Home / Perkebunan

Senin, 17 Juli 2023 - 22:23 WIB

Cara Menanam Jeruk Nagami yang Segar dan Bermanfaat

Cara Menanam Jeruk Nagami (Source/Facebook Zahra Queen)

Cara Menanam Jeruk Nagami (Source/Facebook Zahra Queen)

Apa itu Jeruk Nagami?

Jeruk nagami adalah varietas jeruk yang berasal dari Jepang. Buahnya memiliki bentuk memanjang dan kulit yang tebal dengan warna oranye kekuningan. Jeruk nagami terkenal dengan rasa asamnya yang segar dengan sentuhan manis, membuatnya menjadi favorit bagi pecinta jeruk. Tidak hanya enak, tetapi jeruk nagami juga kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, serat, dan antioksidan, yang penting untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Jeruk Nagami

Jeruk nagami memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya antara lain:

1. Sumber Vitamin C

Jeruk nagami mengandung vitamin C yang tinggi, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi, dan menjaga kesehatan kulit.

2. Serat

Jeruk nagami mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

3. Antioksidan

Jeruk nagami kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan juga berperan dalam menjaga kesehatan sel dan mengurangi risiko penyakit degeneratif.

Persiapan sebelum menanam

Langkah berikutnya dari cara menanam jeruk nagami meliputi:

1. Memilih Bibit yang Baik

Langkah pertama dalam menanam jeruk nagami adalah memilih bibit yang baik. Pilih bibit yang sehat dan berkualitas dari penjual yang terpercaya. Periksa bibit untuk memastikan bahwa tidak ada tanda-tanda penyakit atau kerusakan pada daun atau batangnya. Pilih bibit dengan sistem akar yang baik, yang terlihat kuat dan tidak terlalu kusut.

2. Menyiapkan Lahan

Jeruk nagami membutuhkan tanah yang subur dan baik drainasenya. Pilihlah lokasi yang terkena sinar matahari langsung setidaknya 6-8 jam sehari. Pastikan juga bahwa tanah memiliki pH netral atau sedikit asam. Jika tanah di lokasi Anda terlalu asam, tambahkan kapur pertanian untuk menyeimbangkan pH tanah.

3. Menyediakan Peralatan dan Bahan yang Diperlukan

Baca Juga  Cara Menanam Sawo, Panduan Lengkap Sampai Panen

Sebelum menanam jeruk nagami, pastikan Anda memiliki peralatan dan bahan yang diperlukan. Beberapa peralatan yang mungkin Anda butuhkan antara lain sekop, cangkul, alat pemangkas, selang penyiraman, dan pupuk organik. Selain itu, pastikan Anda memiliki pasir, pupuk kandang, dan bahan organik lainnya untuk memperkaya tanah.

Proses penanaman

Cara menanam jeruk nagami cukup mudah, Anda hanya perlu memperhatikan langkah berikut ini:

1. Menyiapkan Lubang Tanam

Langkah pertama dalam proses penanaman jeruk nagami adalah menyiapkan lubang tanam. Gali lubang dengan kedalaman sekitar dua kali panjang akar bibit dan lebarnya sekitar dua kali lebar lubang akar. Pastikan jarak antara lubang tanam adalah sekitar 4-5 meter.

2. Memasang Tiang Penyangga

Setelah lubang tanam siap, pasanglah tiang penyangga di sekitar lubang. Ini akan membantu menopang pohon saat tumbuh dan mencegahnya roboh. Tiang penyangga yang dibuat harus stabil dan cukup tinggi untuk menopang pohon yang akan tumbuh.

3. Menanam Jeruk Nagami

Setelah lubang dan tiang penyangga dipersiapkan, saatnya menanam jeruk nagami. Letakkan bibit di tengah lubang tanam dengan hati-hati, pastikan akar-akar bibit terurai dengan rapi di dalam lubang. Timbun lubang dengan tanah, sambil menekan tanah agar tidak ada rongga udara yang tertinggal di sekitar akar.

4. Menyiram dan Memberi Pupuk

Setelah menanam, siram bibit dengan air yang cukup untuk memastikan akar terendam dengan baik. Setelah itu, berikan pupuk organik di sekitar pangkal pohon untuk membantu pertumbuhannya. Cara pemupukan ini membantu tanaman memperoleh nutrisi yang dibutuhkan.

Perawatan dan pemeliharaan

Jeruk nagami akan tumbuh dan menghasilkan buah yang lebat jika dirawat dengan baik. Cara merawat jeruk nagami seperti:

1. Penyiraman yang Tepat

Jeruk nagami membutuhkan penyiraman yang teratur untuk tumbuh dengan baik. Siram tanaman secara merata, tetapi hindari penyiraman berlebihan yang dapat menyebabkan genangan air. Pastikan tanah di sekitar pohon tetap lembab, terutama pada musim kemarau.

Baca Juga  Cara Budidaya Kelapa Genjah Secara Lengkap

2. Pemupukan Rutin

Lakukan pemupukan rutin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pohon jeruk nagami. Gunakan pupuk yang mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium secara seimbang. Pada awal pertumbuhan dan musim hujan, merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pemupukan.

3. Pemangkasan cabang

Pemangkasan cabang diperlukan untuk membentuk pohon jeruk nagami dan merangsang pertumbuhan tunas baru. Lakukan pemangkasan pada cabang-cabang yang sudah tua atau rusak. Selain itu, pemangksan juga dapat merangsang munculnya bunga baru

4. Pengendalian Hama dan Penyakit

Periksa pohon secara teratur untuk mengidentifikasi adanya tanda-tanda hama atau penyakit. Jika Anda melihat tanda-tanda serangga atau kerusakan pada daun atau buah, ambil tindakan yang tepat untuk mengendalikan hama atau penyakit tersebut. Gunakan pestisida organik atau metode pengendalian hama alami untuk menjaga kesehatan pohon.

 Panen

Jeruk nagami siap panen ketika kulitnya telah berubah menjadi warna oranye kekuningan yang cerah. Selain itu, perhatikan juga ukuran buah yang sudah cukup besar dan rasanya yang asam manis. Jeruk nagami yang matang biasanya mudah dipisahkan dari cabangnya saat ditarik.

Cara Panen yang Sesuai

Cara memanen jeruk nagami, potong tangkainya dengan pisau atau gunting tajam. Hindari merobek kulit jeruk saat memanennya. Pastikan buahnya tidak terjatuh dan terluka saat dipanen. Jeruk nagami yang dipanen dengan hati-hati akan tetap segar dan tahan lama.

Cara Menyimpan Jeruk Nagami

Setelah dipanen, simpan jeruk nagami di tempat yang sejuk dan kering seperti dalam lemari es. Hindari menyimpan jeruk nagami bersama dengan buah-buahan lain yang dapat mempercepat pematangan dan pembusukan. Lakukan penyimpanan dengan baik untuk menjaga kualitas jeruk nagami lebih lama

Share :

Baca Juga

cara menanam sawo

Perkebunan

Cara Menanam Sawo, Panduan Lengkap Sampai Panen
Buah Juwet

Perkebunan

Mengenal Buah Juwet Kekayaan Alam dan Budaya Indonesia
bagaimana cara menanam kacang almond

Perkebunan

Bagaimana Cara Menanam Kacang Almond? Ini Penjelasan Selengkapnya
Cara menanam nanas madu pemalang

Hortikultura

Cara Menanam Nanas Madu Pemalang
cara budidaya lengkuas

Perkebunan

Cara Budidaya Lengkuas yang Memiliki Potensi pasar Luas
pupuk kimia terbaik

Hortikultura

Pupuk Anorganik Atau Pupuk Kimia Terbaik Dan Sering Digunakan
Pemangkasan kopi

Perkebunan

Pemangkasan Kopi yang Tepat untuk Meningkatkan Hasil Panen
Teknologi pertanian tepat guna

Hidroponik

Inilah Teknologi Pertanian Tepat Guna untuk Petani