Home / Produk Pertanian

Jumat, 3 Maret 2023 - 21:10 WIB

5 Pestisida untuk Cabe yang Ampuh dan Murah

Aplikasi pestisida (Freepik)

Aplikasi pestisida (Freepik)

Serangan hama dan penyakit tanaman menjadi salah satu kendala dalam budidaya cabai. Organisme pengganggu tanaman tersebut biasanya dikendalikan dengan pestisida. Berikut ini beberapa rekomendasi pestisida untuk cabe yang ampuh. 

Daftar Merek Pestisida untuk Cabe

Cabai merupakan komoditas penting di Indonesia yang harga jualnya cukup tinggi. Akan tetapi, tantangan dalam budidaya cabai tidaklah mudah. Salah satu tantangan yang sering dihadapi petani cabai yaitu serangan OPT yang dapat menyebabkan gagal panen. 

Akan tetapi, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan mengaplikasikan pestisida atau obat tanaman yang tepat. Berikut kami rekomendasikan beberapa merek pestisida yang dapat Anda gunakan untuk membasmi hama dan penyakit pada tanaman cabe.

1. BIOPATEK 

BIOPATEK adalah jenis fungisida dan bakterisida hayati yang terbuat dari bahan-bahan alami pilihan dan diperkaya dengan jamur anti penyakit Trichoderma sp. dan Gliocladium sp. Untuk mengendalikan beragam penyakit/patogen pada tanaman khususnya pada tanaman cabe.

Cara penggunaan pestisida ini adalah dengan mencampurkan 5 tutup botol pestisida dengan 10L air. Penyemprotan dapat dilakukan 1-2 kali dalam satu minggu.

Harga produk ini berkisar antara Rp50.000-Rp80.000. Anda dapat memperoleh produk ini di Shopee, dengan klik ikon berikut.

2. BIOWASIL

BIOWASIL adalah pestisida nabati untuk mengatasi berbagai macam hama pada tanaman. Pestisida ini terbuat dari ekstrak tumbuh-tumbuhan dan bahan-bahan alami lainnya.

Petunjuk penggunaan:

  • Kocok terlebih dahulu produk tersebut.
  • Aplikasi dengan cara semprot sebagai upaya pencegahan : 3 tutup + 14 liter air, interval 1 minggu sekali.
  • Sebagai upaya penanggulangan: 3-4 tutup + 14 liter air, interval 4 hari sekali

Keunggulan produk ini yaitu dapat merusakan jaringan tubuh hama dan racun bagi hama, mengusir hama karena aroma, rasa , dan bau. Harga produk ini berkisar antara Rp48.000-Rp50.000. Anda dapat memperoleh produk ini di Shopee, dengan klik ikon berikut.

3. PHEFOC HCS

PHEFOC HCS merupakan jenis pestisida organik cair sehingga pada saat pengaplikasiannya sangat mudah. Kelebihan pestisida ini yaitu tidak berbahaya atau beracun sehingga pada saat pengamplikasian tidak memerlukan perlindungan seperti masker atau sarung tangan.

Selain itu, pestisida ini juga tidak meninggalkan residu. Harga produk ini berkisar antara Rp39.500-Rp45.500. Anda dapat memperoleh produk ini di sini.

4. Pestisida Nabati Neem Oil

Neem Oil / Minyak Mimba adalah minyak dari biji dan daun dari pohon mimba atau Azadirachta indica. Ekstrak daun dan biji mimba memiliki kandungan senyawa aktif utama azadirachtin. Selain itu, ekstrak tanaman mimba juga dapat berperan sebagai fungisida, bakterisida, dan akarisida.

Pestisida ini berguna untuk membunuh hama, mempengaruhi daya makan hama, pertumbuhan hama, daya reproduksi, dan lainnya.

Aplikasi Pencegahan : 

  • Untuk pencegahan hama, larutkan 20-25 ml minyak mimba kedalam 1 liter air, lalu aduk sampai rata.
  • Sebagai obat hama, gunakan 40 – 45 ml minyak mimba dalam 1 liter air, lalu aduk rata.
  • Semprotkan larutan pestisida ke tanaman pada waktu pagi hari dan sore hari setiap 3 hari sekali. 
  • Semprotkan merata di bagian atas dan bawah daun.

Harga produk ini berkisar antara Rp66.300-Rp69.800. Anda dapat memperoleh produk ini di Shopee, dengan klik ikon berikut.

5. NOPATEK

NOPATEK merupakan pestisida untuk mencegah penyakit patek cabe. Pestisida ini terbuat dari bahan-bahan herba pilihan dan jamur anti penyakit Trichoderma sp. dan Gliocladium sp.

Cara penggunaan pestisida ini yaitu dengan cara semprot sebanyak 3 tutup botol per 15 liter air. Aplikasikan setiap 7-10 hari sekali sebagai upaya pencegahan atau 5 hari sekali untuk penanggulangan.

Harga produk ini berkisar antara Rp.48.000-Rp50.000. Anda dapat memperoleh produk ini di Shopee, dengan klik ikon berikut.

Itulah beberapa rekomendasi pestisida untuk cabe. Penggunaan pestisida dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk mendapatkan rekomendasi produk pertanian lainnya, silakan kunjungi https://mycollection.shop/taniuntung.com.

Share :

Baca Juga

Produk Syngenta Terbaik

Produk Pertanian

7 Produk Syngenta Terbaik untuk Kendalikan OPT
Jenis Label Pada Benih

Produk Pertanian

Cara Memilih Benih Unggul! Inilah Jenis Label Pada Benih
Cara membuat pupuk organik sendiri

Hortikultura

Cara Membuat Pupuk Kandang Sendiri untuk Menyuburkan Tanah
Jenis Pupuk Bawang Merah

Produk Pertanian

Inilah 7 Jenis Pupuk Bawang Merah Terbaik Saat ini
jenis em4

Produk Pertanian

4 Jenis EM4 Lengkap dengan Manfaatnya
plant growth promoting rhizobacteria (PGPR)

Produk Pertanian

Meningkatkan Panen dengan Pemanfaatan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR)
manfaat ampas kopi untuk tanaman

Produk Pertanian

Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya
Jambu Air dalam Pot

Hortikultura

Membudidayakan Jambu Air dalam Pot Supaya Cepat Berbuah