Home / Hortikultura

Minggu, 3 September 2023 - 23:04 WIB

Apa Saja Jenis-jenis Melon? Ini Uraian Lengkapnya

ilustrasi buah melon yang rasanya manis (PIXABAY)

ilustrasi buah melon yang rasanya manis (PIXABAY)

Melon menjadi salah satu buah yang banyak disukai karena rasanya yang manis dan teksturnya renyah. Buah ini banyak diperjualbelikan di pasar tradisional maupun supermarket modern. Jenis melon yang dijual dipasaran, ternyata sangat beragam. Lantas, apa saja jenis-jenis melon? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Jenis-jenis melon yang rasanya manis

Mengutip dari buku Budi Daya Melon, berdasarkan rasanya buah melon terbagi menjadi buah melon manis dan tidak manis. Berikut beberapa jenis melon yang rasanya manis.

1. Winter melon

Varietas melon ini memiliki bentuk bulat telur dengan bobot antara 1,5 – 2,5 kg. Kulit buahnya bertekstur halus bergari atau belang dengan warna hijau atau kuning putih.

Tekstur daging buahnya keras dan warnanya putih atau hijau cerah. Contoh melon yang masuk dalam kelompok ini yaitu Casava dan Honey Dwe. Sementara itu, buah melon yang kulitnya halus dan tidak berjaring, namun masuk dalam kelompok ini yaitu Eagle.

Buah ini berdaging keras dan warnanya hijau pucat, namun kadar gulanya tinggi dan aromanya tidak terlalu tajam.

2. Musk melon

Buah melon ini juga memiliki bentuk bulat yang kulitnya kasar berwarna hijau kekuningan. Daging buahnya lembek berwarna jingga cerah. Contoh varietas ini yaitu kelompok Italo-American.

Sedangkan buah melon berwarna hijau kekuningan dan kulit halus yang masuk dalam kelompok ini yaitu Japanese atau Mediteranian-Galia yang daging buahnya lembek dan warnanya hijau cerah.

3. Cantaloupe melon

Jenis buah melon ini mempunyai bentuk agak lonjong dengan bobot sekitar 1,2 – 1,8 kg. Kulit buahnya bertekstur halus, namun berjaring dan warnanya hijau keputihan.

Sementara itu, daging buahnya jingga cerah. Contoh varietas cantaloupe melon yaitu French Charentais. Buah ini memiliki rasa manis dan beraroma tajam, namun tidak tahan disimpan dalam waktu lama.

4. Oriental sweet melon

Buah melon jenis ini mempunyai bentuk bulat telur dengan bobot antara 0,4 sampai 0,6 kg. Ukurannya lebih kecil dibandingkan jenis lain.

Kulit buahnya halus dan berwarna hijau pucat hingga kuning keputihan. Daging buahnya berwarna hijau cerah dan rasanya sangat manis, meskipun aromanya tidak tajam.

5. Chinese hami

Jenis melon ini memiliki bentuk bulat telur, namun lonjong memanjang dengan bibit 1,5 kg sampai 2 kg. Kulitnya bertekstur halus dan berjaring dengan warna hijau cerah hingga kekuningan.

Daging buahnya berwarna hingga cerah sampai merah jambu. Rasanya sangat manis karena kandungan gulanya mencapai +14%.

Saat matang, daging buahnya mudah hancur walaupun dagingnya cukup kering. Contoh varietas melon ini yaitu French Charentais.

Share :

Baca Juga

cara pemupukan bawang merah

Hortikultura

Penggunaan Kapur Dolomit untuk Pertanian
Cara Menanam Kentang Atlantik

Hortikultura

Seperti ini Cara Menanam Kentang Atlantik untuk Kebutuhan Industri
cara menanam buah tin

Hortikultura

Cara Menanam Buah Tin dengan Mudah
cara menanam kucai

Hortikultura

Cara Menanam Kucai, Mudah dan Cepat Panen
cara menanam bawang putih

Hortikultura

Catat, Cara Menanam Bawang Putih yang Benar
Pengendalian Tikus Sawah

Hortikultura

Sangat Efektif! Inilah Cara Pengendalian Tikus Sawah
Florikultura sebagai penyerap polutan

Hortikultura

Cara Menanam Florikultura Sebagai Penyerap Polutan
budidaya labu kabocha

Hortikultura

Petunjuk Lengkap Budidaya Labu Kabocha