Home / Tanaman Pangan

Jumat, 28 Oktober 2022 - 19:02 WIB

Mudah! Cara Menanam Padi Gogo di Ladang Tadah Hujan atau Tegalan

Ilustrasi menanam padi gogo (PIXABAY/ToniEtyang)

Ilustrasi menanam padi gogo (PIXABAY/ToniEtyang)

Cara menanam padi gogo banyak diterapkan petani padi di Indonesia. Biasanya, mereka menanam padi dengan cara ini di sawah atau di lahan tegalan.

Artikel kali ini akan memberikan wawasan seputar bagaimana cara menanam padi gogo di ladang tadah hujan atau tegalan. Simak penjelasannya sampai akhir ya!

Syarat tumbuh padi gogo

Kondisi tanah untuk budidaya padi gogo adalah tanah berhumus, struktur tanah remah dengan jenis tanah berliat, tidak berbatu, suhu optimal 22-27oC, dan pH 4,0-8,0. Penanaman baik dilakukan saat musim penghujan. Kebanyakan petani padi gogo menerapkan sistem tumpang sari dimana dalam satu lahan tidak hanya ditanam padi tetapi ditanami tanaman lain seperti cabai, tomat, atau sayuran lain.

Bagaimana cara menanam padi gogo?

1. Persiapan Lahan

Lahan yang digunakan dapat berupa ladang tadah hujan atau tegalan. Lakukan penggemburan tanah pada kondisi kering sebelum musim hujan. Kemudian, lakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang atau kompos sebanyak 5-10 t/ha. Buatlah sistem irigasi.

2. Pemilihan benih

Pilihlah benih padi gogo yang baik dan berkualitas. Sebaiknya rendam benih selama 6-12 jam sebelum penanaman kemudian keringkan sekitar 6-12 jam.

Baca Juga  Cara Menanam Kedelai, Panduan Lengkap sampai Panen

3. Penanaman

Terdapat beberapa cara menanam padi gogo yang dapat kamu pilih. Cara pertama, penanaman padi dengan cara menyebar padi gogo untuk persemaian dengan jarak tanam agak berjauhan. Biasanya per hektar membutuhkan 60-70 kg benih padi.

Cara kedua yakni cara tanam alur dengan membuat alur-alur sedalam 3-4 cm dan jarak antar alur 20-25 cm. Sebarkan benih padi gogo ke dalam alur secara manual menggunakan tangan. Kemudian, tutup kembali dengan tanah. Satu hektar lahan kurang lebih membutuhkan 40-50 kg.

Cara ketiga yaitu cara tanam tugal dengan membuat lubang di lahan menggunakan tugal. Jarak tanamnya 20×20 cm. Masukkan 2-3 butir benih ke dalam setiap lubang tanam lalu tutup dengan tanah. Kebutuhan benih jika menggunakan cara ketiga ialah sebesar 30 kg/ha. Petani banyak yang memilih cara tanam tugal karena perawatannya paling mudah.

4. Perawatan

Lakukan perawatan meliputi penyiangan tanaman padi gogo dari gulma, pemupukan lanjutan, dan irigasi. Gunakan pupuk organik dengan menambahkan pupuk anorganik seperti urea (150 kg/ha) pada 3-4 minggu dan 8 minggu setelah tanam.

Baca Juga  Cara Menanam Padi Terlengkap Beserta Penjelasannya

5. Pengendalian Hama dan Penyakit

Beberapa hama yang biasa menyerang padi gogo antara lain tikus, wereng coklat, lalat bibit, lundi, walang sangit. Pemberantasan hama bisa menggunakan insektisida, pergiliran tanaman, predator alami. Penyakit yang umum menyerang padi gogo antara lain bercak daun coklat, busuk pelepah daun, fusarium, dan lain-lain.

6. Panen

Umur panen padi gogo bervariasi tergantung varietas dan lingkungan tumbuh. Ciri padi gogo yang sudah siap panen atau memasuki fase masak panen ialah >90% gabah sudah menguning (33-36 hari setelah berbunga). Kumpulkan padi di atas suatu alas untuk mengurangi kehilangan hasil.

Itulah cara menanam padi gogo yang bisa kamu aplikasikan di lahan kering seperti ladang tadah hujan atau tegalan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Referensi

Kiswanto. 2019. Budidaya Padi Gogo. Yogyakarta: Rubrik.

Share :

Baca Juga

Jamur Jakaba

Hortikultura

Pemanfaatan Limbah Cucian Beras untuk Membuat Jamur Jakaba
cara menanam singkong gajah

Tanaman Pangan

Begini Cara Menanam Singkong Gajah agar Panennya Maksimal
cara pemupukan bawang merah

Hortikultura

Penggunaan Kapur Dolomit untuk Pertanian
Cara Menanam Kentang Granola

Hortikultura

Cara Menanam Kentang Granola dari Awal Sampai Panen
Perangkap Lalat Buah

Hidroponik

Membuat Perangkap Lalat Buah Mudah, Murah dan Efektif
Teknologi pertanian tepat guna

Hidroponik

Inilah Teknologi Pertanian Tepat Guna untuk Petani
Talas Jepang atau Talas Satoimo

Tanaman Pangan

Cara Budidaya Talas Satoimo atau Talas Jepang Sampai Panen
Cara Menanam Ganyong

Tanaman Pangan

Cara Menanam Ganyong Supaya Umbinya Besar