Home / Perkebunan

Jumat, 6 Oktober 2023 - 11:41 WIB

Cara Menanam Sawo, Panduan Lengkap Sampai Panen

Ilustrasi buah sawo (Pixabay)

Ilustrasi buah sawo (Pixabay)

Sawo adalah buah tropis yang lezat dan penuh gizi. Buah ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang unik, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk ditanam di halaman rumah atau kebun. Jika Anda tertarik untuk menanam sawo sendiri, berikut ini cara menanam sawo dengan mudah dari persiapan sampai panen.

Persiapan Awal

Sebelum Anda mulai menanam sawo, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

1. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Pilih lokasi yang mendapatkan sinar matahari yang cukup, idealnya setidaknya enam hingga delapan jam sinar matahari langsung setiap hari. Sawo memerlukan banyak cahaya matahari untuk pertumbuhannya yang optimal.

2. Persiapan Tanah

Pastikan tanah di lokasi yang Anda pilih memiliki drainase yang baik. Sawo tidak suka tanah yang tergenang air. Anda juga dapat memperbaiki tanah dengan campuran kompos atau pupuk organik untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Memilih Benih atau Bibit

Ada dua cara umum untuk memulai menanam sawo: menggunakan benih atau bibit. Jika Anda memilih benih, Anda dapat mengambil benih dari buah sawo yang matang secara alami. Namun, lebih umum untuk menggunakan bibit yang dapat Anda beli dari pusat kebun atau tukang bibit lokal. Bibit akan mempercepat proses pertumbuhan.

Baca Juga  Tanaman Kencur Sebagai Bumbu dan Pengobatan Tradisional

Penanaman Sawo

Setelah Anda mempersiapkan lokasi dan memilih benih atau bibit, saatnya menanam sawo:

1. Persiapan Lubang Tanam

Jika Anda menggunakan bibit, buat lubang tanam yang cukup besar untuk menampung akar bibit dengan nyaman. Lubang tersebut sebaiknya dua kali lebih besar daripada akar bibit.

2. Penanaman

Letakkan bibit sawo di tengah lubang tanam dan isi dengan tanah hingga akar tertutup rapat. Pastikan bibit berada pada tingkat yang sama dengan permukaan tanah sekitarnya.

3. Penyiraman

Setelah menanam, beri air secukupnya untuk meratakan tanah di sekitar bibit dan membantu akar menyesuaikan diri dengan tanah baru.

Perawatan Selama Pertumbuhan

Agar sawo tumbuh dengan baik, Anda perlu memberikan perawatan yang baik selama pertumbuhannya:

1. Irigasi

Sawo memerlukan penyiraman yang teratur, terutama selama musim kering. Pastikan tanah selalu lembab, tetapi hindari genangan air yang berlebihan.

2. Pemupukan

Berikan pupuk yang mengandung nutrisi penting seperti nitrogen, fosfor, dan kalium secara teratur. Ini akan membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman sawo.

3. Perlindungan dari Hama dan Penyakit

Awasi tanaman Anda untuk tanda-tanda hama atau penyakit. Jika Anda melihat tanda-tanda infeksi, segera lakukan tindakan pengendalian, termasuk penggunaan insektisida atau fungisida yang sesuai.

Baca Juga  Bisa, Begini Cara Tanam Durian di Halaman Rumah dengan Mudah

4. Pemangkasan

Lakukan pemangkasan secara teratur untuk merawat bentuk pohon dan mempromosikan pertumbuhan yang sehat. Pemangkasan juga membantu memperbaiki sirkulasi udara di antara ranting-ranting.

Panen

Sawo memerlukan beberapa tahun untuk menghasilkan buah yang matang. Biasanya, Anda dapat mengharapkan panen pertama setelah tiga hingga empat tahun menanam sawo. Ketika buah sudah matang, mereka akan berubah menjadi warna kuning atau coklat kehijauan tergantung pada varietasnya. Anda dapat memanen buah sawo dengan mengambilnya dengan tangan atau menggunakan alat pemotong.

Kesimpulan

Menanam sawo adalah kegiatan yang memuaskan dan dapat memberikan hasil yang lezat. Dengan memilih lokasi yang tepat, merawat tanaman dengan baik, dan bersabar, Anda dapat menikmati buah sawo yang manis dan lezat dari kebun Anda sendiri. Ingatlah untuk selalu memeriksa dan merawat tanaman Anda secara teratur untuk menjaga kesehatan dan produktivitasnya. Semoga panduan ini membantu Anda sukses menanam sawo di halaman atau kebun Anda!

Share :

Baca Juga

cara menanam durian montong

Perkebunan

Cara Menanam Durian Montong di Halaman Rumah, Cukup 5 Langkah
Tanaman Karet

Perkebunan

Tanaman Karet Sumber Utama Bahan Karet Alam Dunia
Cara Menanam Sukun

Perkebunan

Bisa Dijadikan Keripik Renyah, Berikut Cara Menanam Sukun
Cara Membuat bakteri fotosintesa PSB

Hortikultura

Cara Membuat Bakteri Fotosintesa (PSB) untuk Lingkungan Berkelanjutan
Pemangkasan kopi

Perkebunan

Pemangkasan Kopi yang Tepat untuk Meningkatkan Hasil Panen
Penyakit tanaman kopi

Perkebunan

Pengenalan Penyakit Tanaman Kopi untuk Menjaga Hasil Panen
pupuk kimia terbaik

Hortikultura

Pupuk Anorganik Atau Pupuk Kimia Terbaik Dan Sering Digunakan
Mangga yang Rasanya Manis

Perkebunan

8 Buah Mangga yang Rasanya Manis