Home / Uncategorized

Selasa, 26 September 2023 - 22:34 WIB

Kandungan  dan Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan

Manfaat jeruk purut (Pixabay)

Manfaat jeruk purut (Pixabay)

Jeruk purut (Citrus hystrix) adalah salah satu buah yang sering kita jumpai di dapur dan pasar-pasar tradisional di Indonesia. Buah yang memiliki nama daerah yang berbeda seperti jeruk purut di Jawa, parale di Makassar, lemon papeda di Ambon, dan lemon titigila di Ternate ini, ternyata memiliki banyak manfaat yang tidak hanya untuk selera, tetapi juga untuk kesehatan dan kecantikan. Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai manfaat jeruk purut, mulai dari kandungan kimianya hingga berbagai manfaat yang dapat kita peroleh dari buah ini.

Kandungan Kimia Jeruk Purut dan Efek Farmakologisnya

Jeruk purut memiliki ciri khas rasa agak asin dan kelat, yang membuatnya berbeda dari jeruk-jeruk lainnya. Kandungan kimia dalam jeruk purut menjadikannya buah yang unik dan bermanfaat. Berikut adalah beberapa senyawa kimia yang terdapat dalam jeruk purut:

1. Minyak Asiri

Jeruk purut mengandung minyak asiri sekitar 1—1,5%. Minyak asiri ini memiliki aroma yang khas dan merupakan salah satu komponen yang memberikan rasa dan aroma khas pada jeruk purut. Selain itu, minyak asiri juga dikenal memiliki sifat stimulan dan penyegar.

2. Steroid Triterpenoid

Jeruk purut mengandung senyawa steroid triterpenoid. Senyawa ini memiliki potensi farmakologis tertentu dan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Salah satu efek farmakologisnya yang telah terbukti adalah sebagai antispasmodik, yang berarti dapat membantu meredakan kejang otot.

3. Tanin

Tanin merupakan senyawa dengan sifat antioksidan yang baik untuk tubuh. Jeruk purut mengandung tanin sekitar 1,8%, yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Baca Juga  Tantangan dan Solusi Pertanian Lahan Kering

4. Saponin

Saponin adalah senyawa yang memiliki efek antijamur dan antibakteri. Meskipun kandungannya tidak tinggi, jeruk purut tetap mengandung saponin yang dapat mendukung kesehatan tubuh dan membantu melawan infeksi.

5. Sitrat

Kulit buah jeruk purut mengandung minyak asiri dengan kandungan sitrat sekitar 2—2,5%. Sitrat adalah senyawa yang memberikan rasa asam pada jeruk purut. Selain memberikan rasa segar, sitrat juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti membantu dalam proses pencernaan.

Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan

Jeruk purut tidak hanya lezat untuk dinikmati sebagai buah segar atau bahan tambahan dalam masakan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut adalah beberapa manfaat jeruk purut untuk kesehatan:

1. Mengatasi Influenza

Jeruk purut dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gejala influenza. Caranya sangat sederhana, Anda cukup memeras satu butir jeruk purut dan menyeduhi air perasan dengan setengah cangkir air panas. Minumlah ramuan ini selagi hangat. Lakukan dua kali sehari dengan dosis masing-masing setengah cangkir. Kandungan minyak asiri dalam jeruk purut dapat membantu meredakan gejala flu, seperti batuk dan pilek.

2. Membersihkan Kulit Kotor

Jeruk purut juga efektif untuk membersihkan kulit yang kotor. Anda dapat memotong satu butir jeruk purut menjadi dua bagian, lalu gosokkan potongan jeruk purut pada kulit yang kotor selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air. Lakukan perawatan ini secara rutin sebelum tidur untuk membersihkan kulit Anda secara alami dan menjaga kulit tetap segar.

Baca Juga  10 Jenis Musuh Alami Wereng yang dapat Membantu Petani

3. Perawatan Rambut

Jeruk purut juga dapat digunakan untuk merawat rambut Anda. Misalnya, jika Anda memiliki masalah dengan bau tak sedap pada rambut atau ketombe, Anda dapat menggunakan jeruk purut sebagai solusi alami. Caranya adalah dengan menghaluskan satu butir jeruk purut dan mencampurnya dengan satu sendok makan air matang. Aduk hingga rata dan saring air yang dihasilkan. Oleskan pada kulit kepala setelah keramas. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut yang lebih baik.

Kesimpulan

Manfaat Jeruk purut, dengan kandungan kimia alaminya yang kaya, merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kita. Dari mengatasi gejala influenza hingga membersihkan kulit kotor dan merawat rambut, jeruk purut adalah salah satu buah yang serbaguna dan bernilai tinggi. Namun, selalu ingat untuk menggunakan jeruk purut dengan bijak dan tidak berlebihan. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau alergi, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakannya dalam perawatan kesehatan atau kecantikan Anda.

Dengan begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari jeruk purut, tidak ada alasan untuk tidak menjadikannya sebagai bagian dari pola makan dan perawatan alami kita. Nikmati manfaat kesehatan dan kecantikan dari buah ajaib ini dan rasakan perbedaannya

Share :

Baca Juga

Tanam Benih Langsung

Hortikultura

Tanpa Olah Tanah! Metode Tanam Benih Langsung
Pertanian Organik

Uncategorized

Pertanian Organik untuk Masa Depan Indonesia
Cara pembentukan kelompok tani

Uncategorized

Cara Pembentukan Kelompok Tani dan Dasar Hukumnya
Cara Menanam Gembili

Tanaman Pangan

Cara Menanam Gembili yang Hidup Merambat Di Pohon
bioteknologi pertanian

Uncategorized

Bioteknologi Pertanian, Perkembangan, dan Tantangannya
Cara Menanam Tanpa Olah Tanah

Hidroponik

Hemat Biaya! Cara Menanam Tanpa Olah Tanah
Tumpang sari

Uncategorized

Tumpang Sari Memaksimalkan Lahan dan Hasil Panen
keanekaragaman plasma nutfah

Uncategorized

Keanekaragaman Plasma Nutfah Sumber Genetik Fauna dan Flora