Home / Hortikultura

Jumat, 20 Oktober 2023 - 19:15 WIB

Cara Pemupukan Bawang Merah dengan Benar

Ilustrasi pemupukan bawang merah (Source/Facebook Budidaya Bawang Merah)

Ilustrasi pemupukan bawang merah (Source/Facebook Budidaya Bawang Merah)

Bawang merah adalah salah satu tanaman umbi-umbian yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang khas dan aroma yang sedap membuatnya menjadi bahan makanan utama dalam berbagai masakan. Untuk mendapatkan hasil panen yang optimal, pemupukan bawang merah dengan benar adalah langkah penting yang harus diperhatikan oleh para petani. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara pemupukan bawang merah dengan benar untuk memastikan pertumbuhan yang sehat dan hasil panen yang melimpah.

Pemahaman Tentang Bawang Merah

Sebelum memulai pemupukan, penting untuk memahami karakteristik dan kebutuhan bawang merah. Bawang merah adalah tanaman tahunan yang tumbuh dari umbi. Tanaman ini membutuhkan kondisi yang khusus untuk tumbuh dengan baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemupukan bawang merah adalah:

1. Kebutuhan Nutrisi

Bawang merah memerlukan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan yang optimal. Nutrisi utama yang dibutuhkan adalah nitrogen, fosfor, dan kalium (NPK). Selain itu, tanaman ini juga membutuhkan unsur mikro seperti zat besi, mangan, dan tembaga.

2. pH Tanah

pH tanah yang ideal untuk bawang merah berkisar antara 6 hingga 7. Tanah yang terlalu asam atau terlalu basa dapat menghambat penyerapan nutrisi oleh tanaman. Oleh karena itu, sebelum memulai pemupukan, penting untuk memeriksa pH tanah.

Baca Juga  Sangat Mudah! Inilah Cara Menanam Cabai di Rumah

3. Kepadatan Tanam

Bawang merah perlu ditanam dengan kepadatan yang tepat. Biasanya, jarak tanam yang ideal adalah sekitar 10-15 cm antara setiap tanaman. Ini akan memungkinkan tanaman untuk tumbuh dengan cukup ruang untuk mendapatkan cahaya dan udara yang cukup.

Cara Pemupukan Bawang Merah dengan Benar

Setelah memahami kebutuhan bawang merah, langkah berikutnya adalah pemupukan yang tepat. Berikut adalah cara pemupukan bawang merah dengan benar:

1. Pemupukan Awal

Pemupukan awal sangat penting untuk mendukung pertumbuhan awal tanaman. Sebaiknya gunakan pupuk dasar yang mengandung NPK dengan perbandingan sekitar 10-10-10 atau 12-12-12. Sebarkan pupuk ini secara merata di lahan budidaya dan campurkan dengan tanah secara merata sebelum menanam umbi.

2. Pemupukan Lanjutan

Aplikasikan pupuk lanjutan selama pertumbuhan tanaman. Bawang merah biasanya memerlukan pupuk tambahan setelah sekitar 3-4 minggu tanam. Gunakan pupuk yang lebih tinggi kandungan nitrogennya (misalnya, 20-10-10) pada tahap ini. Pupuk ini akan membantu tanaman untuk menghasilkan daun yang hijau dan sehat.

3. Pemupukan Berkelanjutan

Pemupukan berkelanjutan sangat penting selama siklus pertumbuhan bawang merah. Anda bisa memberikan pupuk setiap 3-4 minggu sekali, terutama jika tanah memiliki tingkat kesuburan yang rendah. Pastikan untuk tidak memberikan pupuk berlebihan, karena ini dapat mengakibatkan pertumbuhan daun yang berlebihan dan menghambat pembentukan umbi.

Baca Juga  3 Pupuk Bawang Merah Terbaik Agar Panennya Maksimal

4. Pemupukan Berdasarkan Hasil Uji Tanah

Penting untuk melakukan uji tanah secara berkala untuk memeriksa tingkat nutrisi dan pH tanah. Hasil uji tanah akan memberikan panduan yang lebih akurat tentang jenis pupuk dan jumlah yang diperlukan. Hal ini akan membantu dalam menghindari pemupukan yang berlebihan atau kurang.

5. Pemakaian Pupuk Organik

Pupuk organik seperti kompos atau pupuk kandang adalah pilihan yang baik untuk pemupukan bawang merah. Mereka tidak hanya menyediakan nutrisi bagi tanaman, tetapi juga memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan kapasitas tanah untuk menahan air.

6. Pemupukan Daun dan Akhir

Pada tahap pertumbuhan bawang merah yang lebih lanjut, fokus pada pemberian pupuk daun dan akhir. Ini bertujuan untuk membantu tanaman membentuk umbi dengan baik. Gunakan pupuk dengan kandungan fosfor dan kalium yang lebih tinggi (misalnya, 10-20-20) untuk mendukung pembentukan umbi yang sehat.

Dengan mengikuti panduan ini dan memahami kebutuhan bawang merah, petani dapat memastikan pertumbuhan yang sehat dan hasil panen yang melimpah. Pemupukan yang benar akan membuat tanaman tumbuh dengan maksimal.

Share :

Baca Juga

Cara menanam jamur enoki

Hortikultura

Ternyata Seperti ini Cara Menanam Jamur Enoki
benih cabe rawit hijau

Hortikultura

7 Benih Cabe Rawit Hijau Termurah
Cara menanam jamur kuping

Hortikultura

Dijelaskan Secara Lengkap Cara Menanam Jamur Kuping
tips memilih kapur dolomit berkualitas

Hortikultura

Dosis Pemberian Kapur Dolomit yang Tepat
Cara Menanam Melon Organik

Hortikultura

Ternyata Mudah! Seperti ini Cara Menanam Melon Organik
Cara menanam nanas

Hortikultura

Cara Menanam Nanas Subang Supaya Menjadi Besar
apa saja jenis-jenis melon

Hortikultura

7 Jenis Melon dan Karakteristiknya
cara menanam mawar di rumah

Hortikultura

Cara Menanam Mawar di Rumah agar Berbunga Cantik