Home / Hortikultura

Jumat, 18 November 2022 - 17:38 WIB

Teknik Menanam Pisang Cavendish yang Benar

Ilustrasi pisang cavendish (PIXABAY/Bryanbeedit)

Ilustrasi pisang cavendish (PIXABAY/Bryanbeedit)

Salah satu kultivar pisang yang laris di pasar dalam negeri khususnya swalayan maupun luar negeri adalah pisang cavendish. Popularitasnya semakin melejit karena bentuknya yang sedang, kulit bersih dan menarik, teksturnya lembut, dan kaya nutrisi. Menanam pisang cavendish memiliki prospek yang bagus terlebih jika dapat menghasilkan pisang cavendish dengan kualitas grade bagus dan layak ekspor. Berikut ini penjelasan seputar teknik jitu budidaya pisang cavendish dikutip dari berbagai sumber.

Ketahui syarat tumbuhnya 

Budidaya pisang cavendish memerlukan sinar matahari penuh karena tanaman ini memiliki daun yang lebar. Selain itu, sebaiknya pisang cavendish ditanam di daerah dengan ketinggian diatas 600 mdpl dengan jarak tanam ideal 2×2 m. Suhu pertumbuhan pisang Cavendish berkisar antara 27° – 30°C. Hindarkan dari paparan angin kencang karena daun pisang akan mudah robek, kalau perlu diberi pagar kebun atau tanaman lain sebagai penahan angin. Jenis tanah yang ideal yaitu tanah liat berkapur atau aluvial yang memiliki pH 4,5-7,5 dan subur.

Baca Juga  Penanganan Pasca Panen Sayuran untuk Menjaga Kualitas

Pengolahan tanah

Supaya tanaman mudah menyerap unsur hara maka perlu pengolahan tanah yang meliputi penggemburan tanah, pemerataan tanah, pembuatan bedengan, pembuatan parit-parit irigasi, dan pembuatan lubang tanam. Pada 2 minggu hingga 1 bulan sebelum tanam buatlah lubang tanam dengan ukuran 60 x 60 x 50 cm dengan jarak tanam sekitar 4×4 m. Lubang tanam dibiarkan selama sebulan.

Ilustrasi pisang cavendish (PIXABAY/Hans)

Pilih bibit berkualitas

Pembibitan pisang dapat menggunakan anakan (tunas) yang tumbuh dari bonggol induknya atau menggunakan bonggol pisang yang dibelah-belah (bibit bit). Pilih tunas dengan ketinggian kira-kira 1-2 meter dan diameter batang kira-kira 7-12 cm. Jika membeli maka belilah bibit yang bersertifikat.

Penanaman

Waktu penanaman yang tepat yaitu saat hujan atau menjelang musim hujan, tepatnya pada sore hari atau pagi sebelum pukul 9 agar bibit tidak stres terhadap lingkungan baru. Langkah-langkah menanam pisang cavendish seperti berikut:

  1. Buat lubang tanam dengan kedalaman sekitar 25 cm.
  2. Tempatkan bibit pada lubang tanam hingga tertanam penuh kira-kira 5 cm di bawah permukaan datar.
  3. Siram air jika kondisi tanah kering.
  4. Padatkan tanah dengan diinjak-injak.
Baca Juga  Cara Menanam Bunga Hydrangea yang Cantik dan Menarik

Perawatan

Perawatan tanaman pisang, antara lain; penyiangan dan penggemburan tanah sebanyak 3-4 kali dalam setahun, pembersihan daun kering, pemotongan jantung pisang, pembuangan sisa tanaman bekas panen, pengairan, dan pengendalian hama maupun penyakit tanaman.

Pemupukan

Seminggu sebelum penanaman aplikasikan pupuk kandang pada lubang tanam. Setelah 1 bulan penanaman barulah aplikasikan pupuk anorganik berupa pupuk urea, TSP, dan KCl. Lakukan pemupukan anorganik sebanyak 4 kali dalam setahun. Sebar pupuk di sekeliling tanaman pada jarak 60-70 cm.

Pemanenan

Pisang cavendish dapat dipanen setelah berumur 10-13 bulan. Butuh ketekunan dalam menanam pisang terutama dalam menjaga kebersihan kulit buah. 

Demikian penjelasan mengenai cara menanam pisang cavendish yang menghasilkan buah yang berkualitas dan melimpah. 

Referensi

Ardiansyah, R. (2010). Budidaya Pisang. Surabaya: JP Books.

Share :

Baca Juga

pupuk untuk bawang merah

Hortikultura

Cara Menanam Bawang Merah di Rumah dengan Mudah
Cara Merawat Semangka Gonzales

Hortikultura

Cara Merawat Semangka Varietas Gonzales
cara pemupukan tomat sistem kocor

Hortikultura

Cara Pemupukan pada Tanaman Tomat
Penyakit bercak ungu bawang merah

Hortikultura

Pengenalan Penyakit Bercak Ungu Bawang Merah
budidaya tanaman nanas

Hortikultura

Budidaya Tanaman Nanas, Mudah untuk Pemula
Layu Fusarium pada Tanaman Cabai

Hortikultura

Layu Fusarium pada Tanaman Cabai Begini Cara Mengatasinya!
Perangkap Lalat Buah

Hidroponik

Membuat Perangkap Lalat Buah Mudah, Murah dan Efektif
Jenis Bawang Merah

Hortikultura

Bima Brebes Kalah! Inilah Jenis Bawang Merah dengan hasil panen melimpah