Home / Hortikultura

Selasa, 12 September 2023 - 21:28 WIB

9 Tanaman Hias yang Tahan Kekeringan

Ilustrasi tanaman yang tahan kekeringan (pixabay)

Ilustrasi tanaman yang tahan kekeringan (pixabay)

Tanaman hias yang tahan kekeringan bisa menjadi altenatif tanaman yang ditanam saat musim kemarau. Tanaman ini akan membuat taman rumah terlihat lebih indah. Mereka tidak hanya memberikan nuansa keindahan dan kesejukan visual, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan lingkungan.

Namun, seringkali kita menghadapi tantangan dalam merawat tanaman hias, terutama ketika musim kemarau tiba. Untungnya, ada banyak jenis tanaman hias yang tahan kekeringan, yang memudahkan pemeliharaannya. Artikel ini akan membahas beberapa pilihan tanaman hias yang cocok untuk kondisi kekeringan.

Jenis Tanaman Hias yang Tahan Kekeringan

Apabila ingin menanam tanaman hias di musim kemarau, berikut ini beberapa jenis tanaman yang bisa Anda tanam.

1. Kaktus

Tanaman kaktus terkenal memiliki toleransi tinggi terhadap kekeringan. Kaktus memiliki kemampuan untuk menyimpan air dalam jaringan mereka sendiri dan membutuhkan sedikit perawatan. Tamaman hias ini memiliki berbagai bentuk dan ukuran, sehingga Anda dapat memilih yang sesuai dengan gaya dekorasi Anda.

2. Succulent

Jenis succulent adalah keluarga tanaman yang mencakup tanaman seperti lidah buaya, echeveria, dan kalanchoe. Tanaman ini memiliki daun yang tebal dan mengandung air dalam jumlah besar, membuat mereka tahan terhadap kekeringan. Succulent juga memiliki berbagai bentuk dan warna yang menarik.

Baca Juga  Kiat Sukses Budidaya Mangga di Kebun Menggunakan Biji

3. Sansevieria (Lidah Mertua)

Tanaman ini terkenal dengan daunnya yang panjang, lebar, dan tebal. Sansevieria adalah salah satu tanaman paling tahan kekeringan dan cocok untuk interior rumah yang memiliki pencahayaan rendah. Mereka juga membantu membersihkan udara dari polusi.

4. Agave

Tanaman hias asli Amerika ini memiliki penampilan yang unik. Tanaman ini memiliki daun berduri yang menarik dan membutuhkan sedikit perawatan. Agave adalah pilihan yang bagus untuk taman yang panas dan kering.

5. Lavender

Lavender adalah tanaman aromatik yang cantik dan tahan kekeringan. Tanaman ini menghasilkan bunga ungu yang harum dan dapat digunakan dalam berbagai produk perawatan diri dan masakan. Lavender membutuhkan sinar matahari yang cukup dan tanah yang baik drainasenya.

6. Yucca

Tumbuhan hias ini memiliki daun panjang dengan tampilan eksotis. Yucca tahan terhadap cuaca panas dan kering, sehingga cocok untuk taman dengan iklim yang keras. Yucca dapat memberikan sentuhan tropis pada lanskap Anda.

Baca Juga  5 Tanaman Pembersih Udara yang Membuat Ruangan Lebih Segar

7. Aloe Vera

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman hias yang juga memiliki manfaat kesehatan. Gel dalam daunnya dapat digunakan untuk mengatasi luka bakar kulit dan iritasi. Aloe vera tumbuh baik dalam pot dan memerlukan sedikit air.

8. Zamioculcas (Zanzibar Gem)

Tanaman hias yang tahan kekeringan ini memiliki daun yang berkilau dan tahan kekeringan. Zamioculcas cocok untuk ruangan dengan sedikit cahaya matahari dan tidak memerlukan perawatan yang rumit.

9. Sedum

Tanaman ini termasuk jenis succulent lain yang tahan kondisi kering. Sedum memiliki bunga yang menarik dan datang dalam berbagai varietas. Sedum adalah tanaman hias yang bagus untuk taman bebatuan atau pot gantung.

Dalam pemilihan tanaman hias yang tahan kering, penting untuk mempertimbangkan kondisi lingkungan Anda, termasuk sinar matahari, suhu, dan tingkat kelembaban. Selalu perhatikan kebutuhan air tanaman dan jangan terlalu sering menyiram.

Dengan memilih tanaman hias yang tahan kekeringan, Anda dapat menjaga keindahan taman Anda tanpa harus khawatir tentang perawatan yang berlebihan. Sehingga, Anda dapat menikmati keindahan alam dengan cara yang ramah lingkungan.

Share :

Baca Juga

cara menanam tomat di polybag

Hortikultura

Cara Menanam Tomat di Polybag, Anti Gagal dan Hasil Melimpah
menanam pisang

Hortikultura

Teknik Menanam Pisang Cavendish yang Benar
Pengendalian Tikus Sawah

Hortikultura

Sangat Efektif! Inilah Cara Pengendalian Tikus Sawah
apa saja jenis-jenis melon

Hortikultura

7 Jenis Melon dan Karakteristiknya
jenis melon hidroponik

Hortikultura

11 Cara Menanam Melon Supaya Cepat Panen
cara menanam buah tin

Hortikultura

Cara Menanam Buah Tin dengan Mudah
cara merawat cabai rawit

Hortikultura

Cara Merawat Cabai Rawit Agar Hasil Panen Maksimal
cara menanam anggrek

Hortikultura

Cara Menanam Anggrek di Halaman Rumah