Home / Tanaman Pangan

Minggu, 16 Juli 2023 - 11:51 WIB

Sudah Jarang Di Temukan, Ternyata Seperti ini Cara Budidaya Uwi

Cara Budidaya Uwi (Source/ Facebook Cara Budidaya Tanaman Pangan)

Cara Budidaya Uwi (Source/ Facebook Cara Budidaya Tanaman Pangan)

Uwi, atau dikenal juga dengan nama Dioscorea alata, adalah sejenis tanaman umbi-umbian yang memiliki rasa manis dan tekstur kenyal. Budidaya uwi sudah jarang dilakukan oleh petani, namun belakangan ini menjadi komoditas yang populer di kalangan petani karena permintaan pasar yang terus meningkat. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara budidaya uwi secara detail mulai dari persiapan awal hingga panen dan pasca panen.

Apa itu Uwi?

Uwi adalah tanaman umbi-umbian yang berasal dari keluarga Dioscoreaceae. Umbinya berwarna putih atau krem ​​dan memiliki rasa manis yang khas. Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah beriklim tropis dan subtropis. Uwi sering digunakan dalam masakan tradisional dan memiliki nilai gizi yang tinggi.

Manfaat Budidaya Uwi

Budidaya uwi memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Sumber penghasilan tambahan bagi petani.

2. Menyediakan pasokan umbi yang bergizi bagi masyarakat.

3. Meningkatkan diversifikasi usaha pertanian.

4. Mengurangi ketergantungan pada tanaman pangan utama.

Persiapan Awal Cara Budidaya Uwi

Sebelum memulai budidaya uwi, ada beberapa persiapan awal yang perlu dilakukan.

1. Pemilihan Lokasi

Pilihlah lokasi yang sesuai untuk budidaya uwi. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup dan drainase yang baik. Pastikan lahan memiliki akses air yang memadai dan terhindar dari genangan air.

2.Persiapan Lahan

Persiapkan lahan dengan baik sebelum penanaman. Bersihkan lahan dari gulma dan bebatuan. Pastikan pH tanah berada dalam rentang yang sesuai, yaitu antara 5,5 hingga 6,5. Lakukan analisis tanah dan lakukan perbaikan sesuai kebutuhan.

3.Pemilihan Bibit Uwi

Pilihlah bibit uwi yang berkualitas dari petani atau penjual terpercaya. Pastikan bibit memiliki umur yang cukup dan bebas dari penyakit. Perhatikan juga ukuran dan bentuk umbi yang baik untuk dijadikan benih.

Baca Juga  Nutrisi Bawang Merah yang Tepat untuk Meningkatkan Hasil Panen

Teknik Budidaya Uwi

1.Penanaman Awal

Penanaman uwi dapat dilakukan melalui umbi benih. Buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 10-15 cm. Masukkan umbi benih ke dalam lubang dengan bagian mata umbi menghadap ke atas. Jarak antarumbi sebaiknya sekitar 30-40 cm.

2. Perawatan Tanaman

a. Lakukan penyiraman secara teratur untuk menjaga kelembaban tanah.

b. Lakukan pemupukan dengan pupuk organik atau pupuk buatan sesuai dosis yang disarankan.

c. Pertahankan kebersihan lahan dengan membersihkan gulma secara berkala.

d. Berikan dukungan berupa tiang atau rangkaian bambu jika tanaman tumbuh menjalar.

3. Pengendalian Hama dan Penyakit

Lakukan pemantauan terhadap serangan hama dan penyakit yang umum terjadi pada tanaman uwi seperti kutu daun, ulat grayak, dan busuk pangkal batang. Jika ditemukan serangan, lakukan pengendalian dengan menggunakan insektisida organik atau metode pengendalian hama yang ramah lingkungan.

Pemeliharaan Tanaman Uwi

Cara budidaya uwi yang selanjutnya adalah melakukan pemeliharaan, terdapat beberapa pemeliharaan yang perlu dilakukan seperti:

1. Penyiraman dan Pemupukan

Lakukan penyiraman secara teratur, terutama saat musim kemarau. Pastikan tanah tetap lembab, namun tidak tergenang air. Lakukan pemupukan secara berkala menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos.

2. Pemangkasan Tanaman

Lakukan pemangkasan tanaman secara teratur untuk menjaga pertumbuhan yang sehat. Pemangkasan dilakukan dengan memotong tunas-tunas yang lemah atau terinfeksi penyakit. Pemangkasan juga membantu dalam pengendalian pertumbuhan tanaman yang berlebihan.

3. Pengendalian Gulma

Bersihkan lahan dari gulma secara berkala. Gulma dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman uwi. Gunakan metode manual atau bantuan herbisida selektif untuk mengendalikan gulma.

Panen dan Pasca Panen

Dari semu cara budidaya uwi yang dilakukan, panen merupakan tahapan yang paling ditunggu. Berikuti ini cara panen dan pasca panen uwi:

Baca Juga  Panjang Tandan Pisang Sampai 2 Meter! Beginilah Cara Menanam Pisang Raja Seribu

1. Tanda-tanda Panen

Uwi dapat dipanen ketika umbi mencapai ukuran yang diinginkan dan kulit umbi sudah mengeras. Tanda-tanda panen juga dapat dilihat dari daun yang mulai menguning dan rontok.

2.Cara Memanen Uwi

Untuk memanen uwi, gali umbi dengan hati-hati menggunakan cangkul atau garpu tanah. Hindari merusak umbi saat penggalian. Setelah itu, bersihkan umbi dari tanah dan keringkan sejenak sebelum disimpan.

3. Penanganan Pasca Panen

Setelah dipanen, cuci umbi uwi dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan tanah yang menempel. Jemur umbi di tempat yang teduh hingga kulitnya kering. Setelah kering, simpan umbi di tempat yang sejuk dan kering untuk menjaga kesegarannya.

Peluang Pasar dan Potensi Keuntungan

1. Permintaan Pasar

Permintaan akan uwi terus meningkat baik dari pasar lokal maupun ekspor. Uwi dapat digunakan sebagai bahan baku makanan, seperti pembuatan olahan makanan ringan atau manisan. Permintaan akan uwi organik juga semakin tinggi.

2. Potensi Keuntungan

Budidaya uwi memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan. Dengan manajemen yang baik, petani dapat memperoleh hasil panen yang melimpah. Harga jual uwi yang stabil dan permintaan yang terus meningkat memberikan peluang keuntungan yang menguntungkan bagi petani.

Kesimpulan

Budidaya uwi merupakan kegiatan yang menjanjikan dengan potensi keuntungan yang tinggi. Dalam cara budidaya uwi ini, diperlukan persiapan awal yang baik, perawatan tanaman yang optimal, serta penanganan pasca panen yang tepat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, diharapkan petani dapat sukses dalam budidaya uwi. Manfaatkan peluang pasar dan jaga kualitas produksi untuk mencapai keuntungan maksimal.

Share :

Baca Juga

Talas Jepang atau Talas Satoimo

Tanaman Pangan

Cara Budidaya Talas Satoimo atau Talas Jepang Sampai Panen
cara menanam padi gogo

Tanaman Pangan

Mudah! Cara Menanam Padi Gogo di Ladang Tadah Hujan atau Tegalan
Tanam Benih Langsung

Hortikultura

Tanpa Olah Tanah! Metode Tanam Benih Langsung
Cara membuat pupuk organik sendiri

Hortikultura

Cara Membuat Pupuk Kandang Sendiri untuk Menyuburkan Tanah
cara pemupukan bawang merah

Hortikultura

Penggunaan Kapur Dolomit untuk Pertanian
cara menanam jagung

Tanaman Pangan

Cara Menanam Jagung yang Baik dan Benar
dampak kemarau

Tanaman Pangan

Dampak Kemarau Panjang Terhadap Sektor Pertanian di Indonesia
Cara Menanam Kacang Hijau Tanpa Olah Tanah

Tanaman Pangan

Mudah! Cara Menanam Kacang Hijau Tanpa Olah Tanah