuhan tomat di pasar cukup tinggi, maka dari itu banyak petani yang membudidayakan tomat baik itu secara konvensional maupun hidroponik

4. Melon

jenis-jenis tanaman hidroponik
tanaman melon (FREEPIK)

Siapa yang tak kenal dengan buah melon, salah satu buah yang kandungan airnya cukup tinggi dan memiliki rasa manis yang menggoda. Buah ini merupakan jenis tanaman hidroponik dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. 

Hal ini terbukti dari tingginya minat beli konsumen terhadap melon di pasaran. Varietas melon juga akan mempengaruhi harga jual di pasar, semakin bagus varietas melon, maka akan semakin tinggi harga jualnya.

5. Semangka 

Semangka  merupakan jenis buah yang dapat ditanam secara hidroponik selain melon. Rasa manis dan warna merah yang dari buah ini membuat banyak orang menggemarinya. 

Hal itu juga yang membuat semangka menjadi salah satu tanaman hidroponik yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Masa panen buah semangka juga relatif cepat yaitu 2-3 bulan sehingga cocok untuk ditanam secara hidroponik.

Nah, itu dia jenis-jenis tanaman hidroponik bernilai ekonomi tinggi. Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk memulai budidaya tanaman secara hidroponik.

Share :

Baca Juga

Cara menanam vertikultur

Urban Farming

Cara Menanam Vertikultur Solusi Lahan Sempit di Perkotaan
cara menanam terong di pot

Urban Farming

Cara Menanam Terong di Pot, Mudah untuk Pemula
cara menanam cabai merah hidroponik

Urban Farming

Cara Menanam Cabai Merah Hidroponik, Bisa Pakai Botol Bekas
Cara Menanam Semangka Hidroponik

Urban Farming

Cara Menanam Semangka Hidroponik untuk Hasil Lebih Optimal
Hidroponik Sistem Wick

Urban Farming

Hidroponik Sistem Wick Sederhana dan Efektif
jenis melon hidroponik

Urban Farming

Jenis Melon Hidroponik yang Memiliki Sifat Unggul
Cara Merawat Tanaman Hdroponik

Urban Farming

Cara Merawat Tanaman Hidroponik Mudah dan Efektif
cara menanam caisim hidroponik

Urban Farming

Mudah, Ini Cara Menanam Caisim Hidroponik di Lahan