Home / Produk Pertanian

Minggu, 19 Februari 2023 - 06:30 WIB

Mengenal Perekat Pestisida dan Fungsinya

Aplikasi pestisida (Freepik)

Aplikasi pestisida (Freepik)

Salah satu kendala dalam aplikasi pestisida yaitu larutan yang sulit menempel pada permukaan tanaman. Kondisi tersebut membuat penggunaan pestisida menjadi kurang efektif. Sebagai solusi, maka Anda perlu menggunakan perekat pestisida.

Apa itu bahan pengerat pestisida? Dan apa saja fungsinya? Temukan jawabannya pada penjelasan berikut ini.

Mengenal Perekat Pestisida

Dikutip Cybext Kementerian Pertanian, perekat pestisida adalah bahan yang digunakan untuk meningkatkan efektivitas pestisida ketika diaplikasikan ke tanaman. Penggunaan pestisida akan menghilangkan tegangan pada permukaan butir air yang keluar dari nozzle sprayer.

Butir larutan yang keluar dari sprayer berbentuk bulat dan ukurannya kecil. Butiran tersebut akan berterbangan dan menempel pada permukaan daun. Saat menempel di daun, butiran tersebut akan tetap berbentuk bulat dan mudah jatuh ke tanah.

Agar butiran larutan tersebut menempel pada daun, maka tegangan permukaan perlu dihilangkan dengan menggunakan bahan yang dapat merekatkan pestisida.

Fungsi Perekat Pestisida

Secara umum, ada tiga fungsi dari perekat pestisida. Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Meningkatkan efektivitas pestisida maupun pupuk daun pada tanaman dengan daun berbulu, seperti padi dan jagung. Bulu pada daun bisa menghalangi bulir pestisida untuk menempel pada permukaan daun. Maka dari itu, perlu bahan untuk merekatkan pestisida sistemik maupun pupuk daun agar bisa diserap dengan baik.
  2. Membuat pestisida dan pupuk daun lebih mudah menempel pada daun yang berlilin, seperti daun talas dan daun pisang. Sama seperti bulu, lapisan lilin juga bisa menghambat penempelan pestisida pada daun karena bulir pestisida akan langsung jatuh ke tanah. Oleh karena itu, perlu perekat agar bulir obat hama bisa bekerja dengan efektif.
  3. Menambah efektivitas pestisida dan pupuk yang diaplikasikan saat musim hujan. Penggunaan pestisida maupun pupuk ketika musim hujan sebenarnya sia-sia, karena bahan tersebut mudah tercuci oleh air hujan. Akan tetapi, penggunaan perekat bisa membuat obat pertanian atau pupuk cepat menempel di daun, sehingga tidak mudah tercuci saat hujan.

Demikian penjelasan seputar perekat pestisida dan fungsinya. Jika Anda sedang mencari bahan perekat maupun produk pertanian lainnya, silakan klik https://mycollection.shop/taniuntung.com.

Share :

Baca Juga

pupuk cantik

Produk Pertanian

Cara Memupuk Tanaman yang Benar agar Tumbuh Subur
sprayer elektrik tidak keluar air

Produk Pertanian

Rekomendasi Sprayer Elektrik Terbaik di Indonesia
tips mengaplikasikan pestisida

Produk Pertanian

5 Pestisida untuk Cabe yang Ampuh dan Murah
manfaat garam dapur untuk tanaman

Produk Pertanian

Manfaat Garam Dapur untuk Tanaman, Bisa Bikin Tanaman Subur
Jenis-jenis teh

Produk Pertanian

 Jenis-jenis Teh Berdasarkan Cara Pengolahannya
Cara Membuat bakteri fotosintesa PSB

Hortikultura

Cara Membuat Bakteri Fotosintesa (PSB) untuk Lingkungan Berkelanjutan
Varietas Semangka Unggul

Produk Pertanian

9 Rekomendasi Varietas Semangka Unggul yang Besar dan Manis
Florikultura sebagai penyerap polutan

Hortikultura

Cara Menanam Florikultura Sebagai Penyerap Polutan