Home / Produk Pertanian

Jumat, 8 September 2023 - 17:09 WIB

Cara Meracik Pupuk NPK PHONSKA 15-15-15 Sendiri dengan Mudah

Ilustrasi pemberian pupuk (PEXELS)

Ilustrasi pemberian pupuk (PEXELS)

Cara meracik pupuk NPK Phonska 15-15-15 ternyata tidak sulit. Sebagai informasi, pupuk NPK Phonska 15-15-15 adakah salah satu jenis pupuk subsidi dari pemerintah Indonesia. Pupuk ini berbentuk granul atau butiran yang mudah larut dalam air.

NPK Phonska adalah pupuk majemuk lengkap yang mengandung empat jenis unsur hara makro esensial, yaitu nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), dan sulfur (S). Unsur hara ini merupakan sumber nutrisi penting bagi tanaman untuk tumbuh secara optimal.

Pupuk anorganik ini sangat cocok untuk diterapkan pada berbagai jenis tanaman, termasuk tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan. Penggunaan pupuk ini telah terbukti mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen, khususnya pada tanaman jagung dan padi.

Namun, terkadang terjadi kelangkaan pupuk NPK Phonska karena pembatasan distribusi dan potensi penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meracik pupuk NPK Phonska sendiri.

Pemahaman Tentang Pupuk NPK Phonska

Sebelum memulai proses meracik pupuk, penting untuk memahami komposisi dan peran masing-masing unsur hara pada pupuk NPK Phonska 15-15-15. Unsur nitrogen (N) berperan dalam pertumbuhan vegetatif tanaman dan pembentukan daun hijau.

Fosfor (P) berperan dalam pembentukan akar dan bunga, serta membantu transfer energi dalam tanaman. Kalium (K) membantu meningkatkan resistensi tanaman terhadap stres dan penyakit, serta berperan dalam kualitas buah dan biji. Sulfur (S) diperlukan untuk sintesis protein dan asam amino dalam tanaman.

Pupuk NPK Phonska 15-15-15 memiliki persentase kandungan hara yang seimbang, yaitu 15% untuk setiap unsur nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), dan 10% untuk sulfur (S). Kandungan hara yang seimbang ini memastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dengan baik dan menghasilkan hasil panen yang optimal.

Baca Juga  Cara Budidaya Talas Satoimo atau Talas Jepang Sampai Panen

Rumus Meracik Pupuk NPK Phonska

Untuk meracik pupuk NPK Phonska 15-15-15, kita perlu menggunakan beberapa jenis pupuk dengan kandungan unsur hara yang sesuai. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  • Urea dengan kandungan nitrogen (N) sebanyak 46%.
  • SP36 dengan kandungan fosfor (P) sebanyak 36%.
  • KCL dengan kandungan kalium (K) sebanyak 60%.
  • Belerang murni dengan kandungan sulfur (S) sebanyak 99%.

Rumus untuk meracik pupuk NPK Phonska adalah:

  • N : (15/100)(100/46) = 0,15 x 2,17 = 0,33 => 3,3 ons
  • P : (15/100)(100/36) = 0,15 x 2,78 = 0,42 => 4,2 ons
  • K : (15/100)(100/60) = 0,15 x 1,67 = 0,25 => 2,5 ons
  • S : (10/100)(100/99) = 0,10 x 1,01 = 0,101 = 1 ons

Jadi, untuk membuat 1 kg pupuk NPK Phonska 15-15-15, kita membutuhkan pupuk urea sebanyak 3,3 ons, pupuk SP36 sebanyak 4,2 ons, pupuk KCL sebanyak 2,5 ons, dan belerang murni sebanyak 1 ons.

Langkah-langkah Meracik Pupuk NPK Phonska

Berikut adalah langkah-langkah untuk meracik 1 kg pupuk NPK Phonska 15-15-15:

a. Menghitung Jumlah Bahan

Pertama, hitunglah jumlah bahan pupuk dengan menggunakan rumus di atas. Lakukan perhitungan yang akurat dalam meracik pupuk NPK Phonska. Pastikan dosis masing-masing bahan pupuk sesuai dengan rumus di atas.

b. Menyiapkan Bahan-bahan Pupuk

Siapkan semua bahan pupuk sesuai dengan perhitungan. Pastikan bahan-bahan tersebut berkualitas baik untuk mendapatkan hasil racikan yang optimal.

c. Meracik Pupuk

Campurkan bahan-bahan pupuk yang telah sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan ke dalam wadah yang bersih. Aduk rata hingga terbentuk campuran pupuk yang seragam. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik agar kandungan unsur hara dalam pupuk merata.

d. Simpan dengan Baik

Simpan pupuk NPK Phonska racikan dalam wadah yang rapat dan kedap udara. Tempatkan di tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Baca Juga  TSP Adalah Pupuk Fosfor, Ini Penjelasannya

e. Aplikasi Pupuk

Pupuk NPK Phonska yang telah diracik bisa diaplikasikan pada tanaman dengan cara ditabur atau dikocor. Jika menginginkan pupuk cair, larutkan pupuk dengan air sesuai perbandingan yang dianjurkan.

Kelebihan Meracik Pupuk NPK Phonska Sendiri

Meracik pupuk NPK Phonska sendiri memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  1. Dapat mengatasi kelangkaan pupuk yang terjadi di pasaran.
  2. Proses meracik relatif mudah dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.
  3. Pupuk yang diracik memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan pupuk NPK Phonska komersial.
  4. Menghemat biaya karena bahan-bahan pupuk tersedia secara terpisah.

Dengan meracik sendiri, petani dapat mengatur kandungan unsur hara pada pupuk sesuai dengan kebutuhan tanaman dan jenis tanah. Selain itu, penggunaan bahan-bahan pupuk yang berkualitas tinggi akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Kesimpulan

Meracik pupuk NPK Phonska 15-15-15 sendiri merupakan solusi praktis untuk mengatasi kelangkaan pupuk yang terjadi di pasaran. Dengan memahami komposisi dan peran masing-masing unsur hara, serta mengikuti langkah-langkah meracik yang tepat, kita dapat menghasilkan pupuk NPK Phonska berkualitas tinggi. Penggunaan pupuk ini secara efektif akan meningkatkan produktivitas tanaman dan hasil panen yang lebih baik.

Tentu saja, dalam meracik pupuk perlu memperhatikan dosis dan komposisi agar hasilnya sesuai dengan harapan. Selain itu, pastikan untuk menggunakan bahan-bahan pupuk berkualitas agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal dan menghasilkan hasil yang memuaskan.

Dengan meracik pupuk NPK Phonska sendiri, petani dapat menghadirkan kualitas pupuk yang lebih baik dan membantu meningkatkan kesejahteraan pertanian di Indonesia. Selamat mencoba meracik pupuk NPK Phonska sendiri dan tingkatkan hasil pertanian Anda!

Share :

Baca Juga

Jenis kapur pertanian

Hortikultura

Jenis Kapur Pertanian untuk Memperbaiki pH Tanah
Jamur Jakaba

Hortikultura

Pemanfaatan Limbah Cucian Beras untuk Membuat Jamur Jakaba
Jenis-jenis teh

Produk Pertanian

 Jenis-jenis Teh Berdasarkan Cara Pengolahannya
perbedaan padi inbrida dan hibrida

Produk Pertanian

Inilah Perbedaan Padi Inbrida dan Hibrida
Pupuk kamas

Produk Pertanian

Pupuk Kamas: Keunggulan, Rekomendasi Dosis, dan Harganya
mulsa plastik terbaik

Produk Pertanian

8 Jenis Mulsa Plastik untuk Budidaya Tanaman
tepung talas

Produk Pertanian

Manfaat Tepung Talas dan Cara Pembuatannya
manfaat garam dapur untuk tanaman

Produk Pertanian

Manfaat Garam Dapur untuk Tanaman, Bisa Bikin Tanaman Subur