Home / Uncategorized

Jumat, 7 Juli 2023 - 11:06 WIB

Simak! Cara kerja Fungisida Sistemik

Fungisida Sistemik (Dokumentasi Pribadi/Siti Nur Aeni)

Fungisida Sistemik (Dokumentasi Pribadi/Siti Nur Aeni)

Apa itu Fungisida Sistemik?

Fungisida sistemik adalah jenis fungisida yang memiliki kemampuan untuk menyerap ke dalam jaringan tanaman dan bergerak melalui sistem vaskular tanaman. Hal ini memungkinkan fungisida jenis ini untuk memberikan perlindungan yang lebih baik dibandingkan dengan fungisida kontak biasa. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang fungisida sistemik, jenis-jenisnya, cara penggunaan yang efektif, serta efek samping dan perhatian yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya.

Jenis-jenis fungisida

Terdapat beberapa jenis fungisida sistemik yang umum digunakan dalam pengendalian penyakit tanaman. Pertama, fungisida kontak adalah jenis fungisida yang hanya bergerak secara terbatas di daerah yang terkena aplikasi langsung. Kedua, fungisida translaminar adalah fungisida yang dapat bergerak secara terbatas di dalam daun tanaman, melindungi daun dari serangan penyakit. Terakhir, jenis fungisida ini dapat bergerak melalui sistem vaskular tanaman, memberikan perlindungan menyeluruh pada seluruh tanaman.

Keunggulan yang dimiliki

Penggunaan fungisida sistemik memiliki beberapa keunggulan yang perlu diperhatikan. Pertama memberikan perlindungan yang lebih baik dibandingkan dengan fungisida kontak biasa. Hal ini karena fungisida ini dapat menyerap ke dalam jaringan tanaman dan melindungi seluruh tanaman, termasuk bagian yang tidak terjangkau oleh fungisida kontak. Selain itu juga lebih efisien karena dosis yang diperlukan lebih sedikit dibandingkan dengan fungisida kontak.

Baca Juga  Bisa Dijadikan Keripik Renyah, Berikut Cara Menanam Sukun

Cara penggunaan yang tepat

Untuk mengoptimalkan efektivitas pada tanaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya. Pertama, persiapkan tanaman dengan membersihkan daun-daun yang terinfeksi dan memastikan kondisi tanaman yang sehat. Kemudian, aplikasikan secara merata pada seluruh tanaman, termasuk bagian bawah daun. Pastikan menggunakan dosis yang tepat sesuai petunjuk pada kemasan produk dan lakukan aplikasi pada waktu yang optimal, terutama sebelum penyakit menyebar dengan luas.

Efek samping dari penggunaan fungisida sistemik

Meskipun fungisida jenis ini dapat memberikan manfaat dalam pengendalian penyakit tanaman, penggunaannya juga perlu diperhatikan untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi. Penggunaan yang berlebihan dapat memiliki dampak negatif pada lingkungan, terutama jika terjadi pencemaran air atau tanah. Selain itu, perlu diingat bahwa penggunaan fungisida ini juga dapat membahayakan manusia dan hewan jika tidak digunakan dengan bijak. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk dan menggunakan pengendali jamur ini dengan hati-hati.

Baca Juga  Identifikasi Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri atau Jamur

Contoh Produk Fungisida Sistemik

Terdapat berbagai macam produk fungisida sistemik yang tersedia di pasaran. Bahan aktif yang  terkandung pada fungisida iniseperti Benomil, Propikonazol, Karbendazim ,Difenokonazol, Matalaksil, dan Triadimefon. Salah satu contohnya adalah Benlox dari DGW, Benlox adalah fungisida sistemik yang efektif dalam pengendalian penyakit jamur pada tanaman buah-buahan. Selain itu, ada juga Produk antracol yang merupakan fungisida pengendali jamur yang sudah sangat terkenal yang di keluarkan oleh bayer. Antracol memberikan perlindungan terhadap serangan penyakit pada daun dan batang. Ridomil gold dari sygenta merupakan Fungisida yang bersifat melindungi yang memiliki bentuk butiran yang dapat larut dalam air, berwarna kuning kecoklatan, berfungsi untuk mengendalikan penyakit pada tanaman Jeruk, Kakao, Kentang, Melon dan Tomat.

Share :

Baca Juga

keanekaragaman plasma nutfah

Uncategorized

Keanekaragaman Plasma Nutfah Sumber Genetik Fauna dan Flora
Cara Menanam Umbi Garut

Uncategorized

Memiliki Banyak Khasiat, Ternyata Seperti ini Cara Menanam Umbi Garut
Musim hujan dan musim kemarau

Uncategorized

Faktor Penyebab Musim Hujan dan Musim Kemarau di Indonesia
Cara Menanam Gembili

Tanaman Pangan

Cara Menanam Gembili yang Hidup Merambat Di Pohon
cara menanam jagung

Tanaman Pangan

Cara Menanam Jagung yang Baik dan Benar
tanaman rekayasa genetika

Uncategorized

Tanaman Rekayasa Genetika Memiliki Potensi Luar Biasa
Identifikasi penyakit

Uncategorized

Identifikasi Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri atau Jamur
Cara Membuat Bedengan

Uncategorized

Cara Membuat Bedengan yang Sesuai untuk Tanaman